Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

Pentingnya Online Presence di Era Digital Saat Ini

by Lakuuu Team Updated at 5 October 2022

online-presence
Bagi sebagian orang yang baru memulai menggeluti bisnis online, istilah online presence pasti terdengar asing. Sehingga jumlah pebisnis dan pelaku UMKM online masih sedikit yang menerapkan dan memanfaatkannya. Yuk simak pengertiannya berikut ini!

Rajin Post Saja Tidak Cukup, Kenali Pentingnya Online Presence di Era Serba Digital Ini

Pengertian secara harfiah sederhananya bisa diartikan sebagai kehadiran di media sosial. Namun sebenarnya istilah ini memiliki definisi lebih besar dari itu. Aktivitas ini meliputi semua usaha bagaimana Sobat Lakuuu aktif dengan platform yang Sobat Lakuuu gunakan untuk selalu online di internet.

Seperti aktif membuat konten, posting produk, dan aktif berinteraksi dengan konsumen, dan banyak aktivitas online lainnya. Sehingga platform bisnis yang Sobat Lakuuu jalankan mulai dari website dan social media akan mendapatkan atensi user internet berupa interaksi, traffic, dan kunjungan yang lebih baik dari situs milik kompetitor. 

Usaha-usaha itulah merupakan bagian dari upaya membangun sebuah online presence. Karena di era serba digital ini, segala macam ide bisnis sangat tergantung dengan cara pemasaran digital. Salah satunya adalah dengan memiliki metode pengembangan online atau social media presence yang baik di dunia internet.

Manfaatnya Untuk Usaha di Era Digital

Semua orang bisa menggunakan internet, namun menggunakannya untuk menarik atensi orang lain supaya tertarik dengan produk yang kita tawarkan adalah sesuatu yang tidak bisa sembarangan. Perencanaan usaha yang matang dan komitmen yang kuat adalah hal yang harus diperhatikan sedari awal.

Memang fungsi utamanya yaitu adalah untuk memperoleh pelanggan baru saat calon pelanggan ini mengunjungi website atau salah satu social media Sobat Lakuuu.  Namun fungsinya tidak sampai disitu saja, tidak hanya dalam hal pemasaran semata. Melainkan untuk meningkatkan brand awareness supaya lebih dikenal oleh masyarakat lebih luas lagi, melebihi brand sebelah.

Maka dari itu, pengembangan online presence ini adalah hal utama yang harus Sobat Lakuuu perhatikan dan dapatkan dahulu. Caranya dengan aktif di social media usaha Sobat Lakuuu dan membangun pamor website Sobat Lakuuu supaya potensi menarik konsumen di internet menjadi lebih baik.

Manfaat Online Presence

Semua pelaku usaha online melakukan pengembangan secara online memiliki tujuan masing-masing yang berbeda. Pun demikian dapat mengambil beberapa poin manfaat yang bisa Sobat Lakuuu dapatkan jika memaksimalkan online atau social media presence tersebut, antara lain sebagai berikut:

- Meningkatkan Online Presence Pada Brand di Dunia Online

Kebanyakan orang di era digital saat ini tak bisa memungkiri bahwa mereka menghabiskan waktunya lebih banyak untuk berkutat di dunia maya, baik bermain sosial media atau sekedar browsing di internet saja. Hal inilah yang membuat brand yang Sobat Lakuuu pasarkan akan lebih mudah menarik perhatian mereka para calon konsumen tersebut.

Kebanyakan mungkin bisa seketika langsung tertarik dengan produk yang Sobat Lakuuu tawarkan apabila konten yang Sobat Lakuuu post memiliki kualitas dan menjadi solusi bagi banyak pengguna internet. Oleh karenanya, dengan menciptakan pengembangan secara online yang baik para calon konsumen akan memberikan respons positif pada produk yang Sobat Lakuuu tawarkan saat pertama kali mereka melihatnya.

- Promosi Produk Menjadi Jauh Lebih Mudah

Di era serba digital saat ini Sobat Lakuuu tidak perlu mencetak ribuan brosur, selebaran iklan, katalog, atau bahkan memasang billboard yang harganya sangat mahal. Lebih parahnya sampai mendatangi banyak calon pembeli hanya demi mempromosikan produk Sobat Lakuuu. Mengingat di era ini Sobat Lakuuu bisa melakukan semuanya dengan cara sangat mudah, salah satunya website.

Selain itu Sobat Lakuuu bisa aktif membuat konten kreatif terkait produk yang Sobat Lakuuu tawarkan bisa di instagram, facebook, tiktok, twitter, bahkan youtube. Dengan konten-konten tersebut harapannya calon pembeli akan tertarik dan melakukan pembelian.

- Memudahkan Interaksi dengan Pelanggan

Media sosial adalah salah satu media yang baik untuk membangun relasi dan interaksi dengan pelanggan. Hal tersebut membuatnya mampu membangun koneksi yang lebih personal dengan para konsumen Sobat Lakuuu.

Di saat yang bersamaan Sobat Lakuuu bisa mengetahui seberapa puas konsumen Sobat Lakuuu terhadap produk yang Sobat Lakuuu tawarkan. Caranya dengan berinteraksi di kolom komentar website atau sosial media Sobat Lakuuu. Atau bisa juga dengan memberikan fitur rating di produk Sobat Lakuuu sehingga para pelanggan bisa memberikan bintang jika mereka puas dan menyukai produk brand Sobat Lakuuu.

Setelah mendapat kesan positif di mata konsumen, jangan lupa untuk tetap menjadikan mereka sebagai prioritas dan loyal customer. Salah satunya dengan memberikan penawaran spesial dan menarik di momen-momen tertentu.

Memiliki beberapa platform media sosial dan Sobat Lakuuu selalu aktif di dalamnya sangat penting. Sobat Lakuuu akan dengan mudah mendapatkan atensi dari calon pelanggan dan menjangkau lebih banyak. Selain itu konsumen akan dengan mudah berkomunikasi dengan Sobat Lakuuu jika konten yang Sobat Lakuuu buat menarik dan informatif.

Dengan online presence ini Sobat Lakuuu akan memiliki lebih banyak peluang menarik konsumen. Serta membuat mereka untuk mencoba produk atau jasa yang Sobat Lakuuu tawarkan.