Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Hobi Olahraga? Cari Tahu 5 peluang bisnis Olahraga di sini

by Lakuuu 15 March 2022

peluang-bisnis-olahraga


Peluang bisnis olahraga ternyata banyak sekali. Selain baik untuk kesehatan, ternyata dapat membuka peluang untuk para pecinta olahraga yang juga menggemari dunia usaha serta seluk beluknya. Berbicara mengenai bisnis, memang tidak ada habisnya karena bisa mencakup berbagai lini. Bisnis akan senantiasa bergerak dinamis, dalam hal ini akan terus berkembang seiring semakin majunya zaman dan teknologi.


Menjadi seorang pebisnis tidak hanya memerlukan modal berupa materi saja, tetapi lebih kepada hal-hal teknis seperti kemampuan, kemauan selalu belajar serta pengalaman-pengalaman baik dari diri sendiri maupun orang lain. Persaingan semakin kompetitif menuntut para penggiat usaha untuk selalu melakukan inovasi-inovasi terbarukan seperti memanfaatkan peluang bisnis.


Dua tahun belakangan, tepatnya saat dunia sedang dilanda wabah Covid - 19 justru menjadikan tren olahraga kian menjamur dalam kehidupan masyarakat. Tidak hanya untuk menjaga kebugaran badan, olahraga seakan sudah menjadi gaya hidup baru bagi sebagian kalangan. Ditambah terdapat perusahaan dengan kebijakan mengalihkan waktu kerja dari kantor ke rumah membuat masyarakat memiliki waktu lebih senggang melakukan olahraga serta memberikan peluang bisnis olahraga.


Masyarakat mulai menyadari pentingnya melakukan kegiatan tersebut secara rutin, orang-orang yang sigap lantas memanfaatkan keadaan untuk membuka usaha baru. Sobat Lakuuu pecinta kegiatan kebugaran tubuh serta penggiat dunia usaha bisa menjadikannya sebagai pembuka jalan guna mengahasilkan pundi-pundi keuangan. Layaknya simbiosis mutualisme, bisnis ini menguntungkan banyak pihak mulai dari pemilik usaha, konsumen sampai pada pemerintah karena pembayaran pajak usaha.


Beragam Peluang Bisnis Olahraga Menarik



Adakalanya orang lupa pentingnya menyisipkan olahraga disela-sela kegiatan yang biasa dijalani, padahal banyak sekali perolehan benefit ketika menjalaninya secara intens. Tentunya benefit tidak hanya bagi kebutuhan dalam jangka pendek saja, tetapi bisa dirasakan dalam jangka waktu panjang bahkan sampai usia tua sekalipun. Badan akan menjadi lebih sehat serta mencegah penyakit-penyakit yang bisa saja timbul.


Basicnya kegiatan kebugaran tersebut sebenarnya dapat dilakukan tanpa menggunakan alat, seperti berjalan kaki, lari, sit up, push up dan sebagainya. Selain itu juga terdapat jenis kegiatan membugarkan tubuh yang harus menggunakan berbagai peralatan olahraga sebagai penunjangnya, seperti golf, tenis, bulutangkis, boxing, sepak bola dan lainnya. Mengenai itu kemudian muncul kesempatan guna membuka peluang bisnis olahraga di bidang ini.


1.    Membuka Usaha Toko Perlengkapan Sepeda



Tren menggunakan sepeda tengah digandrungi oleh masyarakat banyak. Tren ini kembali naik saat terjadinya pandemi, kegiatan bersepeda dapat dilakukan secara bersama-sama agar terasa lebih menyenangkan. Dengan tingginya permintaan terhadap barang tersebut dapat dijadikan sebagai peluang usaha, sebab berbagai perlengkapan sepeda banyak sekali dicari, selain untuk menyediakan segala kebutuhan, usaha ini bersifat prospek jangka waktu yang cukup panjang.


2.    Membuka Konveksi Jersey



Jenis olahraga beregu memang membutuhkan outfit yang senada satu dengan yang lainnya, seperti untuk sepak bola, basket ataupun futsal. Hal tersebut kemudian membuka peluang bisnis olahraga baru bagi para penggiat usaha konveksi guna menawari jasa konveksi berikut jasa desain apabila diperlukan. Ini bisa menjadi kegiatan penjualan yang menguntungkan di kemudian hari karena dalam tempo sekian waktu selalu ada pergantian dan pembaharuan dari jersey pemain.


3.    Membuka Arena Untuk Olahraga



Karena membugarkan tubuh sudah menjadi sebuah kebutuhan, bisnis lainnya yang bisa Sobat Lakuuu coba adalah pembukaan usaha pada bidang konveksi memberikan keuntungan cukup menjanjikan. Selain itu, di dalam arena sendiri akan terdapat banyak fasilitas yang menyesuaikan keinginan pengunjung untuk berolahraga. Di samping itu juga, pemilik dapat memberikan fasilitas lain berupa kartu member, cafetaria, ruang ganti pakaian yang nyaman dan fasilitas penunjang lainnya.


4.    Membuka Kegiatan Pelatihan



Kegiatan pelatihan dapat diaplikasikan pada bidang apapun, akan tetapi sasaran paling tepat adalah untuk anak-anak sekolah guna menanamkan rasa suka terhadap kegiatan kebugaran badan sejak dini. Pelatihan bisa dilakukan pada musim libur sekolah di akhir semester atau pada saat terdapat libur karena tanggal merah. Usaha ini tidak memerlukan biaya terlalu banyak, cukup dengan menyewa area maupun peralatan yang dibutuhkan untuk menekan dari sisi budget.


5.    Kombinasikan Usaha di Bidang FnB dengan Tren Olahraga



Sebuah inovasi dan rekomendasi baru sebagai terobosan untuk para Sobat Lakuuu yang sudah berkecimpung di bidang usaha Food and Beverage. Makan dan kesehatan merupakan dua dari sekian banyak kebutuhan manusia, tidak salah untuk mengkombinasikan keduanya. Restoran dengan tema tersebut akan mendatang daya tarik dan value lebih bagi pengunjung, selain untuk sekadar menikmati hidangannya, juga memberikan motivasi untuk tetap menjaga keseimbangan dalam hidup sehari-hari.


Banyaknya masyarakat yang kian gemar melakukan kegiatan olahraga, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan hal ini dengan menjadikannya sebagai terobosan baru untuk mulai menjajaki dunia usaha. Peluang bisnis olahraga menjanjikan keuntungan begitu besar jika terus ditekuni, pantang menyerah serta terus berinovasi.