Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Peluang Usaha Hari Valentine, Manfaatkan Moment dengan Tepat

by Lakuuu 12 February 2022

peluang-usaha-valentine
Peluang usaha hari valentine mungkin menjadi hal yang Sobat Lakuuu ingin coba. 14 Februari memang sebentar lagi tiba. Menjelang hari kasih sayang, sudah tentu akan ada banyak orang memberi hadiah untuk mereka yang tersayang.

Baik suami, istri maupun orang tua. Sebenarnya, Sobat Lakuuu bukan hanya bisa menggunakan momen ini untuk mengungkapkan kasih sayang, namun juga menggunakan momen ini untuk peluang bisnis serta menambah penghasilan.

Sobat Lakuuu dapat menjadikannya sebagai peluang bisnis musiman yang sangat menguntungkan. Apalagi modal yang diperlukan juga tidak mahal. Asal niat serta kreativitas memadai, sekecil apapun bisnis yang Sobat Lakuuu lakukan akan membawa keuntungan.


Keuntungan Menjalankan Bisnis Musiman untuk Sobat Lakuuu


Menjalankan bisnis musiman seperti peluang usaha hari valentine ini memang memiliki berbagai keuntungan, seperti:

1.  Tidak membutuhkan lokasi tetap

Penentuan lokasi tentu menjadi hal yang mempengaruhi suksesnya berbisnis. Bahkan pengusaha bisa pusing hanya karena memikirkan tempat usaha. Namun hal ini berbeda ketika Sobat Lakuuu menjalankan bisnis musiman, karena Sobat Lakuuu tidak perlu membayar biaya sewa tahunan.


2.  Peluang pasar yang tinggi

Omset dari peluang usaha hari valentine ini sebenarnya cukup tinggi. Hal ini disebabkan karena tingginya kebutuhan pada sebuah barang, hingga akhirnya barang yang menyediakan barang ini.


3.  Bahan yang mudah didapat

Ketika bisnis ini sedang musim, bahan baku yang digunakan untuk mengolah bahan dagangan biasanya mengalami peningkatan produksi.


4.  Banyak pasar yang bisa dituju

Pasar dari usaha hari valentine ini sangat luas lebih-lebih sekarang merupakan era modern. Sehingga pasar yang kamu tuju bukan hanya di lingkungan sekitar namun juga seluruh pengguna internet.


Pilihan Peluang Usaha Hari Valentine


Ada berbagai macam peluang usaha yang bisa dilakukan oleh Sobat Lakuuu sehingga memudahkan dalam mendirikan usaha. Di antaranya seperti:


1.  Boneka kain handmade

Bila Sobat Lakuuu mempunyai hobi membuat kerajinan tangan, Sobat Lakuuu bisa menggunakan skill ini untuk membuka bisnis. Agar tidak sama dengan toko lain, Sobat Lakuuu bisa mendesain snediri boneka yang akan dijual.

Sobat Lakuuu bisa meminta pembeli menentukan boneka seperti apa yang diinginkan. Untuk menjalankan bisnis ini, Sobat Lakuuu bisa memamerkan boneka yang dibuat di media sosial agar nantinya banyak orang tertarik.

2.  Kaos couple

Memiliki kemampuan untuk mendesain gambar yang menarik, pilihan peluang usaha hari valentine yang bisa Sobat Lakuuu coba adalah membuat kaos couple. Langkah awal yang bisa Sobat Lakuuu coba adalah membuat contoh desain kaos couple.

Sobat Lakuuu bisa memamerkannya di media sosial maupun blog pribadi. Agar lebih menarik, Sobat Lakuuu bisa memberi contoh desain unik kreasi sendiri.

3.  Cupcake valentine

Banyak yang bosan memberikan barang dan lebih memilih memberi makanan. Sobat Lakuuu bisa mencoba membuat bisnis cupcake dengan konsep spesial hari valentine.

Bila Sobat Lakuuu memiliki pengalaman di bidang kuliner, sudah tentu ini bukan menjadi hal yang sulit. Cupcake enak serta desain menarik bisa menjadi kado romantic ketika hari kasih sayang

4.  Cokelat

Memberikan cokelat memang menjadi hal yang paling umum. Bila Sobat Lakuuu memiliki bakat membuat cokelat dengan berbagai macam bentuk serta gambar menarik, Sobat Lakuuu bisa mencoba membuatnya.

Selain itu jangan hanya sebatas desain cokelat dengan hati serta bunga, Sobat Lakuuu bisa menghias cokelat dengan referensi desain lain yang lebih menarik.

5.  Parcel valentine

Di masa sekarang, orang menjadi semakin kreatif melakukan pembelian kado ketika moment valentin. Inilah lahirnya bisnis musiman, bukan hanya bunga serta cokelat, parcel bisa menjadi pilihan kado romantis lain.

Tips agar Peluang Usaha Hari Valentine Membawa Keuntungan Maksimal


Agar peluang usaha ini memberikan keuntungan yang maksimal, ada beberapa tips yang bisa dilakukan:


1.  Pahami target pasar

Hal utama yang akan membuat bisnis ini sukses ialah mengenali target pasar Sobat Lakuuu. Mereka merupakan konsumen potensial yang nantinya akan membeli produk Sobat Lakuuu. Sobat Lakuuu bisa mencoba menganalisis keinginan mereka.

Sobat Lakuuu bisa memahami apa yang mereka butuhkan, sehingga bisa menyiapkan strategi tepat agar mudah menjangkaunya.


2.  Pilih produk yang popular

Sobat Lakuuu harus memilih produk yang popular. Contohnya saja menjual parsel untuk kalangan menengah ke atas, sedangkan untuk harga murah, Sobat Lakuuu bisa menawarkan cokelat.
Namun, bila melakukan hal tersebut, Sobat Lakuuu harus bersiap untuk bersaing di tengah pasar.


3.  Beri harga kompetitif

Jangan sampai karena ini merupakan bisnis musiman, Sobat Lakuuu membanderol harga dengan terlalu tinggi. Harus selalu diingat jika nantinya Sobat Lakuuu memiliki banyak pesaing oleh sebab itu pastikan harganya juga bersaing.

Sobat Lakuuu bisa mengikuti harga pasaran yang sudah ada. Tentu saja konsumen tetap akan selektif untuk memilih. Dapat dipastikan konsumen akan membandingkan harga antara satu dengan yang lainnya.

Sobat Lakuuu bisa memberikan harga yang lebih mahal, namun produk tersebut harus mempunyai kualitas yang baik serta inovasi yang berbeda dibandingkan dengan yang lain.

Mencoba bisnis musiman seperti peluang usaha hari valentine memang harus memiliki strategi yang kuat serta kemauan yang keras, percuma jika hanya mengandalkan peluang namun tidak berusaha keras.