Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Lakuuu

Ketahui Pentingnya Peran SSL Untuk Keamanan Websitemu

by Lakuuu Team 15 August 2021

pentingnya-ssl-untuk-websitemu
SSL merupakan salah satu komponen yang harus dimiliki suatu website. Dengan menggunakannya, transfer data pada website akan lebih aman serta terenkripsi. Mengingat betapa vitalnya komponen ini, Google Chrome sampai melabeli sebuah website dengan Not Secure jika tidak terdapat komponen yang satu ini di dalamnya.

SSL sendiri merupakan sebuah singkatan dari Secure Socket Layer. Sistem keamanan ini mampu mengubah URL pada website menjadi Https. Dengan adanya sistem keamanan ini menjadikan pengaman data ketika melakukan pertukaran dari jaringan internet.

Pentingnya Peranan SSL Untuk Website

Berikut ini terdapat empat alasan pentingnya menggunakan komponen Secure Socket Layer pada website maupun aplikasi.

1. Melindungi Keamanan Jalur Transaksi Data

Alasan paling utama mengapa Sobat Lakuuu harus menggunakannya pada website adalah karena sistem keamanan ini dapat membantu memberikan proteksi jalur data dari client kepada server. Tentunya beberapa data yang bersifat sangat sensitif seperti data diri, hingga informasi kredit dan password haruslah terenkripsi supaya tidak ada pihak ketiga yang dapat mengetahuinya.

2. SSL Meningkatkan Tingkat Kepercayaan Sebuah Situs

Hal kedua yang membuat sebuah website haruslah memiliki sistem keamanan yang satu ini. Karena kepercayaan klien akan jauh lebih meningkat karena akan menjadi sebuah pertimbangan besar dalam memilih sebuah website yang memiliki pertimbangan serta memperhatikan keamanan pada website tersebut.

3. Dapat Meningkatkan SEO

Hal ini terbukti bahwa pada tahun 2014 silam, Google telah mengumumkan bahwa semua website yang memiliki sistem keamanan ini akan mendapatkan prioritas rangking yang lebih baik.

4. Merupakan Salah Satu Syarat PCI/DSS

PCI/DSS yang memiliki kepanjangan payment card industry data security standard merupakan sebuah standar kebijakan yang mengatur keamanan transaksi bagi kartu debit, dan kartu kredit untuk melindungi pengguna dari tindakan yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Apabila website diperuntukkan sebagai penerima transaksi yang dilakukan secara online, misalnya transaksi dengan menggunakan kartu kredit ataupun debit, salah satu yang menjadi syarat dari PCI/DSS yakni dengan menggunakan sistem keamanan ini pada sebuah website maupun aplikasi.

5. Dapat Meningkatkan Reputasi Sebuah Website

Karena sudah menggunakan sistem keamanan ini, maka browser akan menunjukkan sebuah notifikasi tertentu. Pada umumnya di Internet Explorer, notifikasi akan berupa block dengan warna hijau pada addres bar. Sementara, pada Firefox ataupun Google Chrome, notifikasinya akan berbentuk ikon gembok yang terkunci.  Hal ini tentunya sangatlah bermanfaat untuk kepercayaan serta reputasi sebuah website di mata pengunjung.

Dengan adanya sebuah notifikasi, maka pengunjung website tidak akan ragu dalam mengakses website tersebut. Sertifikat ini tentunya sangatlah bermanfaat untuk Sobat Lakuuu yang memiliki toko online, sehingga pembeli akan memiliki kepercayaan yang lebih besar daripada sebelumnya.

6. Dapat Menghindari Kesalahan Pengiriman

Sistem keamanan Secure Socket Layer juga memiliki fungsi sebagai otentikasi. Hal tersebut, juga berarti bahwa SSL dapat memastikan sobat laku dalam mengirimkan sebuah informasi ataupun data pada server sesuai tujuan yang diinginkan. Hal ini dapat mengantisipasi pengiriman sebuah informasi kepada hacker serta beberapa pihak yang tidak memiliki tanggung jawab. Sehingga, menggunakanya memang sangatlah penting.

Jenis-Jenis dari Secure Socket Layer

Terdapat beberapa jenis dari sistem keamanan untuk website yang satu ini. Beberapa diantaranya yakni sebagai berikut.

1. Single Domain

Single domain merupakan jenis yang hanya melakukan cover perlindungan kepada satu jenis domain saja. Misalnya hanya melakukan pemasangan pada main domain, maka subdomain tidak akan tercover. Hal tersebut juga berlaku sebaliknya, apabila melakukan pemasangan pada sub-domain sudah barang tentu domainnya juga tidak akan tercover.

2. Multi Domain

Multi domain atau yang lebih dikenal sebagai SANs ini berfungsi untuk mengamankan lebih dari satu domain sekaligus. SANs yang berarti Subject Alternative Names sangatlah cocok untuk digunakan bagi pengguna yang memiliki banyak domain.

3. Wildcard

Wildcard merupakan jenis sistem keamanan yang dapat mengcover keseluruhan subdomain pada satu FQDN yang sama. Dengan alasan tersebut, sangatlah dianjurkan untuk menggunakan wild card jika Sobat Lakuuu memiliki banyak sekali domain.

Terlepas dari itu semua, terdapat juga perbedaan validasi pada sistem keamanan yang satu ini menjadi beberapa tipe sebagai berikut :

1. Domain Validation, tipe validasi yang satu ini tergolong sebagai tipe yang paling mudah karena tidak diperlukan langkah-langkah yang rumit. Pengguna hanya diharuskan mengklik link verifikasi yang dikirimkan ke email yang bersangkutan.

2. Organizational Validation, tipe kedua ini merupakan tipe validasi yang dalam penerapannya sangatlah ketat karena pengguna haruslah memberikan dokumen-dokumen pendukung untuk melakukan verifikasi kepemilikan bisnis. Proses aktivasi pada bisnis ini membutuhkan waktu sekitar 3-10 hari kerja.

3. Extended Validation, yaitu jenis SSL yang memiliki sistem keamanan paling tinggi. Sistem keamanan jenis ini haruslah melakukan verifikasi kepemilikan entitas sebuah bisnis. Sehingga dapat meningkatkan trust dari klien kepada entitas bisnis yang bersangkutan.