Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Gerakan Save Earth, Ini 5 Tren Produk Ramah Lingkungan yang Bisa Kamu Ikuti

by Lakuuu 18 February 2022

produk-ramah-lingkungan

Tren produk ramah lingkungan saat ini makin digalakkan mengingat keadaan bumi yang semakin lama makin mengkhawatirkan. Pemanasan global, sampah di mana-mana, dan tingkah polah manusia yang merugikan alam semakin menjadi.

Agar manusia bisa hidup lebih lama di atas permukaan bumi dengan nyaman dan aman, gerakan save earth sangat perlu dilakukan. Salah satunya dengan mengganti produk-produk di rumah dengan produk ramah lingkungan.

Dengan adanya proses daur ulang untuk memproduksi produk-produk ramah lingkungan, maka terbentuknya limbah yang akan membahayakan bumi semakin berkurang. Hal ini juga akan berefek positif pada kehidupan manusia.

Mengganti produk-produk yang digunakan dengan produk ramah lingkungan atau daur ulang merupakan tindakan kecil, tapi dampaknya besar. Oleh sebab itu, Sobat Lakuuu mulai sekarang mulailah melakukannya.

Apa Itu Tren Produk Ramah Lingkungan?


Mungkin belum banyak Sobat Lakuuu yang mengenal produk-produk ramah lingkungan, karena memang kurang memperhatikan hal ini. Karena memang kampanye save earth masih kurang gencar dilakukan di Indonesia.

Sebagian orang juga kurang peduli akan hal ini sehingga kurang memperhatikannya. Kebanyakan orang mengetahui informasi ini adalah mereka yang memang memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan.

Tren produk ramah lingkungan adalah tren menggunakan berbagai produk yang tidak memberikan dampak buruk terhadap alam. Misalnya, mengganti penggunaan gelas plastik sekali pakai dengan gelas kopi silikon.

Perilaku ini sebenarnya adalah kebiasaan kecil, tapi nyatanya bisa memberi dampak besar bagi bumi. Dengan berkurangnya penggunaan gelas plastik akan mengurangi limbah dan sampah yang mengotori bumi.

Saat ini, tren penggunaan produk-produk ramah lingkungan gencar dikampanyekan ke ibu-ibu rumah tangga. Karena hal baik sebaiknya dimulai dari rumah, kemudian dibawa ke luar rumah untuk dibudidayakan di lingkungan sekitar.

Selain itu, rumah tangga merupakan penyumbang sampah tertinggi sehingga jika bisa ditekan, maka efeknya akan sangat besar terhadap lingkungan. Jadi, jika Sobat Lakuuu ingin ikut tren ini, mulailah mengganti produk-produk di rumah dengan yang ramah lingkungan.

5 Tren Produk Ramah Lingkungan


Ramah lingkungan pada dasarnya adalah penerapan konsep “zero waste”, artinya meminimalkan sampah dari suatu barang. Oleh sebab itu, kebanyakan produknya merupakan hasil daur ulang.

Pada pelaksanaannya produk-produk seperti ini diproduksi dengan menggunakan bahan baku yang tidak membahayakan bumi, tidak mengandung bahan pencemar lingkungan, serta tidak menghasilkan banyak limbah. Seperti produk-produk berikut ini:


1.
  Furniture Daur Ulang

Saat ini sudah banyak toko furniture yang menjual berbagai barang hasil daur ulang. Biasanya dibuat dari berbagai perabot lama dan barang lain, kemudian diolah kembali menjadi produk baru.

Bukan hanya menyelamatkan bumi, Sobat Lakuuu juga bisa berhemat, sebab biasanya produk seperti ini harganya lebih murah. Misalnya, sofa yang dibuat dari drum tidak terpakai, atau ember bekas cat.

Di tangan terampil, barang-barang bekas yang nyaris tidak ada harganya ini dapat disulap menjadi barang berharga. Nilai seninya juga membuat pemandangan di rumah semakin tertata rapi.


2.
  Sabun Non-detergent

Tren produk ramah lingkungan adalah menggunakan sabun dengan bahan alami tanpa detergen. Penggunaan detergen akan menghasilkan limbah sehingga harus dikurangi. Pilih produk tanpa kandungan detergen yang sekarang banyak dipasarkan.


3.
  Sedotan Stainless

Barang lain yang seringkali menjadi sampah adalah sedotan sekali pakai. Setelah menggunakannya sekali lalu dibuang begitu saja. Akan lebih baik menggantinya dengan sedotan stainless sehingga bisa dipakai berulang kali.


4.
  Gunakan Tas Belanja dari Kain

Salah satu penyumbang sampah terbesar adalah kantong plastik. Untuk mengurangi penggunaan kantong plastik, gantilah dengan tas belanja dari kain. Selalu simpan tas belanja ini dalam tas Anda sehingga selalu siap sedia.


5.
  Tisu dari Kertas Daur Ulang

Sobat Lakuuu suka menggunakan tisu? Kalau begitu, mulai sekarang kurangi pemakaian tisu. Bisa ganti menggunakan lap kain saja atau sapu tangan. Jika tidak bisa, maka gunakan tisu yang dibuat dari kertas daur ulang saja.

Cara Mendisiplinkan Diri Ikuti Tren Produk Ramah Lingkungan


Memulai langkah peduli terhadap bumi harus dari dalam diri masing-masing. Dimulai dari niat kemudian dibuktikan dengan tingkah laku. Lalu, bagaimana caranya agar bisa disiplin melakukannya? Sobat Lakuuu bisa gunakan cara berikut ini:

1.      Gunakan berbagai produk yang ramah lingkungan untuk menjaga bumi dari penumpukan sampah.
2.      Menghindari gaya hidup konsumtif, misalnya mengurangi makan makanan pesan antar dan lebih memilih membeli bekal dari rumah.
3.      Utamakan memilih barang/produk yang tidak membahayakan bumi, misalnya memilih sabun non-deterjen, tisu dari kertas daur ulang, lampu LED, sabun serta shampo non-karbon, dan mengonsumsi buah/sayuran organik.
4.      Biasakan diri disiplin dalam membuang sampah.
5.      Lebih peduli terhadap lingkungan sekitar.
6.      Mulailah mengkampanyekan save earth, mulai dari orang-orang terdekat.

Efek buruk dari perkembangan industri membuat bumi perlahan-lahan mati. Jika dibiarkan, bumi yang sekarat tidak lama lagi bisa menjadi tempat tidak layak huni. Oleh sebab itu, sebagai penghuni bumi mulai sekarang harus mulai prihatin dengan keadaan lingkungan.

Mulailah menjaga diri dari diri sendiri, yaitu dengan menerapkan kepedulian terhadap alam. Dari hal kecil, seperti mengikuti tren produk ramah lingkungan dengan menggunakan barang-barang daur ulang dan berhenti memakai barang mengandung bahan berbahaya.