Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Promosi di Instagram Feeds atau Story? Lebih Efektif Mana?

by Lakuuu Team - 25 August 2021

promosi-di-instagram
Perkembangan teknologi membawa pengaruh positif dalam dunia bisnis. Salah satunya dengan memanfaatkan promosi di Instagram untuk berbagai kebutuhan bisnis. Sehingga semua orang akan berlomba-lomba untuk menentukan target pemasaran.

Menggunakan Instagram memang menghadirkan manfaat bagi penggunanya. Terdapat dua fitur yang cukup populer seperti feed dan IG Story. Keduanya bisa digunakan untuk kebutuhan marketing terutama bagian penjualan.

Pemasangan iklan melalui Instagram juga sangat mudah. Dalam hal ini akan membantu Sobat Lakuuu dalam melampaui catatan rekor selama pemasaran. Memang cocok digunakan untuk mempromosikan brand dan produk serta layanan.

Ketepatan Promosi di Instagram

Menjalankan sebuah bisnis memerlukan berbagai cara untuk melakukan branding. Namun, Sobat Lakuuu perlu menentukan penggunaan fitur Instagram yang tepat agar bisa sesuai dengan fungsinya. Karena ada dua fitur yang bisa dimanfaatkan dengan baik.

Keduanya adalah IG Story dan feed yang merupakan dua kanal berbeda. Tentu masih banyak yang bingung terkait pemilihan fitur tersebut. Bagi para pebisnis yang belum memahami perbedaannya simak penjelasan di bawah ini.

Feed

Pada dasarnya feed merupakan home atau identitas bagi brand pemilik bisnis. Dalam membuat feed perlu memperhatikan keserasian design dan warna. Sehingga banyak orang yang akan menilai feed tersebut berkualitas dan profesional.

Adanya tuntutan untuk menyesuaikan desain dan warna merupakan sebuah planning serta strategi. Dengan begitu perlu adanya kehati-hatian dalam membuat postingan. Setiap bisnis pasti memiliki ciri khas yang tersendiri.

Menggunakan feed untuk promosi di Instagram memiliki tujuan untuk membangun citra diri dari sebuah brand. Sehingga orang-orang akan mengetahui identitas brand dan melakukan interaksi lebih intim.

IG Story

Sebanyak 70 persen pengguna Instagram akan melihat IG Story dengan kondisi sound menyala. Hal ini akan lebih efektif untuk menggunakan konten audio dan video. Sobat Lakuuu bisa bereksperimen bebas menggunakan tools dari Instagram.

Bahkan bisa memilih bentuk font, warna, filter, dan lain sebagainya. Hal ini akan membuat postingan lebih eye catching. Bahkan viewers juga langsung melihat secara personal. Kedekatan pebisnis dengan para konsumen juga akan tercipta lebih baik.

Karena IG Story hanya bisa dilihat selama 24 jam maka akan ada saatnya untuk otomatis hilang. Dengan begitu, Sobat Lakuuu harus bisa menyampaikan pesan secara ringkas dan padat. Mengingat space yang tersedia hanya terbatas.

Mana yang Lebih Efektif?

Untuk melakukan promosi di Instagram akan lebih efektif menggunakan IG Story. Ada banyak alasan yang mendasari IG Story cocok untuk melakukan promosi bisnis. Bahkan sudah ada setengah juta pemasar yang melakukan pengiklanan melalui IG Story.

Berikut adalah alasan Instagram Stories lebih efektif untuk media iklan:

Konten Padat dan To The Point

Menggunakan IG Story akan memudahkan semuanya dalam menyampaikan pesan pada viewers. Pasalnya konten di dalam story bisa berupa video, foto, GIF, dan lain sebagainya. Fleksibilitas pengguna Instagram akan lebih menguntungkan.

Iklan yang ditampilkan akan langsung muncul pada satu layar. Hal ini memudahkan penyampaian iklan lebih cepat dan lebih baik. Kepadatan konten juga lebih singkat karena ruang terbatas.

Hal ini memberikan kesempatan untuk promosi di Instagram secara to the point. Bahkan Sobat Lakuuu bisa menghiasnya sesuai dengan kebutuhan serta ketersediaan pada fitur.

Terdapat Sistem Explore Hashtag dan Lokasi

Menggunakan IG Story memungkinkan untuk menampilkan hastag dan lokasi. Tujuannya untuk meningkatkan impresi dari pra viewers. Mengingat kebanyakan orang mencari apa yang mereka butuhkan melalui tagar dan lokasi.

Hal ini memungkinkan banyaknya peluang konsumen berdatangan karena adanya hastag dan lokasi. Adanya peningkatan impresi maka akan berpengaruh pada engagement hingga berakhir pada penjualan.

Durasi Lebih Pendek

Semua orang yang melihat promosi di Instagram pasti menyukai sesuatu singkat. Pada dasarnya durasi video yang ada di IG jauh lebih singkat. Biasanya hanya berdurasi 15 detik dengan pengiklanan yang singkat, padat, dan jelas.

Durasi yang panjang akan membuang waktu walaupun video tersebut bagus. Dengan adanya durasi yang manusiawi akan membuat seseorang rela menunggu. Sehingga akan lebih banyak pengguna Instagram yang menengok iklan tersebut.

Tidak Mempengaruhi Feed Instagram

Satu hal yang membuat IG Story lebih efektif untuk promosi adalah tidak adanya pengaruh ke Feed. Biasanya seseorang sudah mematenkan tema untuk membuat feed yang cantik. Dengan adanya IG Story feed akan tetap rapi tanpa adanya konten yang masuk berbeda dengan template.

Promosi di Instagram akan lebih nyaman karena bebas membuat konten sesuai kebutuhan. Bahkan Sobat Lakuuu tidak harus memutar otak untuk menyesuaikan kembali. Hingga pemasaran juga lebih menarik.

Integrasi dengan Facebook

Karena saat ini Instagram sudah terintegrasi dengan Facebook pastinya akan sangat menguntungkan. Pengguna Facebook juga akan melihat isi IG Story. Hal ini memungkinkan mendapat pelanggan yang lebih banyak.

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Beberapa diantaranya adalah impresi, konversi. penjualan dan ROI. Semua akan berlipat ganda karena kerja algorite Facebook yang sangat mudah.

Sehingga promosi di Instagram bisa lebih menguntungkan berbagai pihak. IG Story menjadi andalan semua orang.
Bagikan artikel

Artikel Terkait

alasan-kompetitor-tawarkan-harga-murah
Insight
Perang Harga, Ini Alasan Kompetitor Tawarkan Harga Murah
Menjalankan suatu bisnis pasti tidak terhindar dari yang namanya perang harga, yaitu kondisi dimana antar pebisnis saling bersaing dengan menurunkan harga demi ...
membangun-brand-identity-dengan-canva
Insight
5 Cara Mudah Membangun Brand Identity Hanya Dengan Bermodalkan Canva
Sobat Lakuuu pastinya sudah tidak asing lagi dengan Canva ya kan? Platform desain gratis yang dirancang khusus untuk ...
efek-pay-later
Insight
Menjadi Alat Utama Pembayaran, Ini 5 Efek PayLater yang Tidak Kamu Sadari
Sobat Lakuuu pasti sudah tidak asing lagi dengan sistem pembayaran PayLater yang marak digunakan ini kan? Sistem pembayaran ...
pentingnya-review-dan-testimoni-untuk-bisnis
Insight
Pentingnya Review dan Testimoni Untuk Bisnis Agar Semakin Sukses
Pentingnya review dan testimoni untuk bisnis dimasa sekarang dan masa depan tentulah sangat berpengaruh. Mungkin belum begitu banyak yang menyadari manfaat dari ...