Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Tips & Trik

Buat Jualan Kamu Makin Lakuuu dengan 11 Tips dan Tricks Psikologi Marketing

by Lakuuu 1 December 2021

psikologi-marketing
Akhir-akhir ini dunia bisnis atau wirausaha semakin mendapat perhatian publik, sehingga penting sekali adanya tricks psikologi marketing dalam berbisnis. Pertumbuhan bisnis yang pesat di bidang ini dapat terjadi karena berbagai hal dan salah satunya teknologi.

Sobat Lakuuu dapat diketahui bahwa adanya pengaruh perkembangan teknologi ini sendiri dapat mempermudah penciptaan dan pengembangan usaha sendiri.

Mengenal Apa Itu Psikologi Marketing

Psikologi merupakan suatu ilmu yang kerap mempelajari mengenai kejiwaan seseorang yang bisa diatasi secara langsung dan perlahan Dalam artian para psikolog ini dapat membantu seseorang mengatasi kestabilan emosi, serta menjual suatu produk atau yang disebut dengan psikologi pemasaran.

Pemasaran yang dikenal publik adalah yang pertama kali menjelaskan produk. Selanjutnya, prospek akan diuji secara gratis dengan produk yang ditawarkan, dan kemudian memberikan penawaran untuk produk tersebut.

Oleh karena itu, psikologi marketing adalah ilmu yang memungkinkan kita untuk memahami masalah alasan yang mempengaruhi emosi membeli produk atau layanan. Maka dari itu, dengan adanya tricks psikologi marketing ini diharapkan dapat membantu para pebisnis.

Ini bukan hanya tentang emosi, tetapi juga tentang tindakan pasar dengan memberikan pandangan tentang suatu produk, ketika produk tersebut adalah produk atau layanan yang ditawarkan oleh pelaku bisnis.

Tricks Psikologi Marketing untuk Pebisnis

Berikut ini beberapa tips dan trik psikologi pemasaran untuk para pebisnis yang perlu diketahui, diantaranya yaitu:

1.  Data Mining

Dalam kehidupan sehari-hari, strategi pemasaran seperti itu sebenarnya cukup mudah ditemukan. Sederhananya, kata Baryshnikova (2017), data mining digunakan dalam pemasaran dengan mengumpulkan data pribadi, salah satunya melalui program keanggotaan.

2.  Information Processing Approach

Dalam membangun hubungan dengan konsumen khususnya dalam pemasaran dapat diterapkan pendekatan psikologis berupa pengolahan informasi. Dalam pemasaran ke konsumen dewasa, pendekatan yang lebih tepat adalah memproses informasi melalui jalur pusat.

3.  Perceived Benefit

Dalam tricks psikologi marketing, manfaat yang dirasakan berkaitan erat dengan bidang psikologi kesehatan, tetapi dapat juga diterapkan pada strategi pemasaran dan dimaknai sebagai rasa kepercayaan pelanggan terhadap manfaat produk.

Sebuah strategi pemasaran yang memperhitungkan manfaat yang dirasakan telah terbukti dapat secara efektif meningkatkan niat beli.

4.  Perceived Value

Selain harga dan kualitas barang, perceived value merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi konsumen untuk membeli atau tidak suatu produk.

Perceived value itu sendiri adalah persepsi konsumen bahwa suatu produk memiliki kualitas dan kemudahan penggunaan yang memenuhi harapan mereka, terutama dibandingkan dengan produk sejenis lainnya.

5.  Hunger Marketing

Hunger marketing merupakan bentuk strategi pemasaran di mana penyedia barang atau jasa sengaja membatasi jumlah produk untuk memenuhi kelebihan permintaan.

Dalam praktiknya, pemasok produk menjual produk dengan harga rendah atau lebih rendah, sekaligus membatasi jumlah produk dan kuota pre-order sehingga menimbulkan efek seolah-olah produk langka atau terbatas.

6.  Feed Back

Seperti yang Sobat Lakuuu ketahui bersama, proses pemasaran erat kaitannya dengan hubungan antara pemasok produk dan konsumen. Membangun hubungan pada tahap awal terkadang merupakan tantangan dan membutuhkan usaha.

Dengan pendekatan psikologis, pendekatan untuk memulai hubungan antara pemasok produk dan konsumen dapat dilakukan dengan cara yang lebih sederhana.

7.  Psychological Compliant Techniques

Jika pada bagian sebelumnya dijelaskan tentang trik menarik perhatian dan menarik calon konsumen dengan hadiah, maka ada cara lain, yaitu tips yang akan dibahas pada bagian ini menerapkan teknik psikologis berupa kepatuhan atau compliance.

8.  Musical Primings

Penyatuan seni dalam strategi pemasaran ataupun tricks psikologi marketing yang diterapkan tampaknya telah diraih oleh banyak orang.

Apakah sebagian besar orang pasti pernah mengunjungi setidaknya sekali perpustakaan tata bahasa yang memainkan musik unik dan tetap terukir dalam ingatan kita? Ketika kita mendengar musik serupa, kita sepertinya ingat tokonya, bukan?

9.  Anchoring

Jika tips di atas kurang cocok untuk bisnis saat ini, tidak ada salahnya mencoba strategi anchor marketing. Adapun strategi ini mengandalkan teori psikologis anchoring, dimana teori ini menjelaskan bahwa pengambilan keputusan pada setiap individu biasanya dipengaruhi oleh informasi awal yang diterima.

10.  Penyesuaian Warna

Tricks psikologi marketing selanjutnya yang disampaikan dalam artikel ini adalah menyesuaikan warna dengan tujuan program pemasaran ini, selama ini penggunaan warna untuk tujuan pemasaran sudah banyak dilakukan. Namun, literatur yang membahas warna tidak hanya makna dan simbolnya masih terbatas.

11.  Manipulasi Keterangan Produk

Pemasar sering memanipulasi istilah saat menulis deskripsi produk makanan. Misalnya, kentang goreng asli bukanlah kentang goreng asli karena hanya mengandung 42% kentang dan bentuk irisan yang tidak alami.

Bagaimana Pengaruh Psikologi Marketing Terhadap Penjualan?

Pemasar, wirausahawan, dan wirausahawan berasumsi bahwa kebanyakan orang membuat keputusan dengan meneliti dan menimbang pilihan mereka. Oleh karena itu, setiap kampanye pemasaran disusun berdasarkan hasil.

Psikologi pemasaran dapat memberi pemasar dan pengusaha keunggulan kompetitif dengan mengoptimalkan strategi dan taktik pemasaran sedemikian rupa.

Sehingga, secara sengaja dan proaktif mereka mampu mempengaruhi psikologi, perilaku, dan keputusan orang untuk mengidentifikasi lebih banyak konsumen melalui tricks psikologi marketing ini.