Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

Rayakan Hari Guru Nasional 2021 dengan 5 Cara Kreatif ini

by Lakuuu Team Updated at 5 October 2022

rayakan-hari-guru-nasional
Satu hal yang sangat dirindukan saat kegiatan belajar mengajar secara tatap muka adalah melihat guru-guru kita tersenyum, saat diberikan hadiah dan ucapan di Hari Guru Nasional.

Walau kegiatan mengajar di tahun ini sedikit berbeda dengan sebelumnya, namun ini bukan menjadi penghalang bagi para siswa, untuk tidak memberikan kejutan dan ucapan selamat kepada para pahlawan tanpa tanda jasa ini.

Berikut, 5 ide yang tidak biasa yang bisa Sobat Lakuuu lakukan untuk merayakan Hari Guru Nasional 2021, tanpa mengabaikan protokol kesehatan.

#1 Membuat Video Singkat
Gambar: https://unsplash.com/@jesuslovesaustin
Pembelajaran tatap muka masih belum menemukan titik terangnya kapan akan dimulai. Sehingga, Sobat Lakuuu tidak bisa memberikan ucapan secara langsung.

Sebagai gantinya, Sobat Lakuuu bisa mengajak seluruh teman kelas untuk membuat sebuah video singkat mengucapkan selamat Hari Guru dan menggabungkannya menjadi satu video yang keren.

Walaupun terkesan sederhana, seorang guru akan terkesan dengan kerja keras dan usaha di baliknya. Video ini mungkin menjadi salah satu sumber semangat bagi mereka, agar tetap mengajar dan mencerdaskan bangsa Indonesia.

#2 Buat Acara Virtual Kecil-Kecilan
Gambar: https://unsplash.com/@cwmonty
Layaknya menghadiri kondangan yang dilengkapi dengan MC serta rundown acara, Sobat Lakuuu juga bisa membuat acara kecil-kecilan secara virtual dengan salah satu teman kelas menjadi seorang MC nya.

Sobat Lakuuu bisa menggunakan platform Zoom Meeting atau Google Classroom untuk mewujudkan acara virtual ini.

Jangan lupa, ajak teman sekelas Sobat Lakuuu untuk menyumbangkan bakatnya, seperti menyanyi, akustik, seni tari, atau jika memungkinkan mengadakan sebuah drama.

Dengan memanfaatkan teknologi, membuat konten bersama bisa dilakukan tanpa harus bertemu langsung. Selain menjadi acara yang unik, momen ini tentu akan menjadi momen yang paling dikenang dan tak terlupakan, bukan?

#3 Kirimkan Hadiah Spesial untuk Guru Tercinta
Gambar: https://unsplash.com/@kadh
Seorang guru akan menyukai semua jenis hadiah yang diberikan dari para muridnya. Mereka tidak melihat dari segi harga ataupun dari kemewahan yang diberikan oleh barang tersebut. Apapun hadiah yang Sobat Lakuuu berikan, para guru pasti akan menyimpan dan menggunakannya.

Maka dari itu, jangan ragu untuk menunjukkan rasa bersyukur dan terima kasih Soba Lakuuu kepada guru tercinta.

Sobat Lakuuu juga bisa mengajak teman-teman yang lain untuk patungan, dan membelikan hadiah untuk guru kesayangan.

#4 Konten Parodi Wali Kelas
Gambar: https://unsplash.com/@gabriellefaithhenderson
Di antara semua ide yang ada, ide ini mungkin menjadi yang paling kreatif sekaligus jenaka yang bisa Sobat Lakuuu lakukan.

Cobalah untuk membuat sebuah video berdurasi singkat, tentang bagaimana guru Sobat Lakuuu berperilaku. Bisa dari bagaimana cara berjalan, logat atau cara berbicara, hingga kebiasaan-kebiasaan kecil yang kerap beliau lakukan.

Video parodi ini tentu akan membuat siapapun yang melihatnya dibuat tertawa. Sangat cocok untuk menghibur semua orang di situasi sulit seperti sekarang ini.

#5 Memberikan Ucapan Selamat dengan Tulus
Gambar: https://unsplash.com/@rinckad
Memberikan ucapan selamat atau menuliskan pesan dengan tulus akan sangat berarti bagi para guru.

Dengan memberikan ucapan selamat, secara tidak langsung Sobat Lakuuu menunjukkan kepedulian serta rasa sayang kepada beliau.

Bagi para guru, kartu atau voice note ucapan dari Sobat Lakuuu bisa menjadi sumber semangat untuk mengajar dengan sepenuh hati.

Guru adalah pejuang yang tidak kenal lelah untuk mencerdaskan kita semua. Mereka bekerja siang malam demi menyiapkan pembelajaran yang tetap menyenangkan, walau terkendala dengan sistem pembelajaran yang baru.

Mereka yang mungkin belum akrab dengan teknologi, berusaha sekuat tenaga untuk memberikan pembelajaran yang nyaman, dan mencoba untuk lebih mendekatkan diri pada teknologi.

Sudah sewajarnya kita sebagai seorang pelajar, untuk mengapresiasi atas apa yang telah mereka kerjakan dengan setulus hati.

Mereka tidak meminta untuk dibelikan sesuatu. Juga, mereka tidak menuntut apapun dari kita semua, baik materil maupun hal lainnya. Mereka tidak menginginkan semua itu. Yang mereka inginkan adalah melihat anak didiknya sukses, dan melangkah menuju masa depan yang cerah. Selamat Hari Guru Nasional 2021