Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

7 Rekomendasi Lagu yang Wajib Kamu Dengerin untuk Meningkatkan Mood Kerja

by Lakuuu 30 November 2021

rekomendasi-lagu
Mendengarkan lagu untuk meningkatkan mood sambil bekerja bisa bermanfaat. Hal ini berdasarkan riset dari profesor muda berpendidikan musik dan terapi musik di University of Miami, bahwasanya orang memiliki pengalaman positif mendengarkan musik favorit mereka.

Dia juga mengatakan bahwa mendengarkan musik juga membantu menciptakan suasana hati yang positif. Jadi salah satu maknanya adalah suasana hati yang selalu berpikiran positif akan mempengaruhi dalam pemecahan masalah dan pemikiran kreatif.

Manfaat Mendengarkan Lagu untuk Meningkatkan Mood Kerja

Berikut ini beberapa manfaat dari mendengar lagu untuk meningkatkan semangat saat sedang bekerja, diantaranya yaitu:

1.  Musik Bisa Meningkatkan Mood Positif

Saat Sobat Lakuuu mendengarkan lagu favorit, ternyata otak melepaskan neurotransmitter dopamine yang berpengaruh terhadap kenyamanan, mengurangi stres dan juga kecemasan pada diri sendiri.

Menurut jurnal Trends in Cognitive Sciences, terdapat sebuah penelitian yang berkaitan dengan efek musik pada pasien yang menjalani operasi.

Adapun hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pasien yang mendengarkan musik memiliki tingkat kecemasan dan kortisol yang lebih rendah dibandingkan pasien yang memilih untuk menggunakan obat anti kecemasan.

2.  Musik Mampu Membuat Rutinitas Menjadi Menyenangkan

Musik juga mampu mengubah pekerjaan dan aktivitas yang berulang-ulang menjadi sesuatu yang lebih menyenangkan untuk dilakukan. Menurut Daniel Letivin, seorang ahli saraf dan penulis This Is Your Brain on Music.

Dimana salah satu penelitiannya berhasil mengungkapkan jika musik bisa meningkatkan kinerja ahli bedah yang melakukan pekerjaan laboratorium. Studi yang lain juga membenarkan akan hal itu.

Bahwa setiap orang membutuhkan music yang dapat mengurangi error dalam pekerjaan dan dapat meningkatkan mood dalam pekerjaan. Sehingga semua pekerjaan yang dilakukan akan berjalan dengan baik.

3.  Musik Dapat Meningkatkan Produktivitas

Sebuah studi yang diterbitkan oleh Psychology of Music menunjukkan bahwa mendengarkan musik sambil bekerja dapat meningkatkan kinerja siswa sehingga mereka dapat fokus pada tugas lebih lama dari biasanya. Hal yang sama juga terjadi ketika mendengarkan musik sambil berolahraga, yaitu bekerja untuk mengolah tubuh.

4.  Musik Mampu Meningkatkan Fokus Saat Berada di Area Bising

Ketika ruang kantor berisik, otak akan berusaha menangani semua kebisingan satu per satu dan proses ini akan membutuhkan banyak energi otak, ketika Sobat Lakuuu harus menggunakannya untuk fokus pada aktivitas.

Musik Terbukti Mampu Menambah Semangat

Sobat Lakuuu perlu banget tahu cara menyemangati lagu selama WFH karena berdasarkan informasi yang diperoleh, ada sebuah penelitian menunjukkan bahwa lagu untuk meningkatkan mood terbukti bisa membuat semangat para pegawai.

Tingkat stres dan depresi akan lebih mudah mengurangi aliran darah saat mendengarkan musik, sehingga tingkat hormon kortisol penyebab stres akan turun. Mendengarkan musik juga dianjurkan bagi orang yang akan menjalani operasi, karena musik dapat meningkatkan hasil pemulihan tubuh pascaoperasi yang baik.

7 Rekomendasi Lagu untuk Meningkatkan Mood Kerja

Berikut beberapa rekomendasi lagu untuk Sobat Lakuuu saat bekerja agak semakin semangat, diantaranya yaitu:

1.  Selamat Pagi - RAN

Lagu untuk meningkatkan mood yang pertama selama WFH adalah lagu milik grup musik RAN ​​yang berjudul "Good Morning". Meskipun sudah lama dirilis sejak tahun 2007, lirik dan nada cerianya membuat siapa pun bersemangat untuk mendengarkan lagu ini.

2.  Pergi Pagi Pulang Pagi - Armada

Lagu pop bergenre Melayu karya Rizal dan Rada "Armada" ini telah dirilis sejak tahun 2014. Lirik sederhana dengan melodi yang dinamis dan unik dijamin akan terdengar enak ditelinga semua orang.

3.  Aduh - Marion Jola

Vokalis Indonesian Idol Marion Jola baru saja merilis lagu barunya yang berjudul "Aduh" pada tanggal 5 Agustus. Lirik lagu, yang diproduksi dan ditulis oleh Laleilmanino, berbicara tentang rasa ingin tahu seorang wanita yang ingin bertemu dengan seorang pria yang dilihatnya di suatu tempat.

4.  Serenata Jiwa Lara - Diskoria feat. Dian Sastrowardoyo

Lagu untuk meningkatkan mood berikutnya datang dari duo musik yang kembali ke musik disko era 80-an.Kali ini, produksi lagu Laleilmanino dibawakan dengan apik dengan aktris terkenal Dian Sastrowardoyo sebagai pengisi suara utama.

5.  Love In My Pocket - Rich Brian

Lalu ada lagu "Love In My Pocket" oleh rapper Indonesia yang mendunia, Rich Brian. Tahukan Sobat Lakuuu, rupanya lagu satu ini terinspirasi dari physical distancing ketika pandemi COVID-19 sedang marak dan ramai diperbincangkan.

6.  Pamer Bojo - Didi Kempot

Siapa bilang lagu trending WFH hanya dari genre mainstream? Mulai sekarang, musik dangdut keroncong juga lebih enak untuk didengarkan. Salah satunya adalah lagu mendiang penyanyi legendaris Didi Kempot berjudul Pamer Bojo.

7.  Ice Cream - Blackpink feat. Selena Gomez

Beranjak ke genre Kpop, lagu terbaru dari Blackpink yang baru saja berkolaborasi dengan Selena Gomez ini juga bisa menjadi lagu semangat WFH.

Itu dia beberapa daftar lagu yang bisa Sobat Lakuuu gunakan untuk meningkatkan mood dalam bekerja. Lagu untuk meningkatkan mood yang keren dan ceria ini akan membuat Sobat Lakuuu ingin bekerja dari rumah.