Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

Belajar Strategi Pemasaran Scarlett Whitening yang Viral

by Lakuuu Updated at 5 October 2022

scarlett-whitening
Siapa yang tidak kenal dengan produk kecantikan yang akhir-akhir sempat viral di jagat internet yang satu ini? Produk kecantikan yang diproduksi oleh Felicya Angelista itu mendapatkan sambutan yang sangat hangat, tidak hanya dari kaum wanita saja, tetapi juga kaum Adam.

Lantas, kenapa ya produk yang terdiri dari serum wajah, krim, dan body lotion tersebut menarik minat banyak orang? Apa trik atau strategi marketing yang digunakan oleh Felicya? Bagi Sobat Lakuuu yang juga sama penasarannya, berikut trik marketing yang digunakan oleh Felicya.

1. Words of mouth

Salah satu teknik marketing yang tidak lekang oleh zaman dan terus digunakan hingga sekarang adalah teknik words of mouth.

Felicya mengaku, bahwa saat meluncurkan produk Scarlett Whitening, Felicya memberitahukannya terlebih dahulu kepada orang-orang disekelilingnya. Memberikan keseluruh benefit apa yang akan didapat oleh konsumen, saat menggunakan produknya.

Felicya juga tidak enggan untuk memberikan tester kepada para potensi pembelinya, dengan harapan mereka membeli, dan menggunakan produk buatannya.

Kualitas dari Scarlett Whitening memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Banyak di antara teman-teman dan rekan sesama artisnya menyukai produk buatan lokal ini.

Hingga akhirnya, mereka menggunakan dan merekomendasikan produk buatan Felicya ke jaringan pertemanannya. Membuat nama merek Scarlett Whitening kian melejit di kalangan para artis.

Dalam menerapkan teknik words of mouth, seorang pebisnis tidak serta merta membagikan dan menyebarluaskan benefit apa yang akan didapatkan para konsumen dengan menggunakan produk tersebut.

Kualitas dari produk itu sendiri, layanan yang prima, serta kesadaran merek menjadi tiga pilar utama, agar metode marketing mulut ke mulut ini dapat berjalan dengan baik.

2. Endorsement artis dan Influencer

Saat sudah memiliki nama di dalam jaringan pertemanannya, Felicya mengambil kesempatan emas untuk melebarkan sayapnya, dengan memanfaatkan para teman artisnya untuk melakukan endorsement, dan mengajak para influencer untuk mempromosikan produknya.

Hingga sekarang, merek Scarlett Whitening masih aktif menggunakan jasa para influencer dan artis untuk mempromosikan berbagai macam produk dan bahkan campaign yang diadakan.

Memang, menggunakan jasa KOL atau influencer terbukti efektif untuk membangun citra brand di tengah masyarakat, mengingat KOL dan influencer memiliki pengaruh yang sangat kuat untuk membangun, dan mengubah perspektif orang-orang, khususnya para pengikutnya.

Itulah sebabnya, mengappa pendapat dari KOL dan Influencer menjadi sangat penting dalam membangun suatu brand, agar mendapatkan respon positif di masyarakat.

Sebelum menggunakan jasa KOL atau influencer dalam mempromosikan bisnis Sobat Lakuuu, cari tahu terlebih dahulu personal brand dari opinion leader tersebut.

Jika antara perusahaan dan opinion leader tersebut memiliki kemiripan, maka sudah hampir dipastikan promosi tersebut dapat berjalan dengan baik, dan cenderung mendatangkan leads yang berpotensi menciptakan transaksi.

3. Melakukan kerjasama dengan banyak marketplace

Tidak hanya menggunakan para influencer, Scarlett Whitening juga bekerjasama dengan banyak marketplace, agar produknya lebih mudah dijangkau oleh banyak orang yang ingin mendapatkan kulit lembab dan putih.

Sebagai contoh, Scarlett Whitening bekerjasama dengan salah satu marketplace terbesar Asia, Shoppee. Kini, toko resmi Scarlett Whitening memiliki pengikut lebih dari 1,7 juta sejak empat tahun lalu.

4. Promo menarik

Saat pandemi coid-19 melanda Indonesia, banyak orang yang terkena dampaknya, khususnya dari segi perekonomian.

Hal ini menyorot perhatian Felicya untuk menggenjot penjualannya dengan menawarkan berbagai macam cara, salah satunya adalah mengeluarkan produk terbaru.

Saat produk terbaru dari Scarlett Whitening rilis, banyak orang yang ternyata masih memprioritaskan untuk membeli produk keluarannya. 

Tidak hanya itu, Felicya beserta timnya juga memberikan potongan harga alias diskon sebesar 33% untuk rangkaian produk serum nya yang baru diluncurkan pada bulan Juni 2021 lalu.

Felicya berharap, saat masyarakat Indonesia, khususnya para pegawai kantoran yang sedang WFH, tetap menjaga penampilan dan diri mereka sendiri dengan menggunakan produknya.

Selain karena kualitas produknya yang memang harus diacungi jempol, harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau, dan bahkan dapat dijangkau oleh berbagai kalangan.

Dari Scarlett Whitening ini, Felicya ingin menunjukkan, bahwa produk lokal bisa bersaing dengan produk skincare serupa buatan luar negeri dengan kualitas tinggi, dan harga yang terjangkau.