Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

Jangan Sampai Salah! Ini 5 Cara Yang Benar Berikan Self Reward

by Lakuuu Updated at 5 October 2022

self-reward
Self reward penting untuk dilakukan terlebih ketika Sobat Lakuuu telah berusaha menyelesaikan sesuatu. Tapi, apa iya self reward hanya diberikan ketika kita menyelesaikannya? Yuk cari tahu apa itu self reward dan gimana caranya memberikan hadiah kepada diri sendiri dengan cara yang tidak toxic!

Self reward kunci menerima diri sendiri

Ketika Sobat Lakuuu merasa stuck, seringkah merasa bahwa diri tidak pernah cukup dan melihat orang lain sepertinya selalu mendapatkan sesuatu dengan mudah? Itu tandanya Sobat Lakuuu perlu memberi hadiah atas apa yang telah dilakukan sehingga tidak kehilangan motivasi.

Self reward juga sering dianggap bisa mengembangkan kreativitas ketika meluangkan waktu disela rutinitas sehari-hari. Otak akan melepaskan hormon dopamine yang akan membuat Sobat Lakuuu merasa lebih baik. Itu dikarenakan hormon dopamine ini memberikan efek untuk pereda stress sehingga Sobat Lakuuu dapat kembali bekerja dan semakin apresiatif dengan pencapaian diri.

Tapi, ada yang perlu Sobat Lakuuu ketahui nih, ternyata memberikan self reward tidak selalu akan berdampak positif, lho. Contoh umumnya saja, ketika seseorang merasa buntu, dia akan membeli makanan melalui aplikasi Go-Food. Ini memang bentuk self reward, hanya saja makanan yang dibeli bisa jadi justru kurang baik untuk kesehatan. Atau self reward seperti bermain game, justru menjadikan seseorang lebih cenderung menunda pekerjaannya.

Lalu bagaimana sih cara memberi hadiah dengan baik tanpa menyebabkan munculnya perilaku toxic? Well, self reward tidak selalu harus mengeluarkan uang kok, Sobat Lakuuu. Baiknya hadiah tersebut justru mudah didapat, sehingga Sobat Lakuuu dapat mensugesti otak untuk meyakinkan diri bahwa Sobat Lakuuu telah melakukan sesuatu sesuai dengan tujuannya. Simak tulisan berikut ini ya untuk lebih jelasnya!

1. Ambil jeda sebagai bentuk self reward

Terlalu fokus mengejar target kadang bisa membuat seseorang menjadi mudah terkena stress dan burnout. Untuk menghindari ini, luangkan waktu sejenak untuk menyendiri atau memberi waktu di sore hari dengan menikmati suasana ditemani secangkir minuman kopi atau teh sudah bisa termasuk dalam kegiatan self reward.

Sobat Lakuuu juga dapat memanfaatkan tidur siang sebagai hadiah, lho. Bahkan tidak melakukan hal yang seperti biasanya dan hanya tiduran sambil bermain game di rumah pada hari Minggu juga bisa membantu untuk merawat kewarasan diri sendiri.

2. Kembali melakukan hal yang disukai atau hobi

Sepertinya yang telah dijelaskan sebelumnya, self reward adalah kegiatan yang dapat mendatangkan rasa tenang sehingga batin menjadi bahagia. Apapun kegiatannya, selama itu membuat Sobat Lakuuu tenang, itu juga termasuk salah satu cara menghargai diri sendiri. Nah, jika Sobat Lakuuu memiliki hobi membaca buku, melukis, menggambar, olahraga, atau bermain musik, Sobat Lakuuu dapat melakukannya sekaligus melatih kreativitas.

Karena tujuan self reward umumnya adalah untuk mengembalikan semangat dan fokus, penting untuk memilih sesuatu yang membuat Sobat Lakuuu termotivasi dan tidak kehabisan energi. Yuk cari kegiatan bermanfaat yang membuat Sobat Lakuuu senang.

3. Ajak teman untuk
quality time atau nonton film

Menghabiskan waktu sendiri justru membuat Sobat Lakuuu merasa sendirian? Ajak teman terdekat untuk quality time bareng juga bisa dijadikan sebagai self reward, lho. Self reward artinya juga kegiatan yang akan mengisi tenaga dan jika berkumpul dengan teman di kafe, jalan-jalan dalam kota, atau pergi ke rumahnya sudah cukup membuatmu berenergi kembali, lakukan saja kegiatan ini.

Akan tetapi di masa pandemi seperti ini, alternatif untuk keluar bareng teman menjadi lebih sedikit kan Sobat Lakuuu? Untuk mengakalinya, Sobat Lakuuu bisa menggunakan aplikasi Zoom atau Google Meet untuk menonton film bareng teman sekaligus bertukar kabar.

4. Cari suasana baru dengan liburan kecil atau jalan-jalan

Salah satu self reward yang kerap ditemukan mungkin adalah melakukan jalan-jalan atau liburan kecil ke luar kota. Hal itu karena mengganti suasana dapat memperbaiki mood juga, lho. Melihat serta menikmati suasana yang baru bisa membantu Sobat Lakuuu keluar dari zona stress sehingga muncul semangat baru untuk memulai.

Namun, pastikan liburanmu sesuai dengan keuangan ya Sobat Lakuuu. Jika tidak, liburan tadi justru akan membuatmu stress dan menyesal saat melihat tabungan yang ternyata tinggal sedikit. Jika tidak memiliki budget, Sobat Lakuuu juga bisa jalan-jalan di taman kota atau bersepeda di sekitar rumah.

Ingat ya Sobat Lakuuu, arti dari self reward itu sendiri adalah untuk melepaskan Sobat Lakuuu dari penat dan emosi negatif yang nantinya menghambat produktifitas. Jadi, kalau Sobat Lakuuu hanya bisa keluar ke alun-alun atau taman, lakukan saja untuk pergi sejenak dari ruang yang membuat Sobat Lakuuu penat. Itu saja sudah cukup kok.

5. Alokasikan uang untuk memanjakan diri sebagai self reward

Contoh self reward yang sehat terakhir ini juga bisa Sobat Lakuuu lakukan yaitu memanjakan diri. Sobat Lakuuu tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk melakukan spa atau pergi ke salon. Meminum jus buah sambil membaca majalan kesukaan, bernyanyi di kamar mandi, melakukan skin care untuk merawat tubuh dan kulit wajah juga bisa membuat Sobat Lakuuu merasa tenang dan segar kembali.

Kegiatan self reward mana yang cocok untuk Sobat Lakuuu? Semoga segera bersemangat untuk kembali produktif ya!