Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

Apa itu Side Hustle dan Perbedaannya dengan Side Job

by Lakuuu 22 February 2022

side-hustle-dan-side-job

Pernahkah Sobat Lakuuu mendengar tentang apa itu side hustle, istilah tersebut sedang sangat tren pada generasi Milenial atau Generasi Z. Istilah ini sering disamakan dengan side job atau pekerjaan sampingan.


Tetapi pada kenyataannya, walaupun sama-sama pekerjaan sampingan keduanya memiliki fungsi berbeda. Sobat Lakuuu pasti menginginkan bekerja dan mendapatkan pekerjaan sesuai dengan passion serta keahlian atau bakat.

Tetapi menurut manajemen Gallup Inc yang telah melakukan riset tahun 2017 silam menyebutkan 85% orang pekerja bekerja pada bidang tidak disukainya. Kebanyakan orang saat ini mulai melakukan side hustle sebagai pekerjaan sampingan sesuai dengan bakat serta keinginannya.

Apa itu Side Hustle dan Perbedaannya dengan Side Job


Sama-sama dapat menghasilkan pendapatan tambahan dari gaji yang biasa didapatkan setiap bulan. Tetapi Side job dan Side Hustle memiliki tujuan berbeda, terus apa itu side hustle sebenarnya

Side hustle adalah pekerjaan sampingan atau sebuah aktivitas disukai tapi tetap menghasilkan pendapatan tambahan. Tujuan seseorang melakukannya, bukan hanya untuk mencari pendapatan tambahan saja tetapi juga untuk memenuhi kepuasan pribadi melalui kegiatan sesuai dengan minatnya.

Biasanya seseorang yang melakukan side hustle tidak memiliki bos serta bersifat freelance atau borongan. Melakukan pekerjaan sesuai dengan keinginan dan memberi Sobat Lakuuu kebebasan untuk mengambil sebanyak apa pekerjaan ingin diambil.

Sedangkan side job adalah merupakan pekerjaan sampingan tujuan utamanya memang mendapatkan pendapatan tambahan. Pada umumnya tidak terikat kontrak atau pekerja lepas, biasanya juga seseorang memiliki side job tetap memiliki atasan atau klien.

Pekerjaan side job juga bisa jadi berbeda dengan pekerjaan utamanya, bahkan tidak berhubungan sama sekali. Seperti contohnya content creator, web designer serta masih banyak lagi.

Keduanya memiliki keuntungannya masing-masing, salah satunya adalah mendapatkan pendapatan tambahan. Keuntungan lainnya akan didapatkan dari side job adalah Sobat Lakuuu akan mendapatkan skill baru dan networking.

Sedangkan keuntungan yang akan didapatkan dari side hustle adalah dapat mengembangkan skill selama ini harus terpendam karena pekerjaan utama tidak sesuai dengan passion. Pekerjaan yang sesuai dengan hati juga tentu saja akan membuat senang melakukannya serta dapat mengurangi stres.

Cara Memilih Side Hustle Sesuai Passion


Selanjutnya setelah mengetahui apa itu side hustle, mungkin Sobat Lakuuu masih bingung cara memiliki pekerjaan sampingan sesuai dengan passion bagaimana caranya. Karena sebelumnya terlalu fokus pada pekerjaan utama.

Pernahkah mendengar istilah IKIGAI, istilah tersebut berasal dari bahasa jepang memiliki arti mengenali tujuan hidup. Seseorang yang sudah mengenali IKAGAI nya pasti sudah tahu akan berbuat apa di hari esok.

Sebaliknya, seseorang belum memiliki IKIGAI akan merasakan hidup sepi karena belum mempunyai tujuan hidup. IKIGAI ini merupakan gabungan dari passion, misi, profesi dan pekerjaan. Berikut ini strategi untuk menemukan Side Hustle cocok.

1.      Melakukan Inovasi

Salah satu hal sangat penting pada segala jenis bidang pekerjaan adalah inovasi. Sobat Lakuuu dapat memanfaatkan hobi atau kegemaran pada satu hal untuk mendapatkan pendapatan tambahan. Seperti contohnya jika suka menggambar atau membuat desain.

Anda dapat menggunakan hobi tersebut untuk mendapatkan cuan tambahan, carilah desain saat ini sedang diminati pasar lalu manfaatkan media sosial untuk mempromosikan hasil kerjanya.

Inovasi tidak akan ada matinya dalam industri kreatif, jadi Sobat Lakuuu bisa terus berinovasi untuk menciptakan suatu pembaruan sesuai dengan minat atau hobi.

2.      Konsisten dan Persisten

Dalam melakukan sesuatu hal yang baru pasti tidak akan langsung menghasilkan, semuanya butuh proses. Sehingga, dibutuhkan konsisten serta persisten, karena tidak ada hasil bisa didapatkan secara instan.

Jangan mudah menyerah dan terus jalani hobi yang dijadikan pekerjaan sampingan walaupun hasil diawalnya tidak terlalu bagus. Hal itu juga harus dibarengi dengan meningkatkan kemampuan untuk menganalisis pasar agar tahu minat pasar bagaimana.

3.      Menerima Kritik dan Saran Membangun

Salah satu sikap harus dimiliki seseorang agar bisa maju adalah mampu menerima kritik serta saran dari orang lain. tujuannya tentu saja baik yaitu untuk mengimprovisasi karya atau pekerjaan yang dikerjakan.

Biasanya pendapat mereka akan sesuai dengan permintaan pasar, banyak orang juga takut menerima kritikan dan saran. Padahal kritik serta saran dapat menjadi bahan untuk mengembangkan kreativitas setiap individu.

Rekomendasi Ide Side Hustle yang Cocok untuk Sobat Lakuuu


Setelah mengetahui apa itu side hustle dan minat ingin dilakukan tetapi masih bingung profesi apa yang bisa dilakukan. Berikut ini rekomendasi ide side hustle banyak dilakukan generasi Z serta milenial saat ini.

1.      Food Instagrammer

Memiliki hobi kulineran dan fotografi, Sobat Lakuuu bisa menjadi food instagrammer. Istilah ini ditujukan untuk seseorang yang suka memotret makanan serta hobi kulineran. Tidak perlu kamera profesional, cukup menggunakan kamera smartphone.

2.
      Jasa Titip Barang

Hobi berbelanja, siapa sangka hobi disukai sejuta umat kaum hawa itu dapat menghasilkan pendapatan tambahan. Membuka jasa titip barang sangat cocok untuk orang yang sering berbelanja dan jalan-jalan

Masih banyak lagi pekerjaan sampingan yang bisa dijadikan side hustle sesuai dengan minat Sobat Lakuuu. Setelah mengetahui apa itu side hustle, bisa menjadi bentuk pelarian seseorang dari pekerjaan utamanya untuk menikmati aktivitas sesuai dengan minat.