Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

Apa itu Strategi Marketing 4P dan Cara Penerapannya

by Lakuuu Updated at 5 October 2022

strategi-marketing-4-p
Berbagai perusahaan pastinya memiliki strategi pemasarannya tersendiri untuk bisa menjangkau lebih banyak audiens yang berpotensi menciptakan transaksi. Adapun salah satu strategi pemasaran yang kerap digunakan adalah Marketing Mix atau yang biasa disebut Marketing 4P.

Lalu, apa yang dimaksud dengan Marketing 4P dan bagaimana cara penerapannya? Apakah strategi marketing ini sangat efektif untuk digunakan di semua perusahaan dan bisnis? Simak informasinya berikut ini.

Pengertian Marketing 4P

Marketing Mix atau Marketing 4P merupakan strategi marketing yang mengacu pada 4P, yaitu product, price, promotion, dan, place.

Jika kita perhatikan dengan baik, 4P di atas merupakan variabel Atau komponen terpenting dari suatu bisnis. Produk yang baik, harga yang terjangkau, promosi yang tepat sasaran, hingga lokasi yang strategis akan mendatangkan respon positif dan mendongkrak penjualan.

Strategi Marketing 4P ini tidak hanya bisa diterapkan oleh perusahaan Atau bisnis berskala besar saja, bisnis mikro pun juga bisa mengadaptasi strategi ini, sehingga bisnis dapat berjalan dengan baik dan berkesinambungan.

Sobat Lakuuu kini sudah mengetahui pengertian dasar tentang Marketing Mix ini, lalu Bagaimana cara pengaplikasiannya? Baca artikel ini sampai selesai, ya!

Elemen Marketing Mix (4P)

1.    Product (produk)

Produk diibaratkan sebagai jantung dari bisnis. Tanpa adanya produk, bisnis tentu tidak akan bisa berjalan. Bagaimana ingin menciptakan transaksi, namun tidak memiliki produk, betul?

Tanpa adanya produk, tentu kita tidak bisa menentukan harga jual, menentukan strategi pemasaran yang tepat, hingga di mana nantinya media yang akan ditentukan, atau tempat terjadinya transaksi.

Perlu diingat, bahwa kata “produk” di sini tidak Hanya sebatas produk fisik saja. Produk non fisik seperti e-book, software, dan Podcast termasuk salah satu dari produk yang bisa diperjual belikan. Jasa pun juga termasuk ke dalam kategori produk itu sendiri.

Bauran produk ini nantinya akan tergantung terhadap beberapa hal, seperto fitur, variasi produk, kualitas, pengemasan dan pengembalian, hingga rancangan dari produk itu sendiri.

2.    Price (harga)

Variabel selanjutnya yang tidak kalah penting adalah harga. Harga di sini merupakan Nilai moneter yang harus dibayarkan oleh konsumen demi memperoleh produk atau jasa yang diinginkan dari suatu perusahaan.

Hal yang harus diperhatikan oleh para pebisnis pemula adalah penetapan harga. Jangan sampai harga yang ditetapkan justru telalu tinggi atau terlalu rendah dari harga pasar.

Harga produk yang tinggi mungkin akan menciptakan kesan yang mewah dan berkualitas, namun dengan target market yang sempit. Sebaliknya, jika harga produk terlalu rendah, maka barang akan dinilai tidak berkualitas, dan dikhawatirkan akan merugikan laba perusahaan.

3.    Promotion (promosi)

Startegi marketing bauran selanjutnya adalah promosi. Di sini, promosi memiliki dua tujuan akhir. Pertama, menginformasikan kepada para audiens kehadiran bisnis dan produk yang Sobat Lakuuu jual. Kedua adalah membujuk atau mempersuasi audiens agar membeli produk.

Ada berbagai cara yang bisa Sobat Lakuuu coba untuk menerapkan strategi promosi ini, seperi memanfaatkan Google Ad, Instagram dan Facebook Ad, atau Bahkan menggunakan reklame dan baliho untuk menjangkau audiens yang bervariasi.

4.    Place (tempat)

Variabel terakhir adalah tempat. Tempat menjadi faktor terpenting dari suksesnya suatu bisnis, khususnya jika Sobat Lakuuu mengandalkan toko fisik sebagai tempat untuk bertransaksi.

Pemilihan lokasi toko yang strategis bisa menciptakan peluang yang tinggi bagi bisnis untuk meraup pundi-pundi rupiah.

3 Manfaat Menerapkan Strategi Pemasaran 4P

Ada 3 manfaat yang akan dirasakan oleh bisnis jika menerapkan dasar-dasar marketing bauran yang tepat.

1.    Menciptakan sinergi

Jika 4 elemen marketing mix dikombinasikan dengan tepat dan benar, maka bukannya tidak mungkin bisnis mendapatkan banyak keuntungan.

2.    Loyalitas dan Nilai merek

Karena strategi marketing campuran ini berfokus pada kebutuhan atau customer need, maka baik produk dan layanan konsumen akan menciptakan customer yang loyal, dan meningkatnya band awareness di Tengah masyarakat.

3.    Sebagai panduan mengambil keputusan yang tepat

Strategi marketing 4P ini bisa membantu Sobat Lakuuu dalam menentukan keputusan yang tepat.

Misalkan, jika produk yang Sobat Lakuuu jual memiliki harga yang tinggi, maka pemilihan tempat dan target promosinya haruslah berada di demografi pelanggan yang memiliki penghasilan yang tinggi juga.