Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

Strategi Marketing: Apakah Iklan Reklame Masih Efektif?

by Lakuuu Updated at 5 October 2022

strategi-marketing-iklan-reklame
Mungkin Sobat Lakuuu berpikir, di era yang serba digital seperti sekarang ini, akan sangat efektif Jika menggunakan metode iklan secara online di berbagai platform media sosial, seperti Facebook, Instagram, hingga TikTok.

Sebagian besar masyarakat beranggapan, bahwa papan iklan di pinggir jalan sudah tidak se-efektif dulu, sehingga banyak orang yang sudah tidak lagi menggunakannya, khususnya para pelaku usaha yang ingin mengembangkan usahanya. 

Tapi, apakah iya? Penggunaan papan luar ruangan, seperti reklame, baliho atau billboard sudah tidak efektif lagi? Apakah memang lebih baik beriklan melalui online saja? Simak informasinya berikut ini.
Sumber gambar: tribunnews.com


Iklan Papan Billboard Sudah Tidak Efektif?

Sebelum mengambil kesimpulan, Jenis iklan di luar ruangan sudah tidak efektif lagi Atau tidak, coba perhatikan gambar dari papan iklan di atas. Merasa tidak asing dengan papan iklan tersebut? Mari kita close-up iklan tersebut.

Ternyata, iklan yang viral itu merupakan iklan dari salah satu start-up Decacorn pertama di Indonesia, GO-JEK.

Iklan reklame di atas sempat menjadi viral dan menjadi bahan perbincangan di kalangan masyarakat, mengingat iklan tersebut cukup sederhana, yaitu hanya berupa kalimat-kalimat yang dirangkai panjang, dan bertolak belakang dengan konsep iklan jalanan pada umumnya.

Iklan luar ruangan haruslah ringkas, padat, dan jelas. Hal Ini karena iklan luar ruangan, menerapkan metode “glare at once”, artinya Informasi yang ada di dalam iklan luar tersebut harus bisa dipahami oleh siapapun yang melihatnya dalam sekali lirikan.

Hal di atas menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku bisnis tersebut, agar bisa menarik perhatian pengguna jalan.

Tapi, bagaimana iklan GO-JEK di atas mampu membius orang-orang yang melihatnya, dan bahkan menjadi viral? Jawabannya adalah pemilihan lokasi yang tepat, dan copywriting yang relatable.

Lokasi Kuningan memang sengaja dipilih karena Kuningan sangat rawan macet, khususnya saat jam pulang kantor. Pengguna jalan yang terjebak macet tersebut, tidak memiliki pilihan lain selain memperhatikan kiri kanannya, ya kan?

Dengan memasang iklan di tempat yang sering terjadi kemacetan, besar kemungkinan para pengguna jalan untuk memperhatikan iklan-iklan di pinggir jalan. GO-JEK melihat peluang emas itu dan langsung membuat iklan reklame yang sederhana.

Tidak ada efek-efek yang membuat orang takjub, dan tidak ada juga gambar pendukung yang keren. GO-JEK cukup merangkai kalimat yang super panjang dengan latar belakang warna putih, serta menggunakan ukuran dan jenis font yang pas berwarna hitam.

Adanya iklan reklame ini membuat jumlah pengguna GO-JEK melejit. Banyak platform berita dan forum diskusi yang membicarakan tentang betapa unik dan menariknya iklan GO-JEK tersebut. Sungguh luar biasa, kan?

3 Keuntungan Menggunakan Iklan Jenis Luar Ruangan

Ada 3 keuntungan dalam menggunakan jasa iklan luar ruangan, yang bisa menjadi bahan pertimbangan Sobat Lakuuu.

1.    Iklan Luar Ruangan Sangat Efektif Membangun Brand Awareness

Billboard atau papan iklan luar ruangan memang tidak se-efektif iklan online yang bisa langsung mengarahkan audiens ke halaman Atau media sosial tertentu, dan mempermudah transaksi.

Tapi, jika Sobat Lakuuu bertujuan untuk membangun brand awareness perusahaan, maka jenis iklan reklame, billboard, atau baliho akan sangat efektif digunakan.

Hal di atas disebabkan, karena orang-orang tersebut akan selalu melihat papan iklan di sejumlah titik jalanan, sehingga nama merek Atau brand tertanam kuat diingatan.

Agar bisa menembus goal ini, pemilihan copy yang tepat, Serta visual yang eye-catchy harus diterapkan.

2.    Menjangkau Audiens yang Beragam

Iklan luar ruangan memungkinkan suatu perusahaan atau merek untuk menjangkau lebih banyak audiens dalam Jumlah yang masif hanya dengan menerapkan satu strategi.

Alih-alih menghabiskan waktu dan modal ekstra untuk mengidentifikasi dan meneliti kelompok target pelanggan khusus, papan reklame memungkinkan Sobat Lakuuu menjangkau sebagian besar populasi umum yang beragam.

Hal Ini akan menjadi keuntungan tersendiri bagi kelangsungan bisnis, mengingat konsumen yang berpotensi akan langsung mendatangi Sobat Lakuuu.

3.    Banyak Orang yang Akan Melihatnya

Sama seperti iklan GO-JEK di atas, iklan outdoor akan sangat efektif jika diletakkan di kawasan yang rentan dengan kemacetan lalu lintasnya. Itu artinya, akan semakin banyak orang yang membaca iklan reklame Sobat Lakuuu dan berpotensi besar mendatangkan leads.

Orang-orang memiliki pilihan untuk “Skip Ads” atau memilih untuk tidak menyukai iklan tertentu yang tiba-tiba muncul di halaman website tertentu, tapi mereka tidak bisa untuk tidak melihat ke arah papan iklan reklame, mengingat mereka pasti akan melewati jalan tersebut.