Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

7 Tips Belanja Online Aman Agar Terhindar Dari Penipuan

by Lakuuu Team 9 October 2021

tips-belanja-online-aman
Tren kegiatan belanja online semakin meningkat, khususnya sejak pandemi covid-19 menyerang. Hal ini juga dampak dari adanya peraturan pemerintah yang mengharuskan seluruh warganya untuk tetap berada di dalam rumah.

Memang, ada begitu banyak kelebihan yang ditawarkan saat belanja secara daring. Seperti tidak perlu capek keluar rumah, dapat diakses di mana saja dan kapan saja, serta banyaknya promo-promo yang diadakan.

Namun, sayangnya, banyak pihak yang memanfaatkan kemudahan tersebut, demi meraup keuntungan dan merugikan orang lain.

Tips Aman Belanja Online


Memang, belanja lewat online memiliki resiko yang cukup tinggi. Misalnya, tidak bisa menyentuh barangnya langsung, mencoba produk yang dijual, atau yang lebih buruk, ditipu setelah melakukan pembayaran.

Namun, Sobat Lakuuu jangan khawatir. Ada beberapa tips yang bisa Sobat Lakuuu terapkan agar merasa aman dan nyaman, saat transaksi online. Apa saja tips-tips itu? Ketahui selengkapnya di bawah!

1. Pastikan Reputasi Penjual

Gambar: Tokopedia Merchandise
Reputasi penjual bagaikan gambaran secara umum bagaimana si penjual melayani para pembeli nya, dan bagaimana kualitas produk yang mereka jual.

Jika Sobat Lakuuu membeli produk melalui marketplace, biasanya terdapat ringkasan toko yang mencangkup lamanya pesan dibalas, jumlah followers, jumlah bintang, dan kepuasan pembeli secara keseluruhan.

2. Periksa Ulasan atau Testimoni

Setelah Sobat Lakuuu melihat reputasi penjual, jangan lewatkan untuk memeriksa bagian testimoni atau ulasan yang ada.


Gambar: Tokopedia Merchandise
Perhatikan jumlah skor yang tercantum di bagian ulasan. Berapa banyak jumlah pembeli yang puas, dan berapa jumlah pembeli yang tidak puas dengan toko tersebut.

Jika jumlah pembeli yang tidak puas lebih banyak daripada pembeli yang senang, maka ucapkan selamat tinggal kepada toko itu.

Simaklah ulasan tersebut satu persatu, dan lihat juga gambar yang dikirimkan oleh pembeli yang telah membeli barang di sana.

3. Jangan Tergiur dengan Harga

Gambar: https://www.pexels.com/@sora-shimazaki
Harga murah memang sangat menggiurkan, tapi terkadang harga yang murah bisa menjebak dan membawa petaka kepada Sobat Lakuuu.

Layaknya seperti membeli di toko offline, cobalah bandingkan produk yang sama dengan toko-toko yang lain. Apakah harga dari toko sebelumnya masih masuk akal, ataukah terlalu murah.

Apabila selisih harganya sedikit atau beda beberapa rupiah, maka hal ini sangatlah wajar. Akan berbeda ceritanya, jika barang tersebut terlalu murah atau jauh dari harga rata-rata pasar.

4. Rajin Membaca Deskripsi Produk

Gambar: https://unsplash.com/@charlesdeluvio
Banyak pembeli yang kurang membaca dan memperhatikan deskripsi produk. Padahal, membaca deskripsi sangatlah penting dalam kegiatan jual beli online.

Deskripsi produk umumnya menggambarkan bagaimana produk tersebut dibuat, apa saja warna yang tersedia, bahan atau material apa yang digunakan, masa kadaluarsa produk, dan penjelasan penting lainnya.

Jika Sobat Lakuuu masih bingung atau dirasa deskripsi produk ini tidak lengkap, jangan sungkan bertanya dengan memanfaatkan fitur chat atau mengirimkan pesan kepada penjual.

5. Baca Juga Syarat dan Ketentuan

Gambar: https://unsplash.com/@markuswinkler
Setiap toko pasti memiliki syarat dan ketentuan yang berlaku, seperti syarat pembelian, ketentuan penukaran produk, dan lain sebagainya.

Ada beberapa penjual yang meletakkan syarat dan ketentuan ini dibagian deskripsi produk. Namun, tak sedikit juga yang meletakkanya di deskripsi toko dan membuat halaman secara terpisah. Cermati syarat dan ketentuan yang berlaku di toko tersebut, agar jika ada kerusakan atau produk tidak sesuai, maka Sobat Lakuuu dapat melakukan pengaduan dengan mudah.

6. Jangan Transfer Langsung

Gambar: https://unsplash.com/@techdailyca
Sangat riskan apabila Sobat Lakuuu melakukan pembelian di luar marketplace, mengingat marketplace adalah jembatan antara pembeli dan penjual.

Kehadiran marketplace berfungsi untuk meminimalisir adanya penipuan.

Marketplace tidak akan menyerahkan uang ke penjual, apabila barang yang dipesan belum sampai ke tangan pembeli.

Tapi, apabila Sobat Lakuuu berbelanja di luar marketplace, contohnya melalui platform media sosial, cobalah untuk memeriksa sekali lagi testimoni dan reputasi toko tersebut.

Akan sangat meyakinkan lagi, apabila toko tersebut memiliki website jualan sendiri yang telah terintegrasi dengan sistem pembayaran.

Jika dirasa sudah cukup terpercaya, maka Sobat Lakuuu bisa melakukan pengiriman uang ke toko tersebut.

7. Paket Sampai? Saatnya Periksa Kondisi Barang dan Hancurkan Data Pribadi

Gambar: https://unsplash.com/@mildlee
Saat barang sudah sampai, jangan buru-buru menggunakannya tanpa memeriksa kondisi barang terlebih dahulu.

Perhatikan apakah barang yang Sobat Lakuuu terima sudah sesuai dengan apa yang dipesan. Pastikan juga tidak ada kerusakan major dan minor pada produk tersebut.

Apabila ada kerusakan, bergegaslah untuk melaporkannya agar dapat ditangani lebih lanjut.

Kemudian, jangan lupa untuk menghancurkan data pribadi yang tertera di kemasan pengiriman, agar terhindar dari penipuan yang mengatasnamakan Sobat Lakuuu.