Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Tips & Trik

Tips Memilih Media Iklan yang Menarik dan Efektif

by Lakuuu - 7 April 2022

tips-memilih-media-iklan-yang-menarik-dan-efektif

Penyusunan iklan yang menarik adalah langkah awal mencapai kesuksesan bisnis. Sebab, iklan adalah saluran yang menghubungkan keberadaan suatu produk dengan konsumen. Iklan harus bisa menjawab kebutuhan dan permasalahan konsumen.

Iklan merupakan sebuah investasi jangka panjang yang membutuhkan strategi matang. Bukan tidak mungkin Sobat Lakuuu akan meluangkan banyak sumber daya untuk beriklan. Oleh karena itu, iklan juga perlu direncanakan sedemikian rupa agar bisa mendatangkan hasil maksimal.

Selain iklan yang menarik, Sobat Lakuuu perlu juga memperhatikan media atau saluran iklan. Pemilihan media iklan yang tepat dapat meningkatkan efektivitas komunikasi sebuah produk dengan konsumen. Pada tahap lebih lanjut juga dapat mempercepat datangnya keuntungan untuk bisnis yang sedang Sobat Lakuuu bangun sekarang.

Menentukan Iklan Secara Offline atau Online


Menentukan iklan offline atau online mungkin sama pentingnya dengan menentukan harga produk. Jika pilihannya tepat, maka hasil yang didapat juga optimal. Sebaliknya, bila salah perhitungan, maka program periklanan tidak akan menghasilkan apapun.

Untuk zaman sekarang media online, seperti internet dan media sosial mungkin menjadi primadona lantaran harga terjangkau dan fleksibilitas yang ditawarkan. Iklan online juga memungkinkan adanya variasi bentuk konten iklan. Konten berupa video, teks, audio, hingga animasi bisa secara mudah disampaikan secara online.

Namun, ada sejumlah produk yang menuntut adanya iklan secara offline, seperti baliho, televisi, radio, koran, hingga event. Khususnya, untuk produk-produk berskala massal dan punya target pasar luas. Sobat Lakuuu bisa menggunakan materi iklan teks maupun audio-video pada saluran yang berbeda tergantung dengan target pasar.

Sobat Lakuuu juga bisa bekerja sama dengan agensi atau biro periklanan. Agensi adalah perusahaan yang menyediakan jasa riset dan konsultasi tentang pemasaran.

Nantinya, perusahaan tersebut akan mengembangkan sejumlah pertanyaan tentang produk dan pasar bisa memilih media yang tepat untuk berpromosi. Bahkan, mereka juga menyediakan jasa dan materi promosi. Tentu saja anggaran lebih perlu disiapkan sebelum memutuskan bekerja sama dengan agensi periklanan.

Iklan yang Menarik Dimulai dari Konten


Sebelum memilih media iklan, Sobat Lakuuu harus memastikan bahwa materi atau konten iklan punya muatan menarik. Hal ini penting karena juga berkaitan dengan media yang akan digunakan. Sebab, perlu diketahui, masing-masing media punya karakteristik khalayak yang menuntut adanya pendekatan berbeda.

Menarik dalam pembahasan tulisan ini adalah mudah dipahami dan tidak cepat dilupakan. Seolah-olah orang yang mengetahui atau membaca materi iklan tersebut langsung mengerti maksudnya dan terdorong untuk segera melakukan pembelian.

Soal konten iklan yang menarik berkaitan dengan kreativitas Sobat Lakuuu. Jika materi iklan terbatas pada teks atau tulisan, maka pilihan yang tepat adalah menggunakan media cetak baik offline maupun online.

Pilihan tersebut terbilang lebih efektif dan lebih murah. Namun, jika konten iklan berupa video dan audio, pilihan media dijatuhkan kepada di situs video online seperti TV atau YouTube. Tujuannya untuk menjangkau pasar produk yang lebih luas.

Sementara itu, jika Sobat Lakuuu menggunakan audio, media iklan yang dipilih adalah radio, baik lokal maupun nasional, tergantung pada sasaran pasar pembeli yang potensial.

Pemilihan media iklan memang terlihat sepele. Namun demikian, Sobat Lakuuu harus tetap membuat perhitungan dan perencanaan matang agar hasil iklan yang menarik yang didapatkan bisa maksimal.

Jangan Lupakan Anggaran dan Biaya


Periklanan dan promosi merupakan investasi jangka panjang. Hasilnya tidak bisa diharapkan datang dalam waktu sekejap. Sebab, konsumen butuh waktu untuk belajar memahami keunggulan dan kelemahan suatu produk. Kecuali, bila produk yang dimaksud tergolong sudah lama eksis dan telah memiliki ikatan kuat dengan konsumen.

Melihat pentingnya hal tersebut, beberapa produsen sampai-sampai menginvestasikan banyak uang untuk menyebarluaskan informasi soal produknya. Mereka ingin produk tersebut dikenal seluas-luasnya agar potensi pendapatan semakin besar.

Namun demikian, perlu Sobat Lakuuu ketahui bahwa itu bukanlah keputusan bijak. Program promosi dan periklanan memang butuh anggaran. Tetapi, anggaran tersebut idealnya dibelanjakan secara strategis dan bijak.

Jika sebaliknya, proses komunikasi iklan tidak akan berlangsung sesuai harapan. Anggaran periklanan harus disesuaikan dengan skala bisnis dan karakter target pasar.

Iklan dan promosi tentunya membutuhkan anggaran tertentu untuk mempromosikan suatu produk kepada konsumen. Ini tergantung pada anggaran yang dimiliki, karena berbagai jenis media memiliki harga yang berbeda.

Sebagai contoh, jika perusahaan besar dengan anggaran ratusan hingga miliaran rupiah, maka untuk periklanan di TV nasional menjadi cukup mungkin. Beriklanan di TV nasional memang membutuhkan biaya sangat besar, namun punya dampak yang juga besar karena luasnya jangkauan siar. Itu artinya, beriklan di TV nasional bagi perusahaan besar dapat dianggap cukup efektif.

Sebaliknya, jika hanya memiliki modal ratusan ribu atau jutaan, memasang iklan di Internet, media sosial dirasa lebih cocok. Khusus iklan di internet, Sobat Lakuuu bahkan bisa menentukan profil segmentasi pasar berdasarkan minat dan juga wilayah geografis.

Harga yang ditawarkan juga relatif terjangkau jika dibandingkan media konvensional. Dengan demikian, media ini akan berjalan efektif untuk perusahaan kecil hingga menengah karena lebih tepat sasaran dan hemat anggaran tentunya dengan iklan yang menarik.
Bagikan artikel

Artikel Terkait

memilih-nama-dan-logo-brand-bisnis
Tips & Trik
Tips Memilih Nama dan Logo Brand Bisnis Kamu
Ketika kita hendak membangun suatu bisnis, salah satu langkah awal yang harus dilakukan adalah menentukan nama dan logo dari bisnis...
foto-produk-fashion-yang-menarik
Tips & Trik
Perhatikan 7 Hal Penting Ini Untuk Mendapatkan Hasil Foto Produk Fashion yang Menarik
Sobat Lakuuu, cara terbaik untuk meningkatkan penjualan bisnis selain melakukan branding adalah dengan menghasilkan foto produk katalog yang mampu ...
rahasia-sukses-berjualan-di-website
Tips & Trik
Kupas Sampai Tuntas 5 Rahasia Sukses Berjualan di Website
Sobat Lakuuu tertarik dengan bisnis perniagaan online? Sudah tahu belum rahasia sukses berjualan di website? Atau malah ...
penggunaan-website-untuk-tujuan-marketing
Insight
Cara Memaksimalkan Penggunaan Website Untuk Tujuan Marketing
Cara memaksimalkan penggunaan website untuk tujuan marketing merupakan cara yang selalu dicari para pelaku bisnis. Hal ini untuk ...