Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

7 Tips Mengelola Toko Online yang Wajib Seller Ketahui!

by Lakuuu Team 7 August 2021

tips-mengelola-toko-online
Saat ini, aktivitas yang dilakukan orang kebanyakan secara online. Tak salah jika toko online semakin menjamur, untuk memenuhi kebutuhan berbagai kalangan masyarakat. Jika Sobat Lakuuu salah satu yang sudah memilikinya, jangan senang dulu! Untuk bertahan lama perlu cara mengelola toko online yang benar, kalau tidak maka bisa saja bisnis Sobat Lakuuu akan segera kandas di tengah jalan.

Hanya orang yang berhasil menjalankan bisnis di toko online dengan cara tepatlah, yang bisa mendapatkan keuntungan besar untuk jangka panjang. Apakah Sobat Lakuuu mau jadi salah satunya? Cek tips mengelola toko online berikut ini.

1.        Identifikasi Konsumen dan Kompetitor

Lakukan identifikasi secara berkala soal karakter konsumen. Caranya dengan evaluasi transaksi yang sudah dilakukan selama ini, kemudian lihat kebiasaan konsumen saat membeli. Meinimalisir keluhan yang pernah dirasakan konsumen, supaya pada transaksi berikutnya mereka menjadi lebih puas.

Sama halnya dengan kompetitor, toko online lain yang memiliki produk sejenis dengan toko Sobat Lakuuu adalah kompetitor. Coba cek, bagaimana cara mereka menarik pelanggan, kenapa konsumen memilih produk mereka, hingga harga yang ditawarkan dari produk kompetitor. Lakukan hal-hal yang tidak sama dengan kompetitor, pastinya yang lebih baik. Supaya konsumen tertarik untuk berbelanja ke toko Sobat Lakuuu.

2.        Konsisten Upload Produk

Jangan pikir, sekali upload produk saja semua akan selesai. Dalam platform online Sobat Lakuuu harus konsisten melakukan upload produk setiap hari, walaupun produknya itu-itu saja namun konsistenlah memperkenalkan produk dari berbagai sudut pandang, Sehingga, konsumen menjadi tertarik dan akhirnya membeli. Yang penting, deskripsi lengkapnya tetap tersedia.

Misalnya, untuk produk pakaian anak bisa Sobat Lakuuu upload dengan tambahan keterangan menarik setiap hari dan pastinya berbeda. Ini adalah cara agar toko Sobat Lakuuu selalu masuk dalam penilaian mesin pencari sekelas Google, juga memberikan penilaian positif dari konsumen yang akan menilai bahwa toko Sobat Lakuuu selalu ada dan siap melayani mereka kapan saja.

3.        Desain Toko

Jangan hanya menyerahkan desain dengan platform gratisan. Sobat Lakuuu perlu membenahi desain dengan cara yang tepat, mulai dari template yang disesuaikan dengan jenis produk. Kemudian buat konsumen mudah untuk memilih produk, dengan navigasi yang tersedia.

Selain itu, pilih warna-warna menarik yang eye catching untuk membuat konsumen tertarik mengunjungi toko Sobat Lakuuu. Caranya, bisa dengan membeli template yang banyak dijual melalui berbagai situs. Kemudian lakukan survei ke berbagai marketplace untuk mengetahui seperti apa navigasi yang diberikan untuk memudahkan konsumen.

4.        Platform Efisien

Saat ini Sobat Lakuuu bisa membuat Toko online sendiri menggunakan berbagai aplikasi pendukung, tidak melulu harus bergantung pada marketplace yang persaingannya sangat luar biasa.

Pilih platform yang tepat dan efisien digunakan. Contoh, Sobat Lakuuu bisa menggunakan website builder yang menyediakan fitur pembuatan toko sendiri lengkap dengan pengelolaan pembayaran yang juga sangat aman.

Jadi, hanya dengan satu platform saja Sobat Lakuuu bisa mengidentifikasi order hingga menerima pembayaran dengan mudah.

5.        Promosi di Media Sosial

Jangan hanya berkutat dengan toko online, lakukan promosi rutin melalui semua media sosial yang Sobat Lakuuu punya untuk memperluas jangkauan pemasaran. Bisa dengan membuat status dan sisipkan link toko online agar orang bisa langsung masuk ke halaman toko online Sobat Lakuuu.

Kemudian, buatlah promo secara berkala sebagai salah satu cara promosi yag tepat di media sosial. Kebanyakan orang, akan mencari produk murah dan berkualitas dengan tambahan bonus yang mereka butuhkan.

6.        Konten Marketing

Kenapa perlu konten? Jika hanya berkutat pada promosi produk maka saat penjaringan di mesin pencari seperti Google, Sobat Lakuuu akan kalah bersaing. Jadi, buatlah konten-konten menarik sesuai dengan produk yang dijual.

Lalu posting secara rutin, supaya orang semakin sering berkunjung ke toko online Sobat Lakuuu dan mendapatkan manfaat dari konten yang disuguhkan. Baik itu berupa artikel, video, maupun rangkaian gambar yang mengedukasi konsumen.

7.        Selalu Update

Sobat Lakuuu harus selalu update tentang kondisi terbaru dari produk yang Sobat Lakuuu jual. Sehingga orang akan menilai bahwa toko Sobat Lakuuu selalu memberikan produk kekinian. Contohnya, soal warna dan desain pakaian wanita yang sedang tren.

Sobat Lakuuu perlu mengetahuinya sehingga saat promosi jadi lebih mudah diterima konsumen.Begitu juga dengan pemanfaatan momen-momen tertentu, agar keuntungan yang didapat lebih banyak. Seperti, promo akhir tahun untuk produk tertentu.

Mulai sekarang, kelola toko online dengan cara yang tepat. Jika memang Sobat Lakuuu ingin menjadikannya bisnis jangka panjang. Jangan hanya puas karena bisa menerima order setiap hari, karena tanpa tujuh tips di atas maka toko Sobat Lakuuu akan jalan di tempat sementara kompetitor sudah seratus langkah di depan Sobat Lakuuu.