Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Tips & Trik

Tips Penulisan Harga Produk yang Benar

by Lakuuu Team - 24 August 2021

tips-penulisan-harga-produk
Menentukan harga produk memanglah menjadi masalah tersendiri, apalagi ketika akan memulai masuk ke dalam dunia pemasaran. Sebab para pebisnis harus bisa mengetahui harga yang sesuai dengan harga pasaran pula.

Apalagi jika produk yang Sobat Lakuuu itu akan diberikan diskon atau potongan harga tertentu. Sehingga dalam penulisannya juga harus sesuai dan tepat supaya dapat menarik minat pembeli.

Diskon sendiri adalah sesuatu hal yang sangat menarik, karena dengannya para pelanggan akan tergiur. Selain itu diskon juga menjadi salah satu strategi promosi yang sangat efektif karena menjanjikan.

Bagi Sobat Lakuuu yang saat ini sedang membuka atau menjalankan sebuah usaha, maka menentukan harga adalah hal yang penting. Diperlukan pengetahuan khusus supaya harganya tidak salah agar bisa menarik perhatian orang banyak.

Cara Menulis Harga Produk yang Benar Agar Banyak yang Tertarik

Menentukan harga jual merupakan keputusan paling penting di dalam dunia perbisnisan. Hal ini karena harga jual-lah yang akan memberi pengaruh besar terhadap strategi pemasaran jasa atau produk.

Nah untuk bisa menentukan harga jual sendiri memang bukanlah perkara yang mudah untuk Sobat Lakuuu lakukan. Sebab, ada banyak cara yang harus diterapkan agar harga produk tersebut sesuai dengan harga yang ada di pasaran.

Sobat Lakuuu juga harus tahu bahwa harga adalah hal yang memiliki peran sangat penting pada usaha, apalagi untuk berdagang. Sementara itu, bagi para pembeli, ketentuan akan harga ini dijadikan sebagai parameter untuk menilai produk tersebut.

Oleh karena itu, Sobat Lakuuu harus memiliki banyak taktik dalam menulis maupun menetapkan harga dari produk tersebut. Untuk bisa menulis harga tersebut, Sobat Lakuuu cukup bermain atau mengetahui psikologi pelanggan.

Artinya Sobat Lakuuu perlu memberi ilusi pada harga yang bisa menarik perhatian para konsumen untuk membeli produk. Lalu bagaimana cara membuatnya? Berikut penjelasannya!

Gunakan Nominal Ganjil

Sobat Lakuuu bisa menggunakan nominal yang ganjil dan sedikit rendah dari harga produk yang Sobat Lakuuu targetkan. Sebagai contoh Sobat Lakuuu aka menargetkan satu produk dengan harga Rp 300.000, jadi Sobat Lakuuu bisa menuliskan dengan nominal Rp 299.999.

Menurut dari nilai harga sendiri, ini besarannya sama dengan harga Rp 300.000, dan inilah yang akan memberi efek psikologis berbeda bagi pelanggan. Sebab, mereka akan beranggapan bahwa harga yang sudah tertulis Rp 299.999 ini lebih murah daripada Rp 300.000.

Artinya, ini mampu memberi ilusi di dalam pikiran pelanggan tersebut. Meskipun kenyataannya kedua harga tersebut berbeda satu nilai saja, namun ini terhitung sama.

Ganti Nominal Ribuannya dan Tanda Mata Uang

Di zaman seperti sekarang ini, Sobat Lakuuu tentu sangat sering melihat harga senilai ribuan dengan tulisan tambahan berupa huruf "K". Sebagai contoh harganya adalah Rp 19.000 dan hanya akan ditulis dengan 19K tanpa menggunakan tanda mata uang juga.

Penulisan harga produk inilah, terkadang justru malah banyak dijumpai di toko-toko online. Misalnya seperti di jual beli atau media sosial lain.

Meskipun belum terdapat aturan secara resmi terkait penulisan harga ini, namun gaya penulisan seperti ini sudah populer. Selain itu, gaya penulisan ini justru banyak mengandung unsur psikologis. Artinya bisa menyebabkan banyak pelanggan merasa jauh lebih ringan dengan harga tersebut.

Tetapkan Harga Lebih Tinggi

Pada dasarnya harga yang cukup tinggi terkadang akan memberi image yang sangat berkualitas pada produk tertentu. Menariknya lagi, langkah seperti ini justru telah terbukti di beberapa perusahaan besar sekalipun.

Cara seperti ini juga cocok untuk digunakan pada semua produk yang memang memiliki kualitas sangat tinggi. Namun akan lebih sering taktik ini digunakan untuk produk seperti fashion.

Selain itu, jika semakin mahal harga produk, maka juga akan membuat para pelanggan merasa percaya diri untuk menggunakannya. Dari sinilah Sobat Lakuuu bisa mencoba trik yang satu ini. Namun produk yang Sobat Lakuuu memang benar-benar berkualitas ya!

Gunakan Font Kecil

Selain hanya nilai nominal sebagai ilusinya, ternyata penulisan harga terkadang juga dipengaruhi pula oleh ilusi secara fisik. Artinya ilusi visual seperti ini yaitu Sobat Lakuuu tidak hanya akan menulis harga produk menggunakan angka yang kecil saja.

Melainkan juga dengan menggunakan ukuran font yang kecil, meskipun ini tidak dapat diperhitungkan dengan cara nyata. Namun kenyataannya, ukuran ada font yang sudah tertulis memang bisa berpengaruh pada pola pikir pelanggan terkait harga tersebut.

Sebab, sebagian besar pelanggan justru akan melihat harga yang sudah tertulis menggunakan font besar yang terkesan lebih mahal. Begitu sebaliknya, ukuran font kecil juga akan terlihat lebih murah.

Meskipun sebagian besar orang ada yang peka terhadap cara tersebut, namun kenyataannya banyak konsumen yang terbius dengan harga produk tersebut. Jadi Sobat Lakuuu sebagai seorang bisnis, sangat penting untuk bisa menentukan harga jual dan cara penulisan yang sesuai pula.
Bagikan artikel

Artikel Terkait

foto-produk-fashion-yang-menarik
Tips & Trik
Perhatikan 7 Hal Penting Ini Untuk Mendapatkan Hasil Foto Produk Fashion yang Menarik
Sobat Lakuuu, cara terbaik untuk meningkatkan penjualan bisnis selain melakukan branding adalah dengan menghasilkan foto produk katalog yang mampu ...
memilih-nama-dan-logo-brand-bisnis
Tips & Trik
Tips Memilih Nama dan Logo Brand Bisnis Kamu
Ketika kita hendak membangun suatu bisnis, salah satu langkah awal yang harus dilakukan adalah menentukan nama dan logo dari bisnis...
rahasia-sukses-berjualan-di-website
Tips & Trik
Kupas Sampai Tuntas 5 Rahasia Sukses Berjualan di Website
Sobat Lakuuu tertarik dengan bisnis perniagaan online? Sudah tahu belum rahasia sukses berjualan di website? Atau malah ...
membuat-copywriting-terlihat-menarik
Tips & Trik
5 Cara Agar Membuat Copywriting Terlihat Menarik
Perlunya membuat copywriting terlihat menarik. Copywriting adalah kegiatan menulis teks yang digunakan untuk ...