Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Tips & Trik

Tips Agar Tetap Produktif Selama WFH

by Lakuuu Team 3 August 2021

tips-produktif-selama-wfh
WFH atau disebut juga dengan Work From Home merupakan salah satu aktivitas yang belakangan ini paling banyak dilakukan pegawai perkantoran. Kegiatan ini memang lebih baik jika dilihat dari situasi sekarang ini. 

Akan tetapi, kegiatan Work From Home ini bisa berdampak juga pada aktivitas harian seperti membuat Sobat Lakuuu menjadi kurang produktif. Nah untuk menjaga diri agar tetap produktif selama menjalankan kegiatan bekerja dari rumah, berikut ini adalah beberapa upaya yang bisa Sobat Lakuuu lakukan.

Bagi Sobat Lakuuu yang ingin tetap produktif selama WFH

Sesungguhnya untuk tetap aktif selama WFH sangat mudah jika Sobat Lakuuu mengetahui dari mana Sobat Lakuuu harus memulainya. Tapi jika Sobat Lakuuu sudah merasa sudah terlanjur terlalu malas, berikut ini adalah beberapa langkah untuk membantu mereset mental dan juga tubuh Sobat Lakuuu.

  • Buat jadwal dan to do list

Salah satu hal yang sangat penting dilakukan supaya Sobat Lakuuu tetap aktif meskipun melakukan kegiatan kerja dari rumah adalah dengan membuat jadwal dan juga list hal yang harus Sobat Lakuuu lakukan esok hari. 

Hal-hal yang perlu Sobat Lakuuu lakukan ini tidak selalu berupa kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaan. Kegiatan-kegiatan bersama keluarga atau kegiatan yang berhubungan dengan aktivitas tubuh seperti olahraga juga bisa Sobat Lakuuu masukkan dalam jadwal dan to do list untuk meningkatkan pencapaian harian. 

Waktu yang tepat untuk membuat jadwal dan juga jenis kegiatan yang harus Sobat Lakuuu lakukan adalah waktu sebelum tidur. Akan lebih baik jika Sobat Lakuuu melakukannya dengan cara menulis secara manual dibanding menggunakan bantuan aplikasi. Menulis dengan cara manual akan membuat Sobat Lakuuu merasa lebih nyaman dan membuat Sobat Lakuuu lebih termotivasi.

  • Bangun pagi

Hal lain yang menarik dan sangat penting dilakukan jika Sobat Lakuuu ingin aktif selama seharian adalah bangun pagi. Bangun pagi ada lebih banyak kegiatan yang bisa Sobat Lakuuu lakukan. Ingat bahwa Sobat Lakuuuu harus bangun pagi dan langsung beraktivitas. Bangun pagi dan langsung bermain ponsel merupakan salah satu kebiasaan buruk. Ini akan berdampak panjang pada aktivitas harian Sobat Laukuu.

Jika mau Sobat Lakuuu bisa bangun pagi dan memulainya dengan meditasi atau olahraga. Kedua hal ini tidak hanya dapat membantu meningkatkan tenaga harian, akan tetapi sangat penting juga untuk membantu meningkatkan imunitas guna menjaga diri dari virus covid-19. 

  • Kurangi gangguan digital

Salah satu hal yang paling penting harus Sobat Lakuuu lakukan jika Sobat Lakuuu ingin menjadi seseorang yang produktif setiap hari adalah dengan mengurangi gangguan digital. Baik itu televisi maupun gadget Sobat Lakuuu. Menghindari ponsel dan hiburan yang berasal dari smartphone memang bukan hal yang mudah dilakukan, tapi Sobat Lakuuu tetap bisa menguranginya sedikit demi sedikit. 

Beberapa cara yang bisa Sobat Lakuuu lakukan untuk mengurangi gangguan digital ini adalah menyeting mute notifikasi dari aplikasi sosial media pengganggu. Cara ini dapat menghindarkan Sobat Lakuuu yang sedang beraktivitas membuka hp dan tersedot ke dalamnya. 

  • Pastikan Sobat Lakuuu mendapatkan istirahat yang cukup

Sangat penting untuk membantu Sobat Lakuuu mereset energi. Untuk itu, pastikan Sobat Lakuuu mendapatkan istirahat malam hari yang cukup. Tujuannya adalah supaya bisa memulai aktivitas keesokan harinya dengan lebih bersemangat. Selain memastikan Sobat Lakuuu mendapatkan tidur yang cukup, Sobat Lakuuu harus selalu memasukan jadwal istirahat di sela kegiatan Sobat Lakuuu.

Sobat Lakuuu perlu tahu bahwa setiap manusia dewasa membutuhkan istirahat tidur malam selama 6 hingga 8 jam saja. Jika Sobat Lakuuu tidur lebih lama dari ukuran tersebut, waktu WFH Sobat Lakuuu bukannya lebih aktif tapi malah akan terasa lunglai letih dan lesu.