Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Tips & Trik

Tips Sukses Merintis Bisnis Peralatan Olahraga secara Online

by Lakuuu - 13 April 2022

tips-sukses-merintis-bisnis-peralatan-olahraga-secara-online

Kehidupan modern semakin berkembang di kalangan masyarakat, bisnis peralatan olahraga tidak lepas dari gaya hidup sehat saat ini. Menggunakan peralatan dianggap lebih mudah dan praktis untuk kapan saja.

Melihat kemudahan ini, para pebisnis sepertinya harus mulai melihat kesempatan dan memanfaatkannya sebaik mungkin. Walaupun keberadaan sport item bisa ditemui dimana-mana tidak ada salahnya untuk mencoba usaha ini.

Usaha ini bisa jadi adalah salah satu pilihan paling baik, terutama untuk jangka panjang, ketika kesadaran masyarakat akan hidup sehat juga berkembang. Untuk memperoleh modal, bisa dari tabungan pribadi.

Keberadaan toko jual beli peralatan kebugaran akan sangat diminati, terlebih ketika ada event pertandingan seperti olimpiade, thomas cup, piala dunia, dan sebagainya. Setiap musim, pasti muncul fans dari berbagai kalangan.


Tips Bisnis Peralatan Olahraga dari Awal


Membuka peluang bisnis toko olahraga sepertinya sangat menguntungkan, dimana masyarakat berlomba-lomba menjaga kebugaran badannya saat ini. Dengan menghadirkan peralatan lengkap, begini tips dan strategi jitunya agar sukses.

1.  Mempersiapkan Modal Awal

Modal merupakan hal paling penting ketika Sobat Lakuuu ingin merintis sebuah usaha, apapun itu. Anggaran atau modal ini bergantung pada jenis produk, besarnya lahan sewa, serta jaringan bisnis.

2.  Menentukan Jenis dan Variasi Perlengkapan Kebugaran

Apabila sudah mempersiapkan dana cukup di awal usaha, maka tinggal menentukan jenis produk apa yang akan ditawarkan pada para pelanggan. Usahakan menyediakan perlengkapan secara general, karena akan lebih menguntungkan.

3.  Menentukan Lokasi Berjualan

Supaya ramai dikunjungi oleh para calon konsumen, Sobat Lakuuu harus mempertimbangkan kawasan strategis seperti dekat pusat perbelanjaan atau daerah lainnya. Jika sudah memilih lokasi, peluang toko dilihat banyak orang meningkat.

4.  Menggunakan Nama Toko yang Mudah Diingat

Meskipun akan ada berbagai macam perlengkapan kebugaran di toko, namun pastikan untuk memilih satu nama unik. Nama adalah sebuah identitas juga image dari sebuah usaha yang sedang dijalankan.

5.  Mengikuti Tren Masa Kini

Ketika semuanya sudah pada tempat, sekarang waktunya untuk mengembangkan usaha sesuai dengan tren, namun tidak boleh sembarangan. Perhitungan dengan matang dan baik agar tidak menjadi kerugian.

6.  Membuat Toko Online di E-commerce

Membuka sebuah toko online di Shopee, Tokopedia, atau Lazada bisa dilakukan dengan mudah asalkan mengetahui kiat-kiatnya. Bila perlu, sediakan tenaga khusus untuk me-manage toko online agar bekerja dengan baik.

7.  Mempertahankan Keberadaan Usaha

Apabila semua strategi berhasil dan berjalan, sudah saatnya untuk mempertahankan eksistensi bisnis tersebut. Berikan pelayanan terbaik, profesional, serta merespon segala keluhan konsumen dengan hati-hati, serta memanfaatkan media online sebaik-baiknya.

Modal Bisnis Peralatan Olahraga, Perlu Berapa?


Jika memutuskan menjual bermacam-macam produk, maka modal dan keuntungan di masa depan juga harus besar. Mengumpulkan modal sangatlah penting, sehingga usaha tersebut bisa berkembang waktu demi waktu.

Berikut hitungan kasar modal membuka toko olahraga, hitungan ini bisa berubah sesuai skala usaha Sobat Lakuuu:

1.  Meja, kursi, dan peralatan pendukung lain: Rp 6.000.000

2.  Hanger: Rp 500.000

3.  Kaca Etalase: Rp 600.000

4.  Rak Pakaian: Rp 8.500.000

5.  Rak Sepatu: Rp 3.500.000

6.  Mesin Kasir: Rp 1.500.000

7.  Meja Kasir: Rp 1.000.000

8.  Mannequin: Rp 1.250.000

9.  Keranjang Bola: Rp 750.000

10.  Air Conditioner: Rp 2.500.000

11.  Peralatan Kebersihan: Rp 250.000

Jika di total semua, maka modal awal untuk membuka bisnis peralatan olahraga ini adalah sekitar Rp 26.350.000, belum termasuk lain-lain. Penambahan biaya meliputi, sewa gedung, biaya perawatan, beban listrik, dan sebagainya.

Supaya lebih optimal, siapkan dana cadangan atau lebihan di masa mendatang untuk mengatasi kebutuhan tidak terduga di masa depan. Modal sebesar itu harus dimanfaatkan sebaik-baiknya agar menghasilkan keuntungan lebih banyak.

Jika sehari estimasi pendapatan kotor adalah sebesar Rp 1.000.000, maka dalam satu bulan usaha tersebut bisa menghasilkan Rp 30.000.000 (kotor). Belum lagi ditambahkan dengan pendapatan toko online di e-commerce.

Apabila bisnis sudah berjalan lancar, usahakan untuk menjalankan program membership dengan berbagai benefit. Tujuannya adalah untuk mendapatkan database konsumen, menjaga agar pendapatan selalu stabil setiap periode waktu.

Manajemen toko, baik online maupun offline juga perlu diperhatikan, mulai dari kebersihan, kelengkapan peralatan, kondisi interior, serta keadaan eksterior. Buatlah pelanggan betah berlama-lama menghabiskan waktu di toko Sobat Lakuuu.

Untuk toko online, buatlah penawaran khusus seperti diskon setiap tanggal kembar, cashback, gratis ongkos kirim, serta lain-lain. Hal ini akan membantu konsumen mempertimbangkan bahwa produk toko Sobat Lakuuu layak dibeli.

Bisnis Peralatan Olahraga, Apa Peluang Lainnya?


Selain membuka usaha di bidang perlengkapan kebugaran, Sobat Lakuuu ternyata masih bisa mengembangkan sayap di bidang yang sama. Misalnya menyewakan arena untuk berolahraga, seperti lapangan sepak bola atau tempat lain.

Apabila mempunyai pengetahuan lebih atau pernah berkuliah olahraga, menjadi konsultan atlet, pelatih, atau trainer juga dapat dilakukan. Justru tidak membutuhkan modal besar, gunakan pengetahuan dan keterampilan saja.

Masih banyak peluang usaha lain yang dapat dimanfaatkan secara maksimal, karena kesempatan ada di sepanjang perjalanan. Bisnis peralatan olahraga secara online hanyalah satu dari banyaknya pilihan.
Bagikan artikel

Artikel Terkait

keuntungan-memiliki-website
Insight
Alasan dan Keuntungan Memiliki Website untuk Bisnis Anda
Bagi pemain baru dalam dunia bisnis, dapat memiliki website merupakan salah satu bentuk kesiapan dalam berkompetisi dengan kompetitor lainnya di dunia online. Konsumen pun dapat melihatnya sebagai bentuk kemapanan bisnis kamu
tren-bisnis-online-2021
Insight
Tren Bisnis Online di Tahun 2021
Dalam dunia bisnis, terdapat tren yang tak dapat dipungkiri membawa...
model-bisnis-online-terbaik
Insight
Menentukan Model Bisnis Online Terbaik di antara Social Commerce, Marketplace, dan Website Commerce
Berkembangnya kecanggihan teknologi di era yang semakin maju, aktivitas jual-beli di pasar tradisional sedikit ditinggalkan...
persiapan-memulai-usaha
Insight
Persiapan Memulai Usaha Apapun dengan Meminimalisir Risiko
Persiapan memulai usaha sangat penting untuk dilakukan, lho. Baik itu usaha kuliner, wisata, jasa, atau jual beli barang apapun. Peluang dalam sebuah usaha sangat luas...