Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
UMKM

Tips Sukses UMKM, dan Cara Mendistribusinya pada Toko Retail

by Lakuuu - 4 April 2022

tips-sukses-umkm-dan-cara-mendistribusinya-pada-toko-retail
Tips Sukses UMKM, dicari masyarakat karena tuntutan keadaan yang mengharuskan bergerak cepat jika tidak ingin kalah dari kompetitor lainnya. Istilah UMKM sendiri kini menjadi sangat kental hubungannya dengan perekonomian Indonesia.

Dalam proses pengembangan ekonomi masing-masing individu atau kelompok, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah memiliki peminat dengan jumlah paling besar. Ragam usahanya juga sangat banyak.

Bukan tanpa sebab masyarakat bisa melirik usaha seperti ini, tetapi karena sistemnya terbukti mampu menahan segala guncangan krisis ekonomi. Sehingga perannya menjadi sangat penting.

Bahkan kriteria dan ketentuannya sudah diatur ke dalam undang-undang UMKM, serta menjadi visi lain untuk melakukan penguatan kelompok ini.

Pengertian dari UMKM, Usaha Kecil dengan Peluang Besar


Sebelum memasuki penjelasan tips sukses UMKM, ada baikanya mengetahui secara rinci terlebih dahulu arti daripadanya. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah ini merupakan praktik paling populer karena perkembangannya bisa mengikuti tren.

Dalam segala kelangsungan proses praktiknya, UMKM menjadi sektor penguat bisnis perekonomian negara. Usaha yang masuk ke dalam kategori ini juga digerakan oleh individu, rumah tangga, atau badan usaha kecil.

Omset yang didapat per tahun menjadi cara penggolongan hasil, dengan cara membagi jumlah kekayaan atau aset, serta dihitung dari jumlah karyawan.

Namun, tetap saja tidak semua usaha bisa dikategorikan jika jumlah kekayaan bersih atau omset per tahunnya lebih besar dari usaha menengah.

Contoh dari usaha tersebut meliputi usaha patungan, nasional milik negara tau swasta, serta perusahaan asing yang beroperasi di Indonesia. Aturan UMKM berada pada UU Nomor 20 Tahun 2008.

Dalam tips sukses dalam UMKM akan dijelaskan untuk bisa mencapai posisi kesuksesan yang stabil. Adapun ciri yang membedakan usaha ini dengan yang lainnya, yaitu, tempat usaha sektor UMKM bisa berpindah-pindah sewaktu-waktu.


 Tips Sukses UMKM untuk Pemula


Sebagai seorang individu yang merintis sebuah usaha, sudah pasti Sobat Lakuuu menginginkan tips untuk sukses UMKM untuk menuntun aktivitas sehari-harinya. Menjaga kepercayaan pelanggan kepada kualitas produk dan pelayanan itu perlu.

Beberapa tips ini berguna untuk mengantisipasi kendala berkepanjangan ketika UMKN sedang tumbuh dan berkembang. Berikut tipsnya :

1.  Analisa SWOT (Strengths, Weaknesses, Oppurtunities, Threats), sesuai dengan namanya, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengenali kelebihan, kekurangan, peluang serta kemungkinan ancaman yang dimiliki Sobat Lakuuu.

2.  Jangan takut untuk mengeksplor ide kreatif dan beragam inovasi baru. Berani mendirikan UMKM berarti sudah siap bertempur melawan kondisi sekitar. Karena itu diperlukan amunisi kuat dari segi kualitas brand.

3.  Gencar melakukan pemasaran produk atau layanan jasa dengan memanfaatkan platform yang ada, mudahnya adalah media sosial.

4.  Tips sukses UMKM keempat, bergabung dengan komunitas yang menyediakan layanan untuk saling bertukar wawasan serta memperluas link. Selain itu, bergabung dengan komunitas dapat menguatkan semangat Sobat Lakuuu.

5.  Selanjutnya adalah anggaran. Meski dengan modal kecil, maka harus bisa digunakan secara optimal demi membalikan keuntungan berlipat ganda. Kuncinya, yaitu bisa menyusun keuangan secara terstruktur.

6.  Jangan lupa tentang perkembangan zaman yang kini semua hal dilakukan serba digital. Karena itu, Sobat Lakuuu perlu mengasah kembali kemampuan branding melalui marketing digital agar dapat menjangkau konsumen luas.

7.  Satu yang utama adalah menjalin hubungan baik dengan pelanggan. Komunikasi tetap harus dilakukan secara dua arah dengan respon cepat dan jelas agar tidak memancing kesalahpahaman serta harus mempertahankan kualitas.

Cara Mendistribusinya pada Toko Retail


Tips sukses UMKM sudah didapatkan, kini demi menunjang perluasan aktivitas dari segi keuntungan dan pemasaran maka Sobat Lakuuu bisa mencoba memasukannya pada toko retail.

Dalam keputusan ini juga, perlu ditegaskan tidak akan mudah meski sudah memenuhi standar dari kualitas dan nama brandnya. Sehingga cara ini merupakan saran atau tips lain yang diberikan.

Pertama, Sobat Lakuuu harus memiliki sebuah gagasan tegas dan lengkap, jelas maksud juga tujuannya. Pihak toko retail modern tidak memiliki waktu banyak hanya untuk sekedar membantu bisnis UMKM.

Sehingga dari aspek strategi, kemasan, ketertarikan pelanggan semua tergantung dari Sobat Lakuuu. Jika semuanya menarik, maka pihak toko retail kemungkinan besar akan memberikan feedback positif.

Kedua, menyertakan semua sertifikat yang bersangkutan dengan produk. Baik dari kualitas, penawaran dan izin PIRT (Produksi Industri Rumah Tangga). Contoh sertifikat penunjang lainnya adalah, halal, BPOM, serta SNI. 

Ketiga, terbukti memiliki riwayat penjualan produk yang baik. Sehingga akan melancarkan segala proses pertimbangan pihak toko retail untuk UMKM Sobat Lakuuu.

Keempat, memilih toko retail yang tepat. Sebisa mungkin Sobat Lakuuu harus menghindari produk yang sekiranya sama dengan milik pihak toko. Karena mengantisipasi persaingan di dalam.

Kini banyak orang yang beralih memilih membuka usaha mandiri dengan modal kecil. Mencari cara terbaik agar bisa bersaing unggul dengan berbagai kompetitor besar lainnya.

Tentu saja untuk bisa setara atau tidak kalah banding, Sobat Lakuuu membutuhkan ‘ancang-ancang’. Tips Sukses UMKM, dan cara mendistribusinya pada toko retail ini sebagai penuntun langkah para pebisnis untuk menata strategi awal.
Bagikan artikel

Artikel Terkait

keuntungan-memiliki-website
Insight
Alasan dan Keuntungan Memiliki Website untuk Bisnis Anda
Bagi pemain baru dalam dunia bisnis, dapat memiliki website merupakan salah satu bentuk kesiapan dalam berkompetisi dengan kompetitor lainnya di dunia online. Konsumen pun dapat melihatnya sebagai bentuk kemapanan bisnis kamu
tren-bisnis-online-2021
Insight
Tren Bisnis Online di Tahun 2021
Dalam dunia bisnis, terdapat tren yang tak dapat dipungkiri membawa...
model-bisnis-online-terbaik
Insight
Menentukan Model Bisnis Online Terbaik di antara Social Commerce, Marketplace, dan Website Commerce
Berkembangnya kecanggihan teknologi di era yang semakin maju, aktivitas jual-beli di pasar tradisional sedikit ditinggalkan...
persiapan-memulai-usaha
Insight
Persiapan Memulai Usaha Apapun dengan Meminimalisir Risiko
Persiapan memulai usaha sangat penting untuk dilakukan, lho. Baik itu usaha kuliner, wisata, jasa, atau jual beli barang apapun. Peluang dalam sebuah usaha sangat luas...