Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

Tokoh-Tokoh Perdamaian Dunia Yang Melegenda

by Lakuuu Team - 21 September 2021

tokoh-perdamaian-dunia
Semua umat manusia yang berada di bumi tentu saja mengharapkan perdamaian dunia. Dengan perdamaian maka kehidupan terasa lebih aman dan tenang. Mungkin kita sering mendengarkan kabar terkait pertikaian. Dimana hal tersebut bisa memecah belah berbagai pihak. Jangan sampai hal seperti ini terjadi. Semoga saja perdamaian dunia itu ada hingga semua terasa lebih aman. Adapun salah satu tokoh perdamaian yang terkenal yakni Nelson Mandela.

Jadi wajar saja apabila peradaban manusia kini sudah menghadirkan sejumlah tokoh dunia yang sudah memperjuangkan perdamaian dengan caranya tersendiri. Pastinya banyak yang merasa penasaran akan tokoh-tokoh perdamaian.

Mengenal Deretan Tokoh-Tokoh Perdamaian

Tentunya kita harus paham siapa sajakah tokoh perdamaian dunia yang sudah berjuang keras memperjuangkan perdamaian tanpa sebuah kekerasan. Pastinya banyak yang merasa penasaran dengan sosoknya. Tentunya Sobat Lakuuu tidak perlu khawatir lagi sebab kali ini kita bakalan membahasnya disini. Adapun tokoh-tokoh perdamaian dunia yakni:

  • Abraham Lincoln

Sosok beliau merupakan presiden Amerika Serikat yang ke 16. Pendekatan damai yang sudah ia lakukan yakni mengakhiri perang yang berada di Amerika. Hal tersebut justru menjadikannya harus terbunuh. Kala dulu Abraham sudah dibunuh oleh John Wilkes Booth. Pertama kalinya presiden Amerika Serikat ini ditembak bagian kepalanya ketika menonton pertunjukan di Washington.

  • Martin Luther King Jr

Martin Luther King Jr merupakan seorang aktivis hak sipil non kekerasan bahkan pendeta Baptis yang berada di Amerika Serikat. Beliau pun sudah memimpin perlawanan damai akan kebijakan segregasi rasial di AS sekitar tahun 1950 an sampai 1960 an. Beliau rela berkeliling negeri serta mengorganisir pengunjuk rasa hak sipil bahkan memberikan sebuah pidato yang paling terkenal. 

  • Mahatma Gandhi

Bukan hanya Nelson Mandela saja yang dikenal sebagai tokoh perdamaian dunia. Namun masih banyak beberapa tokoh lainnya seperti Mahatma Gandhi. Tentunya beliau merupakan seorang pemimpin tanpa kekerasan yang paling dihormati di dunia. Konon beliau menjadi pemimpin gerakan kemerdekaan yang berada di India dari Inggris. 

Dia juga sudah mengorganisir boikot besar-besaran di semua India termasuk dengan meminta orang tua agar berhenti membawa anak mereka ke sekolah. Bahkan beliau pun juga bekerja mempromosikan perdamaian antara Hindu dan Muslim.

  • Dalai Lama

Perlu Sobat Lakuuu ketahui jika Dalai Lama ini merupakan seorang pemimpin spiritual umat Buddha yang berada di Tibet. Ia harus menghadapi oposisi kuat bahkan sudah diancam dengan pembunuhan. Beliau serta pengikutnya terpaksa harus meninggalkan negaranya kemudian tinggal di Dharamsala tepatnya India Utara. 

Menariknya Dalai Lama ini masih tetap setia dengan pesannya mengenai perlawanan tanpa menggunakan sebuah kekerasan. Selain itu penghormatan kepada kemanusiaan juga perlu ditegakkan. Bahkan penyebaran cinta dan kasih sayang bagi umat manusia perlu dilakukan. Dia rela berkeliling dunia untuk menyampaikan betapa pentingnya sebuah toleransi maupun pemahaman agama di seluruh dunia. Hingga akhirnya beliau mampu menerima hadiah Nobel Perdamaian sekitar tahun 1989. Tentu saja penghargaan ini sangat luar biasa dan tak mampu terlupakan.

  • Nelson Mandela

Nelson Mandela merupakan seorang revolusioner anti apartheid yang akhirnya menjadi presiden kulit hitam di Afrika Selatan pada tahun 1994 hingga 1999. Beliau semasa hidup sempat bertugas mengadvokasi pendekatan tanpa kekerasan dengan melakukan perubahan hukum apartheid yang berada di negaranya.

Beliau pun sempat dijatuhi hukuman penjara seumur hidupnya. Tetapi pada tahun 1990 an ia berhasil dibebaskan setelah kampanye internasional berhasil melobi demi kebebasannya. Konon Mandela ini sudah menerima lebih dari 250 penghargaan. 

Itulah tadi beberapa tokoh perdamaian dunia yang perlu Sobat Lakuuu ketahui. Setidaknya dengan membaca uraian di atas pemahaman Sobat Lakuuu bisa semakin meluas. Apalagi terkait tokoh perdamaian dunia yang sudah berjuang tanpa kekerasan.
Bagikan artikel

Artikel Terkait

game-gratis
Inspirasi
7 Game Gratis Yang Bisa Kamu Mainkan Bareng Temen #dirumahaja
Dengan memanfaatkan perkembangan digital yang semakin hari semakin beragam. Permainan yang bisa kita akses melalui ...
hidup-sederhana-dan-bahagia
Inspirasi
Inilah 5 Cara Agar Dapat Hidup Sederhana dan Bahagia
Untuk hidup bahagia memang tak selalu dapat diukur dengan kekayaan yang melimpah. Namun, tak ada salahnya jika ...
tetap-produktif-saat-weekend
Inspirasi
Agar Tetap Produktif Saat Weekend Simak Tipsnya Berikut Ini!
Agar tetap produktif saat weekend merupakan hal yang susah-susah gampang untuk dilakukan. Pasalnya biasanya di hari weekend ini kebanyakan ...
kebiasaan-orang-sukses
Inspirasi
Kenali Kebiasaan yang Dilakukan Oleh Orang-Orang Sukses
Sobat Lakuuu, kebiasaan orang sukses sangat penting untuk diketahui. Hal ini untuk memotivasi agar menjadi ...