Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

Catat! Ini 15 Tren Marketing Tahun 2021 yang Wajib Dicoba Kembali

by Lakuuu Updated at 5 October 2022

tren-marketing
Pembahasan mengenai marketing tentu tidak akan ada habisnya. Pasalnya, seiring berjalannya waktu, teknik atau metode marketing akan terus berkembang mengikuti perubahan zaman.

Berikut 15 di antaranya yang berpotensi besar untuk mendatangkan leads. Berikut informasinya khusus untuk Sobat Lakuuu.

1. Chatbot

Chatbot adalah salah satu teknologi yang memanfaatkan artificial intelligence (AI) dalam pengoperasiannya. Program ini sudah disusun dengan baik yang berfungsi untuk memaksimalkan fitur live chat yang umumnya dioperasikan oleh manusia.

Dengan adanya Chatbot ini, maka perusahaan dapat memangkas biaya operasional dan memasukkan dana tersebut ke anggaran lain.

2. Video Marketing

Video marketing tidak melulu harus berada di suatu platform khusus yang menayangkan video seperti YouTube. Facebook, Instagram, TikTok, bahkan Twitter bisa menjadi platform video marketing yang baik sesuai dengan target market.

3. Visual Search

Apa yang dimaksud dengan visual search? Visual search merupakan teknologi yang memungkinkan para penggunanya untuk mencari informasi melalui gambar.

Dilansir Social Media Today mengatakan bahwa sebanyak 62% generasi milenial lebih tertarik untuk memanfaatkan teknologi visual search ke dalam kesehariannya daripada teknologi lain.

Teknologi ini bisa dimanfaatkan dengan baik, khususnya bagi Sobat Lakuuu yang menjual berbagai macam produk.

4. User Generated Content (UGC)

Konsumen akan dengan senang hati membuat konten khusus untuk suatu brand tertentu. Hebat, bukan? Hal ini di latar belakangi oleh adanya ajakan yang kuat, atau challenge yang diadakan oleh suatu merek.

Tentu saja, jika Sobat Lakuuu ingin agar konsumen membuat konten jenis ini, hal yang perlu dilakukan adalah menyiapkan challenge dan hadiah yang menarik tentunya.

5. Stories Social Media

Tidak hanya Instagram, YouTube, Snapchat, hingga Facebook kini memiliki fitur yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan marketing.

Fitur yang menghadirkan berbagai macam efek dan stiker ini menjadi pintu utama untuk melakukan engagement yang lebih intim ke para konsumen setia Sobat Lakuuu melalui media sosial.

6. Omni Channel Marketing

Sederhananya, omni channel marketing memanfaatkan berbagai jenis platform yang ada, demi lebih mendekatkan diri ke target market, seperti membuat website bisnis, media sosial, dan menjual produk atau jasa di berbagai marketplace.

7. Interactive Content

Pada dasarnya, interactive content adalah konten yang tidak hanya mengandung sebuah informasi, tetapi juga menyisipkan fitur-fitur yang mengundang interaksi dari para pembacanya, seperti infografis, polling, hingga survey.

Adanya kegiatan yang mengundang para pembaca untuk ikut melakukan suatu aksi yang berdampak di dalamnya, terbukti meningkatkan engagement bisnis dan membuat mereka merasa diistimewakan.

8. Social Commerce

Social commerce berasal dari kata sosial media dan e-commerce, dimana Sobat Lakuuu memanfaatkan platform media sosial untuk berjualan, sekaligus menjangkau audiens atau konsumen.

Cara ini cukup efektif untuk tidak hanya meningkatkan penjualan, tetapi juga brand awareness ke audiens yang lebih banyak lagi.

9. Content Marketing

Content Marketing nyatanya masih masuk ke dalam kategori tren marketing di tahun 2021.

Content marketing memiliki daya tarik yang kuat, mengingat masih banyaknya pengguna internet yang mengaku mengetahui suatu brand atau melakukan transaksi setelah melihat content marketing yang dibuat oleh merek tersebut.

10. Push Notifications

Faktanya, banyak pengguna internet yang kini lebih memilih untuk melakukan pendaftaran melalui browser push notifikasi, daripada melalui email newsletter.

11. Snippet Featured

Konten yang masuk ke dalam kategori snippet featured ini umumnya akan menerima banyak klik dari para pengguna, dan hal ini bisa dimanfaatkan untuk menggiring mereka melakukan transaksi.

12. Konten yang Dipersonalisasikan

Umumnya, kita akan merasa senang jika dipanggil dengan nama, ya kan? Adanya personalisasi ini menimbulkan perasaan tertarik, dan menjadi suatu pengalaman yang menyenangkan bagi para konsumen.

13. Targeted Advertising

Salah satu kecanggihan dari AI, khususnya dalam dunia periklanan secara online adalah tertargetnya audiens yang lebih spesifik.

Sobat Lakuuu tidak perlu lagi menghubungi publisher untuk melakukan negosiasi penayangan iklan. Sobat Lakuuu yang menentukan sendiri budget penayangan iklan dan ke siapa saja iklan tersebut akan ditampilkan.

14. Viral Marketing

Adapun cara menggunakan viral marketing ini adalah dengan masuk ke dalam suatu platform yang sedang hangat-hangatnya digunakan, dan melakukan engagement agar pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik.

Viral marketing tidak cukup hanya dengan memanfaatkan hashtags dan deskripsi, tetapi juga konten yang orisinil, unik, dan menarik.

15. Marketing Flywheel

Daripada menggunakan teknik marketing funnel, marketing flywheel-- strategi yang memanfaatkan kepuasan konsumen untuk melakukan pembelian secara berkelanjutan-- bisa menjadi solusi terbaik untuk jangka panjang.