Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

Apa Saja Tugas Admin Online Shop Itu

by Lakuuu Editorial 10 December 2022

tugas-admin-online-shop

Setiap online shop tentu membutuhkan admin untuk mengelola dan menjalankan kegiatan toko. Kegiatannya beragam dan bukan hanya menjual barang saja sehingga tugas admin online shop cukup banyak. Berikut ini beberapa tugas yang menjadi tanggung jawab seorang admin online shop.

Tanggung Jawab Dan Tugas Admin Online Shop

Pekerjaan seorang admin online shop bisa dikatakan cukup banyak sehingga mereka dituntut untuk bisa multitasking. Tanggung jawab yang diemban admin online shop meliputi beberapa tugas berikut.

Mengelola toko online

Salah satu tugas penting bagi admin online shop adalah mengelola toko online, baik itu untuk situs web, platform media sosial, maupun toko yang ada di platform e-commerce. Mengelola toko meliputi berbagai kegiatan seperti mengunggah produk, melengkapi judul dan deskripsi produk, harga, dan lainnya. 

Admin juga bertugas untuk membuat konten promosi agar pembeli tertarik untuk membeli produk yang dijual. Konten promosi bisa berupa cashback, flash sale, voucher diskon, paket bundling produk, dan lain-lain. 

Memberikan informasi seputar produk 

Selain mengelola toko, admin online shop juga bertugas memberikan informasi kepada calon pembeli terkait produk secara detail. Admin harus memahami dengan baik dari produk yang ditawarkan agar bisa memberikan informasi lengkap. 

Penjelasan yang diberikan admin ini penting karena akan menentukan calon pembeli dalam mengambil keputusan. Penjelasan yang informatif dan menarik dapat mempengaruhi calon pembeli untuk lanjut ke transaksi begitu juga sebaliknya. 

Mempromosikan toko online di media sosial

Tidak hanya mengelola toko saja, tugas admin juga harus mempromosikan toko online di media sosial agar owner bisa jualan online dengan sukses. Admin perlu mempromosikan toko dengan membuat konten media sosial dan mengelola campaign

Tugas admin ini biasanya dilakukan dengan kolaborasi bersama tim pemasaran dan tim desain. Admin dapat berkoordinasi untuk membuat konten yang bagus untuk diunggah di akun media sosial. Jadi, channel media sosial dioperasikan oleh admin online shop untuk membantu meningkatkan toko online. 

tugas admin online shop


Menjalin hubungan baik dengan pelanggan

Tugas admin yang tidak kalah penting adalah menarik engagement yang banyak dengan pelanggan. Menjadi tanggung jawab admin online shop untuk bisa menjalin hubungan baik dengan pelanggan dari media sosial.

Admin online shop menjadi perantara perusahaan dengan calon konsumen. Oleh sebab itu, seorang admin perlu memelihara hubungan yang baik. Misalnya dengan cara mengunggah konten media sosial yang dapat memicu interaksi dengan audiens.

Mengedukasi pelanggan ketika ada pertanyaan atau kendala

Seorang admin online shop juga memiliki tugas untuk mengedukasi dan melayani pelanggan ketika ada pertanyaan. Misalnya saja ada calon konsumen yang bertanya mengenai jenis produk, cara penggunaan produk, cara pemesanan, dan lain sebagainya. Admin harus bisa memberikan edukasi dan respons positif untuk meminimalisir komplain pelanggan.

Selain itu, admin juga bertanggung jawab apabila ada pelanggan yang mengalami kendala saat belanja online. Admin harus bisa memberikan respons yang ramah dan informasi yang solutif kepada pelanggan. 

Memantau persediaan barang

Tugas lainnya adalah memantau stok atau persediaan barang. Admin online shop bertugas memantau setiap barang yang masuk dan keluar sehingga bisa mengetahui stok yang masih tersedia. Ini penting agar admin dapat memberikan informasi ketersediaan produk kepada pelanggan yang tertarik. 

Menjaga performa toko online

Performa toko online juga menjadi tanggung jawab admin online shop. Tugasnya menjaga performa toko agar mendapatkan pesanan atau penjualan yang banyak. 

Selain itu, admin juga harus bisa responsif dan ramah kepada pelanggan. Hal ini penting agar toko online bisa mendapatkan rating atau review yang bagus dari pelanggan. Ketika rating online shop bagus, biasanya calon pelanggan lain akan lebih yakin untuk berbelanja. 

Merekap pesanan masuk

Tugas admin online shop yang cukup penting adalah mengelola pesanan masuk. Setiap pesanan masuk harus direkap agar dapat diketahui jumlah barang yang keluar, stok barang, dan omzet online shop. Tugas admin juga termasuk memastikan pesanan yang diproses sesuai dengan permintaan konsumen. 

Itulah sejumlah tugas admin online shop yang perlu diketahui. Tentunya tugas yang cukup banyak ini perlu didukung dengan skill yang mumpuni. 



Buat Toko Online Anda Bersama Kami

Setelah Anda mengetahui apa saja tugas admin online shop, dan kalau kebetulan Anda baru niat untuk punya toko online sendiri, mari gunakan layanan ecommerce dari kami untuk membuat toko online Anda sendiri.

Kami ingin memudahkan sebanyak mungkin orang untuk membuat toko online mereka sendiri dengan cepat, tanpa mereka harus menyewa developer yang mengharuskan Anda membayar mahal, dan Anda juga tidak memerlukan skill coding untuk pembuatan toko online.

Layanan ecommerce kami akan membantu Anda memiliki toko online yang bagus, sedap dipandang dan siap menjaring pelanggan karena toko online kami dilengkapi dengan berbagai fitur luar biasa.

Anda bisa menambah produk sebanyak yang Anda mau tanpa perlu mengkhawatirkan kinerja toko online Anda itu sendiri. Tersedia juga fitur hitung ongkos kirim secara otomatis dan toko online Anda bisa terkoneksi dengan berbagai jenis layanan pembayaran baik itu offline maupun online.

Kami di Lakuuu ingin Anda bisa mengedit toko online Anda sendiri tanpa perlu harus paham kode-kode website. Anda hanya perlu klik saja untuk mengaktifkan fitur-fitur yang Anda inginkan.

Layanan toko online kami juga bisa Anda mulai tanpa biaya alias gratis. Coba sekarang untuk rasakan sendiri kualitas toko online yang kami tawarkan.