Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

UI UX: Definisi, Perbedaan dan Keterkaitan UI dengan UX

by Lakuuu Updated at 5 October 2022

ui-ux
Dalam mengembangkan suatu website atau aplikasi, dua hal yang menjadi fokus utamanya adalah User Interface (UI) dan User Experience (UX).

Masih banyak orang yang kurang memahami definisi dan perbedaan di antara keduanya, serta mengapa UI dan UX saling berkaitan satu sama lainnya.

Bagi Sobat Lakuuu yang juga penasaran, berikut informasi selengkapnya mengenai UI dan UX.

Pengertian User Interface (UI)


User Interface (UI) adalah tampilan visual yang disuguhkan untuk para pengguna saat menggunakan aplikasi atau website.

Tampilan tersebut memiliki fungsi untuk tidak hanya menyegarkan mata para pengguna, tetapi juga memungkinkan pengguna agar terhubung dan berinteraksi dengan suatu produk.

Tidak hanya cantik atau rapi, User Interface juga haruslah mudah digunakan, sehingga para pengguna yang mengakses website atau aplikasi tidak dibuat overwhelming dan kebingungan.

Contoh dari UI adalah pemilihan ikon, tombol, tema, animasi, dan visual interaktif lainnya.

Pengertian User Experience (UX)


Di satu sisi, User Experience merupakan proses designing produk yang menggunakan pendekatan para pengguna.

Produk UX yang ideal adalah produk yang berhasil memberikan experience yang baik ke para pengguna saat mengoperasikan produk Sobat Lakuuu.

Contoh dari UX ialah fitur-fitur yang disediakan produk, struktur desain, penentuan konten dan copywriting juga termasuk ke dalam UX.

Perbedaan Antara UI dan UX


Mungkin Sobat Lakuuu sudah mulai mendapatkan bayangan perbedaan antara UI dan UX ini, tapi belum pasti perbedaan di antara keduanya. Nah, berikut Lakuuu sajikan perbedaan antara UI dan UX.

1. Tujuan Desain

User Interface (UI) lebih menitikberatkan pada upaya untuk mempercantik tampilan produk, sedangkan User Experience (UX) didesain untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan pada para pengguna saat menggunakan produk tersebut.

2. Proses Desain

Karena UX berfokus pada mempercantik tampilan produk, maka proses mendesainnya di latar belakangi dengan riset pengguna. Sehingga, menghasilkan suatu produk yang hampir akan disukai oleh banyak pengguna.

Satu sisi, UI memang juga memerlukan riset, namun tidak berlandaskan pada riset pengguna, melainkan desain yang dibuat haruslah desain yang menarik dan sesuai dengan konsep yang telah dibuat.

3. Komponen Desain

Dikatakan bahwa UI berfokus pada bagaimana menyuguhkan produk yang cantik. Agar membuat penampilan produk terlihat menarik, maka pemilihan warna, gambar, tipografi, ikon, dan tombol haruslah menarik.

Sedangkan, komponen UX meliputi keseluruhan komponen, struktur desain, copywriting, dan  branding. Hal ini tentu memerlukan kolaborasi tim yang solid, agar desain produk dapat diciptakan dengan baik.

Kenapa UI UX Saling Berkaitan Satu Sama Lainnya?


UI UX merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan, mengingat UI UX merupakan kunci suksesnya sebuah produk. Berikut beberapa alasan mengapa penerapan UI UX sangatlah penting.

1. Produk yang Pasti Dibutuhkan Pengguna

Dikatakan di atas bahwa User Experience melakukan riset melalui riset para pengguna. Dengan demikian, besar peluang suatu produk dibutuhkan oleh para pengguna.

2. Mampu Meningkatkan Kepuasan Pengguna

Faktanya, produk yang sulit untuk digunakan dan tampilan visual yang buruk, dapat menurunkan tingkat kepuasan dan pengalaman para pengguna.

Riset yang dilakukan Dot Com Infoway menunjukkan, bahwa sebanyak 62% pengguna akan meng-uninstall aplikasi yang sulit digunakan dan memiliki tampilan yang buruk.

3. Omset Bisnis Meningkat

Sambungan dari poin sebelumnya, saat tampilan produk rapi, memberikan kesan profesional dan mampu memberikan pengalaman yang menyenangkan selama proses pengoperasian produk, para pengguna tidak akan segan untuk melakukan transaksi.