Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
UMKM

UMKM Juga Butuh Visi Misi Perusahaan Loh

by Lakuuu 12 December 2021

visi-misi-umkm
Siapa bilang bahwa visi misi UMKM tidak dibutuhkan untuk bisnis skala kecil dan menengah? Perlu Sobat Lakuuu ketahui bahwa perencanaan strategis merupakan kunci dari manajemen organisasi, dan visi misi merupakan dua alat penting di dalamnya.

Oleh sebab itu, meskipun baru bisnis kecil atau menengah tetap dibutuhkan adanya pernyataan visi dan misi organisasi, agar dapat memiliki perencanaan strategis yang matang dan terarah.

Dengan adanya perencanaan yang matang, maka akan mudah menetapkan prioritas, mengalokasikan sumber daya, serta memastikan bahwa setiap orang di dalam usaha tersebut bekerja bersama mencapai tujuan dan sasaran bersama.

Meskipun sangat penting, masih banyak UMKM yang belum memiliki visi misi untuk perusahaan mereka. Bagi Sobat Lakuuu yang merupakan pelaku usaha, tapi belum menempatkan visi misi, maka harus mulai mempersiapkannya mulai dari sekarang.

Apa itu Visi Misi UMKM?

Sebenarnya, masih banyak pelaku usaha yang belum memahami mengenai pentingnya memiliki perencanaan strategis sehingga belum menggunakannya. Sebelum mencanangkan visi misi untuk usaha, perlu paham dulu apa maksud dari kedua istilah tersebut.

Jadi, visi misi UMKM merupakan dua hal berbeda yang sering disatukan dalam paduan strategis perencanaan. Banyak yang masih belum bisa membedakan keduanya sehingga menganggapnya sama.

Pertama adalah visi, disimpulkan secara sederhana ini adalah tujuan atau arah mana yang ingin dituju usaha Sobat Lakuuu. Berfokus pada aspek bisnis yang lebih taktis dan melihat ke mana masa depan perusahaan.

Sedangkan misi merupakan sasaran serta strategi untuk mencapai sasaran tersebut. Ada 3 elemen penting di dalamnya, yaitu apa yang akan dan harus dilakukan, siapa tujuan pelayanan diberikan, juga bagaimana melayani konsumen tersebut.

Meskipun keduanya berbeda tapi merupakan satu kesatuan sehingga Sobat Lakuuu tidak dapat memisahkannya. Jadi, harus menyatukan kedua elemen ini agar dapat membuat perencanaan strategis terbaik.

Mengapa Visi Misi UMKM Dibutuhkan?

Sebuah usaha yang dijalankan tanpa tujuan, arah, dan strategi mencapai tujuan merupakan usaha jangka pendek. Artinya usaha tersebut akan berakhir dalam waktu singkat, karena ketiadaan perencanaan juga persiapan matang.

Tentunya Sobat Lakuuu tidak ingin menjalankan usaha dalam waktu singkat dan menginginkannya bertahan. Oleh sebab itu, visi dan misi diperlukan, walaupun usaha yang dijalankan baru berada di skala kecil.

Renungkan dahulu apa usaha ingin dijalankan, sasarannya, dan cara mencapai sasaran tersebut. Kemudian cobalah tata tujuan jangka panjang yang ingin diraih dan tujuan di masa depan. Dengan begitu Sobat Lakuuu akan punya misi visi untuk bisnis yang dijalankan.

Pentingnya Pernyataan Visi Misi UMKM

Menjadi pelaku usaha bukan hanya harus mempersiapkan modal saja, tapi harus mengerti bahwa tujuan perusahaan juga sangat penting. Seperti halnya visi misi yang memainkan peranan penting dalam perusahaan, seperti berikut ini:

1.  Menjelaskan Tujuan Organisasi

Adanya tujuan yang jelas akan memberikan Sobat Lakuuu kejelasan dalam menjalankan bisnis. Selain itu, hal ini juga akan menanamkan rasa memiliki dan identitas bagi karyawan di perusahaan tersebut.

Pada akhirnya, akan memberikan motivasi pada karyawan untuk membantu menjalankan usaha, lalu meraih tujuan bersama sehingga usaha menjadi lebih cepat berkembang. Jadi, dapat meningkatkan efektivitas serta efisiensi kerja juga.

2.  Sebagai Arahan yang Harus Diikuti Organisasi

Adanya visi misi UMKM akan memberikan arahan jelas mengenai apa yang ingin dicapai pada masa depan sehingga jalannya usaha dapat dimajukan dengan baik. Sobat Lakuuu akan tahu ke mana harus melangkah juga mengenai kebijakan apa harus diambil.

Pernah mendengar istilah North Star Metric? Dalam sebuah bisnis visi misi memiliki peranan ini, yaitu penunjuk jalan menuju tujuan serta menjadi pedoman bagi seluruh anggota organisasi.

3.  Sebagai Panduan Pengambilan Keputusan

Dalam melakukan kegiatan bisnis selalu ada keputusan yang harus diambil dan keputusan ini diambil menyesuaikan kebijakan masing-masing perusahaan. Dengan adanya panduan, maka pengambilan keputusan dapat disesuaikan pada tujuan perusahaan.

Selain itu, akan menghindarkan pengambilan keputusan tidak sesuai serta melenceng dari kebutuhan usaha sehingga tetap berjalan sebagaimana mestinya. Semua tindakan bisnis menjadi jelas dan efektif bagi kemajuan usaha.

4.  Menyediakan Titik Fokus Bagi UMKM

Dengan adanya kejelasan tujuan juga sasaran dari organisasi, maka semua orang di dalamnya akan memiliki titik fokus sesuai dengan tanggung jawabnya masing-masing. Misalnya, bagian produksi fokus pada bagian pekerjaannya, begitu pula bagian lain.

Setiap bagian fokus bekerja kemudian membentuk rantai yang kuat sehingga kerangka organisasi menjadi stabil. Di masa depan semua ini akan mampu menjadi dasar pengembangan usaha menjadi lebih besar lagi.

5.  Membantu Hubungan UMKM dengan Masyarakat

Selain itu, adanya visi misi akan mengidentifikasikan identitas organisasi sehingga dapat dikenal di masyarakat. Pada akhirnya akan sangat bermanfaat untuk menjalin hubungan baik antara perusahaan dan masyarakat luar.

Memiliki nama dan reputasi baik di masyarakat tentu akan membantu usaha berkembang dengan lebih baik. Terutama apabila Sobat Lakuuu menjalankan usaha dibidang dagang maupun pelayanan jasa.

Setiap usaha baik skalanya kecil, menengah, maupun besar memerlukan tujuan dan strategi bisnis yang baik. Oleh sebab itu, visi misi UMKM diperlukan sebagai modal bagi Sobat Lakuuu untuk memulai menjalankan bisnis dan bertahan dalam persaingan di dunia industri.