Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

Waktu yang Tepat untuk Posting di Media Sosial, Kapan?

by Lakuuu Team Updated at 5 October 2022

waktu-posting-di-media-sosial
Waktu yang tepat untuk posting menjadi informasi penting bagi siapapun yang menggunakan media sosial. Hal ini tentunya bukanlah suatu hal yang asing lagi kita dengar. Karena, sekarang ini banyak orang yang menggunakan media sosial untuk berbisnis dan kegiatan menguntungkan lainnya.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Posting?

Tak sedikit pula pebisnis yang mendapatkan keuntungan dari penjualan dengan menggunakan media sosial. Hal tersebut nyatanya juga dipengaruhi oleh kapan mereka memposting produk yang sedang mereka dagangkan. Namun tahukah Sobat Lakuuu kapan saja waktu yang tepat untuk posting dengan menggunakan media sosial? Simak penjelasan berikut ini.

Waktu Post Terbaik untuk Instagram

Bagi Sobat Lakuuu yang menggunakan media sosial berupa Instagram perlu diketahui bahwasanya, waktu yang tepat untuk posting menggunakan Instagram ini adalah ketika waktu makan siang tiba. Sekitar pukul 11 sampai 1 siang. Selain itu, ketika sedang kerja sudah usai pukul jam 7 sampai dengan jam 9 malam.

Ketika makan siang tiba tak sedikit pula orang yang menikmati makan siang sambil mengecek media sosial yang mereka miliki. Terutama bagi mereka yang menggunakan aplikasi Instagram. Entah itu untuk mengetahui kabar terbaru atau hanya sekedar dan refreshing.

Waktu Terbaik untuk Post Aplikasi Facebook

Kemudian waktu yang tepat untuk posting dengan menggunakan Facebook adalah pada pukul 1 siang sampai dengan 4 sore. Aplikasi Facebook memang bukanlah suatu hal yang bisa kita pungkiri lagi. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan dengan menggunakan aplikasi yang satu ini. Salah satunya adalah mendapatkan informasi mengenai berita terbaru.

Salah satu alasan mengapa kita harus posting pada pukul 1 sampai dengan 4 sore adalah, kebanyakan pengguna dari aplikasi Facebook menggunakan komputer mereka untuk mengecek aplikasi tersebut ketika jam istirahat kantor. Sedangkan hari yang ideal untuk Sobat Lakuuu posting sesuatu di Facebook adalah hari Kamis, Jumat, Sabtu dan hari Minggu.

Perlu Sobat Lakuuu ketahui dalam studi oleh Unmetric menyatakan bahwa hari terbaik untuk posting brand jatuh pada hari Rabu. Oleh sebab itu, apabila Sobat Lakuuu ingin mendapatkan tingkat engagement yang tinggi, Tidak ada salahnya Sobat Lakuuu mencoba posting pada hari Rabu.

Waktu untuk Post di YouTube

YouTube juga merupakan salah satu aplikasi yang memberikan banyak keuntungan. Bahkan di masa pandemi seperti sekarang ini banyak yang menggunakan aplikasi YouTube untuk menghasilkan uang. Indonesia sendiri juga memiliki salah satu tokoh YouTuber yakni Atta Halilintar.

Untuk waktu terbaik posting di YouTube Biasanya kita sebut dengan waktu Prime. Untuk para content creator YouTube, tentunya Sobat Lakuuu harus tahu mengenai kapan waktu yang tepat untuk mengunggah konten video tersebut.

Hanya mereka mengunggah konten video di YouTube ketika hari-hari tertentu. Misalnya weekday ataupun weekend. Sobat Lakuuu bisa mengunggah video YouTube pada pukul 12 sampai empat sore. Waktu tersebut merupakan waktu terbaik untuk posting. Ketika weekend, alangkah lebih baiknya jika Sobat Lakuuu posting video pada jam 9 sampai dengan 11.

Lalu, untuk hari Kamis dan Jumat merupakan hari yang paling tepat bagi content Creator Mengunggah video YouTube. Disamping itu, hari Sabtu dan Minggu adalah hari dimana pengguna YouTube memiliki aktivitas yang sangat tinggi.

Selain Sobat Lakuuu memperhatikan perihal waktu yang tepat itu kapan, juga harus memperhatikan konten yang ingin diunggah tersebut. Karena pada faktanya konten yang berkualitas juga akan menarik perhatian nonton serta membantu Sobat Lakuuu untuk mendapatkan engagement yang tinggi.

Aplikasi Twitter

Sedangkan waktu yang tepat untuk posting sesuatu di aplikasi Twitter bisa Sobat Lakuuu lakukan pukul 12 sampai dengan 1 siang titik sedangkan untuk hari yang paling ideal adalah hari Senin sampai dengan hari Jumat. Posting pada hari-hari kerja cenderung membantu Sobat Lakuuu untuk mendapatkan tingkat engagement yang lebih tinggi.

Selain pada pukul 12 sampai dengan 1 siang, Sobat Lakuuu juga bisa posting pukul 5 sampai dengan 6 sore. Karena pada jam tersebut orang-orang kembali dari tempat kerja dan beristirahat. Mereka juga pastinya akan mengecek media sosial yang mereka miliki.

Ketahui bahwasanya aplikasi Twitter memiliki pergerakan yang cenderung lebih cepat daripada media sosial yang lainnya. Hal tersebut tentunya sangat penting bagi Sobat Lakuuu yang bergantung dengan aplikasi media sosial yang satu ini.

Twitter juga bisa dikatakan sebagai buku harian bagi seseorang. Karena tak sedikit penggunanya yang bisa mengeluarkan setan sampai lebih dari dua atau tiga kali dalam waktu 10 menit. Entah itu untuk menulis status quote tweet membalas mention atau sekedar retweet saja.

Nah, bagi Sobat Lakuuu yang belum tahu kapan waktu yang tepat untuk posting di media sosial, adanya penjelasan tersebut juga bisa membantu untuk mendapatkan engagement yang lebih tinggi ketika upload sesuatu di media sosial.