Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

Apa Webinar dan Mengapa Begitu Terkenal di Kala Pandemi?

by Lakuuu 21 February 2022

webinar-di-kala-pandemi


Apa itu webinar? Pertanyaan ini mungkin muncul saat Sobat Lakuuu pertama kali mendengarnya dan diharuskan mengikutinya. Beberapa waktu terakhir, tepatnya semenjak pandemi Covid-19, istilah ini memang terkenal dan sering disebutkan.

Bukan hanya para karyawan saja, tapi juga mahasiswa, siswa, bahkan para ibu rumah tangga menggunakan kata webinar. Di tengah adanya aturan pembatasan kegiatan di luar rumah, memang banyak orang yang menggunakan webinar ini sebagai pengganti.

Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan webinar dan mengapa begitu banyak digunakan. Bagi yang belum pernah melaksanakannya tentu penasaran, ingin tahu informasinya silahkan simak uraian berikut ini.

Apa Itu Webinar dan Fungsinya?


Webinar merupakan singkatan dari web seminar atau seminar yang dilaksanakan secara daring, menggunakan perangkat seperti laptop, komputer, tablet, atau smartphone dengan koneksi internet.

Metode pertemuan digunakan adalah video conference dan menjadi media yang cukup efektif untuk pembelajaran online, terutama di saat pertemuan tatap muka tidak bisa dilaksanakan.

Pertemuan secara daring ini dapat menyatukan beberapa orang di lokasi berbeda untuk bertatap muka melalui layar komputer. Misalnya saja, Sobat Lakuuu berada di Surabaya mengikuti materi yang disampaikan oleh pembicara dari Jakarta maupun luar negeri.

Jadi, terjawab sudah apa itu webinar, yaitu kegiatan seminar yang dilakukan secara daring dan bisa diikuti oleh siapa saja dari berbagai wilayah. Kegiatan ini harus didukung dengan perlengkapan memadai, baik perangkat komputer atau koneksi internet.

Kegiatan ini bisa dilangsungkan menggunakan berbagai aplikasi, seperti Zoom, Telegram, dan lain sebagainya. Durasi kegiatan bisa berlangsung beberapa menit hingga berjam-jam, tergantung susunan acaranya.


Manfaat Mengikuti Kegiatan Webinar


Setelah menemukan jawaban mengenai apa itu webinar, Sobat Lakuuu tentu penasaran mengenai apa manfaat dari melakukan kegiatan web seminar ini. Sebenarnya, manfaatnya hampir sama seperti saat melakukan seminar biasa, tapi rasanya tidak akan sama.

Jika dijabarkan dengan rinci, maka kegiatan web seminar ini memiliki dua sisi manfaat, yaitu untuk penyelenggara dan peserta. Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat Sobat Lakuuu dapatkan setelah mengikuti web seminar:

1.  Menambah Ilmu dan Pengetahuan

Semua orang tentu ingin selalu menambah pengetahuannya, dan webinar adalah salah satu cara melakukan hal tersebut. Ada banyak pengetahuan dan wawasan bisa didapatkan dari kegiatan ini.

Banyak ilmu serta wawasan baru bisa didapatkan apabila mengikuti kegiatan ini dengan baik. Misalnya saja, web seminar mengenai pembukaan usaha, tidak sedikit orang setelah mengikutinya dapat memulai usaha sendiri

2.
  Menambah Networking

Bagi yang sudah tahu apa itu webinar, pasti akan mengerti bahwa kegiatan ini sangat membantu memperluas networking. Meskipun peserta tidak langsung bertatap muka, tapi hubungan masih bisa terjalin.

Jalannya melalui percakapan di chat room atau live chat. Ini merupakan cara baru menambah rekanan dan cukup unik, di mana Anda akan berinteraksi dengan orang lain tanpa langsung bertatap muka.

3.  Sarana Branding

Bagi penyelenggara web seminar, manfaat yang bisa didapatkan adalah meningkatkan branding usaha atau produknya. Branding merupakan hal yang penting bagi pelaku usaha, karena dapat mendongkrak penjualan.

Meskipun tidak dilakukan dengan hard selling, tapi cara ini justru lebih efektif sebab peserta tidak akan merasa dipaksa. Bahkan peserta akan merasa terbantu dengan informasi dari kegiatan seminar tersebut.

4.  Promosi Tertarget

Promosi memang bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah menggunakan saran webinar. Ini sangat efektif karena akan langsung menuju ke target yang benar-benar membutuhkan produk tersebut.

Bahkan Sobat Lakuuu bisa saja mengadakan web seminar hanya bertujuan mempopulerkan produk saja. Misalnya, mengadakan kegiatan webinar untuk memasarkan produk kecantikan atau mengulas sebuah produk tertentu.

Tips untuk Melakukan Kegiatan Webinar


Setelah Sobat Lakuuu tahu apa itu webinar dan tertarik untuk mengadakannya, maka tidak boleh sembarangan. Harus dilaksanakan dengan pertimbangan dan persiapan matang. Setidaknya, harus melakukan hal berikut:

1.  Pastikan memilih topik yang disukai. Untuk mendapatkannya Sobat Lakuuu harus rajin melakukan brainstorming dengan tim agar mendapatkan ide topik menarik serta menarik perhatian orang lain.

2.  Siapkan fasilitas pendukung kegiatan. Meskipun tidak seribet melakukan seminar offline, tetap saja persiapan fasilitasnya harus mantap. Mulai dari persiapan perangkat, koneksi internet, materi, dan mematangkan materi agar menarik peserta.

3.  Pastikan menggunakan platform yang tepat. Saat ini, Anda bisa menggunakan berbagai aplikasi untuk bisa melakukan kegiatan meeting atau pertemuan online. Contohnya Zoom Meeting, Google Hangout, atau YouTube Streaming.

4.  Tentukan jadwal sesuai dengan jenis bisnis Sobat Lakuuu. Misalnya, menjalankan bisnis travel agen, sebaiknya lakukan webinar di waktu mendekati masa liburan. Sebab ketika melaksanakannya di masa sibuk, web seminar tersebut tidak akan laku.

5.  Pastikan target, karena tidak semua orang akan mengikuti kegiatan webinar, terutama jika tidak sesuai bidangnya. Jadi, pastikan membidik target dahulu sebelum melakukan persiapan.

Pandemi Covid-19 memang membuat banyak perubahan dalam kehidupan manusia, salah satunya saat melaksanakan seminar. Apabila biasanya dilakukan langsung secara tatap muka, sekarang menggunakan webinar dan apa itu webinar sudah dijelaskan di atas.