Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
UMKM

5 Alasan Penting Mengapa UMKM Perlu Memiliki Website Bisnis

by Lakuuu 18 December 2021

website-bisnis-umkm
Jika Sobat Lakuuu perhatikan, seiring dengan perkembangan zaman, transofrmasi digital tidak bisa dielakkan dan terjadi di hampir seluruh sendi ekonomi, salah satunya adalah industri perdagangan yang kini sistem pemasaran, kegiatan jual beli, pembayaran dan transaksi lainnya dilakukan secara digital.

Salah satu media untuk memudahkan keseluruhan kegiatan di atas adalah website.

Banyak para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah mengatakan, bahwa mereka tidak memerlukan keberadaan website untuk melakukan pemasaran dan transaksi. Nyatanya, kehadiran website untuk para UMKM sangat penting. Kenapa UMKM perlu memiliki website? Simak informasinya berikut.

5 Alasan UMKM Perlu Memiliki Website Bisnis Sendiri.

UMKM mengira kehadiran website bagi bisnis mereka hanyalah sebagai “pemanis” dan membuat website menjadi terbengkalai. Hanya bersifat formalitas untuk bisa mengakses beragam fitur lainnya di media sosial atau platform lainnya.

Di samping itu, banyak UMKM yang langsung mengatakan bahwa membuat website membutuhkan modal yang tidaklah sedikit. Biaya perawatan website, domain, host, dan lainnya akan memerlukan dana yang sangat banyak.

Sobat Lakuuu, terlepas dari semua pendapat di atas, setidaknya ada 5 alasan yang menjadikan website sangat penting bagi para pelaku UMKM. Apa saja itu? Simak informasinya berikut,

1. Meningkatkan kredibilitas UMKM

Era teknologi semakin canggih, namun masih banyak orang yang tertipu dengan perdagangan jual beli online. Hal inilah yang membuat para pembeli ragu untuk membeli produk-produk yang mereka inginkan secara daring.

Dengan memiliki website jualan sendiri, pelanggan tidak hanya mendapatkan informasi seputaran produk atau layanan yang ditawarkan, tetapi juga mampu meningkatkan kredibilitas bisnis.

Hal ini dipacu dengan pemikiran, jika suatu bisnis memiliki website jualan sendiri, kecil kemungkinan mereka adalah penipu. Jika Sobat Lakuuu tidak memiliki situs jualan sendiri, namun kompetitor Sobat Lakuuu memilikinya, besar peluang pelanggan untuk melakukan transaksi di kompetitor.

2. Terlihat profesional di mata pelanggan

Lanjutan dari poin nomor satu, saat kredibilitas bisnis meningkat di mata pelanggan, maka otomatis kesan bisnis sudah terlihat profesional. Artinya, bisnis Sobat Lakuuu tidak setengah-setengah dalam melayani dan membantu para pelanggannya.

Kesan profesional ini sangat sulit didapatkan jika Sobat Lakuuu hanya mengandalkan halaman lapak marketplace untuk berjualan dan mengadakan transaksi.

3. Mudah dalam mengumpulkan data pelanggan

Salah satu hal yang perlu diperhatikan bagi para pelaku UMKM adalah mengumpulkan database pelanggan. Database ini nantinya akan berisikan nama, alamat email atau nomor telepon, hingga data pribadi dari pelanggan.

Sobat Lakuuu sangat bisa memanfaatkan database ini untuk kepentingan campaign, atau sekedar mengirimkan ucapan selamat ulang tahun.

Upaya kecil di atas akan sangat bermakna kepada pelanggan, dan berpotensi besar untuk menjadikan pelanggan sebagai pelanggan tetap atau loyal.

4. Menarik pembeli yang berpotensi

Dari mana datangnya para leads yang berpotensi itu? Dari konten-konten yang ada di dalam website itu sendiri.

Jika Sobat Lakuuu perhatikan secara seksama, besar kemungkinan setiap website memiliki konten di dalamnya yang tentu saja relevan dengan apa yang mereka jual atau jenis layanan yang mereka tawarkan.

Adapun format konten seperti artikel dan video adalah dua format yang tidak hanya sering digunakan, tetapi juga berpotensi besar untuk mendatangkan konsumen yang berpotensi menciptakan transaksi.

5. Menghemat biaya iklan

Konten yang sudah Sobat Lakuuu buat di dalam website, memiliki potensi besar untuk menjangkau lebih banyak orang, sehingga semakin banyak juga pelanggan yang berpotensi untuk menciptakan transaksi.

Tentu saja, hal di atas akan menghemat biaya pemasaran, walau biaya pemasaran secara online lebih terjangkau. Namun tetap saja, ini akan menekan budget pemasaran dan bisa dialihkan ke kebutuhan lain.

Membuat website jualan sendiri tidaklah memakan biaya yang mahal seperti yang dibayangkan. Memang, Sobat Lakuuu harus membayar sejumlah uang untuk biaya perawatan dan domain atau host yang digunakan, namun dijamin worth it.

Tenang dulu, ada banyak jasa website builder yang menawarkan paket-paket dengan harga yang terjangkau yang bisa disesuaikan dengan budget Sobat Lakuuu. Salah satunya adalah LAKUUU.

LAKUUU menyediakan beragam paket pembuatan website yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Selain proses pembuatan website nya yang mudah dan cepat, LAKUUU juga menawarkan dashboard admin lengkap dengan berbagai fitur-fitur menarik, seperti pemantauan transaksi dan history penarikan, data pelanggan, barang terlaris, dan masih banyak lagi data-data yang bisa ditarik.

Jadi tunggu apa lagi? Segera membuat website bisnis jualan di LAKUUU