Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

Cara Mengoptimalkan Profit Dengan Pengelolaan Database Konsumen Anda

by Lakuuu Editorial 29 November 2022

cara-mengoptimalkan-profit

Entah bisnis online Anda dalam bidang apa, besar kemungkinan, jika Anda sudah lama berkecimpung di dalamnya, Anda pasti punya database konsumen yang cukup besar.

 

Misalnya, para pemilik toko online sudah pasti punya daftar nama pelanggan dan emailnya. Jika jualan online-nya sudah dilakukan selama bertahun-tahun, maka past pemilik toko online itu sudah punya banyak sekali pelanggan.

 

Sama halnya dengan mereka yang produknya dalam bentuk layanan jasa. Misalkan jika seseorang punya bisnis jasa pembuatan PT, maka selama bertahun-tahun ia mengelolanya, pastilah sudah punya banyak klien.

 

Nah sebenarnya, jika database konsumen bisa dikelola dengan baik, maka dapat dipastikan ini akan meningkatkan profit bisnis Anda.

 

Kalau begitu, bagaimana cara mengelola database dengan baik dan benar?

 

Pahami Keinginan Konsumen Anda Terlebih Dahulu

 

Meskipun mereka adalah pelanggan Anda, bukan serta merta mereka akan selalu membeli produk Anda secara otomatis berulang-ulang disaat mereka membutuhkannya.

 

Bagaimanapun mereka manusia, yang secara normal punya kesibukan, kerumitan hidup dan situasi hidup yang bisa berubah-ubah. Belum lagi, mereka bisa dengan cepat melupakan Anda.

 

Dilain pihak, bukan karena mereka konsumen Anda maka mereka akan serta merta suka dengan cara marketing Anda. 

 

Maksudnya begini, Anda sebagai pemilik produk, pasti akan kembali memfollow-up konsumen Anda tersebut bukan? Tapi kalau cara Anda memfollow-up terlalu menekan dan terlalu membuat mereka merasa harus membeli, ini justru akan menjauhkan mereka dari Anda.

 

Kesimpulannya, konsumen Anda mudah melupakan Anda, dan mereka tidak suka di persuasi untuk membeli.

 

Sekarang setelah paham hal itu, kita bisa tahu apa yang harus dilakukan, yaitu:

 

Membuat mereka tetap ingat, sambil mempersuasi mereka dengan cara yang tidak membuat mereka merasa harus membeli.

 

Ini pasti sulit bukan? Ya memang ini sulit.

 

Tapi karena Anda berbisnis online, maka hal ini sebenarnya tidak terlalu sulit untuk dilakukan.

 

Kalau begitu, bagaimana?

 

Cara Membuat Konsumen Anda Selalu Ingat Dengan Anda

 

Tentu saja untuk melakukannya, Anda harus bicara dengan konsumen Anda. Semakin sering Anda bicara dengan mereka, maka semakin ingat juga mereka kepada Anda.

 

Tapi bagaimana mungkin? Jika Anda punya 1000 database konsumen, maka tidaklah mungkin bukan untuk bicara dengan mereka satu-persatu?

 

Nah dalam bisnis online, hal ini bisa dilakukan.

 

Dengan cara apa? Dengan metode marketing online yang sering disebut sebagai email marketing.

 

Email marketing bukanlah upaya secara sporadis mengirim banyak email ke banyak pelanggan Anda. Jika ini yang dilakukan, ini bukan email marketing, melainkan spamming. Metode spamming hanya akan membuat upaya Anda untuk membantu pelanggan Anda untuk mengingat Anda justru akan berakhir sebaliknya.

 

Jadi, email marketing adalah metode mengirim email dengan sekuensi yang sudah diatur dan berisi pesan yang berisi informasi menarik tentang bisnis Anda.

 

Yang dimaksud dengan sekuensi adalah, dalam email marketing, email dikirim dalam jadwal yang sudah Anda tentukan. Oleh karena itu, diperlukan software email marketing untuk melakukan hal ini.

 

Tanpa adanya software email marketing, upaya Anda dalam mengirim pesan yang terjadwal akan sangat sulit dan kemungkinan - karena Anda juga mungkin kadang lupa - maka pada waktu yang seharusnya Anda mengirim email, Anda melewatkannya.

 

Jadi untuk menghindarkan Anda dari upaya yang sia-sia, menggunakan software email marketing adalah hal yang wajib untuk melakukan email marketing.

 

Beberapa software email marketing terkenal adalah seperti GetResponse, Aweber dan Sendlane. Di Indonesia sendiri ada yang namanya KirimEmail.

 

Semua produk diatas berbayar. Jika Anda menggunakan layanan toko online atau digital marketing dari Lakuuu, software email marketing sudah termasuk.

 

Contoh Email Marketing


 

Misalnya Anda menjual peralatan rumah tangga, sebutlah panci. Sewaktu seseorang membeli panci di toko online Anda, Ia masuk kedalam database Anda (Jika Anda gunakan layanan Lakuuu, hal ini terjadi secara otomatis tanpa Anda harus manual mengerjakannya).

 

Kemudian, melalui email marketing software Anda, Anda akan melakukkan setting untuk menjadwalkan pengiriman email kepada pelanggan Anda tersebut. Kurang lebih bisa seperti ini:

 

Pada hari Ia membeli: Kirim email terima kasih atas pembeliannya.

 

Hari ke-2 setelah membeli, kirim email yang isinya pertanyaan apakah ada kendala dalam menggunakan produk Anda, dan infokan bahwa Anda siap membantu. Tentu saja kalau mereka membalas, Anda harus membalasnya juga. Ingatlah, Anda sedang membangun hubungan dengan pelanggan Anda. Jika Anda membalas email mereka, jelaslah mereka akan tahu bahwa Anda benar-benar peduli. Ini menumbuhkan kepercayaan terhadap brand Anda dan membantu mereka mengingat Anda.

 

Hari ke-5 Anda bisa mengirimkan email pemberitahuan - misalnya pada hari tertentu Anda akan memberikan diskon untuk produk-produk tertentu atau pun informasi lainnya.

 

Hari ke-6 Anda bisa kirim email berisi informasi lainnya, misalnya jika Anda baru saja mempublikasikan blog post, Anda bisa infokan itu lewat email.

 

Hari ke 8 Anda bisa info ke mereka lewat email bahwa Anda sedang ada promo.

 

Dan seterusnya.

 

Dengan cara ini, Anda sebenarnya sedang mempersuasi pelanggan dengan cara yang halus untuk membeli produk Anda. Anda tidak pernah memaksa, justru Anda memberikan value bagi mereka dengan cara diatas.

 

Jika hal ini terus Anda lakukan, selain keahlian bisnis online Anda semakin berkembang, profit Anda juga akan terus bertambah karena pengoptimalan database Anda lewat email marketing ini.

 

Anda ingin dimudahkan untuk melakukan email marketing? Anda bisa gunakan layanan digital marketing dari Lakuuu ID. Silakan chat di WhatsApp dengan tim digital marketing Lakuuu ID