Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

Cara Memilih Hosting Untuk Toko Online Anda

by Lakuuu Editorial Updated at 2 December 2022

cara-memilih-hosting-untuk-toko-online-anda

Sangatlah penting untuk menggunakan layanan hosting yang mumpuni agar Anda dapat mengoperasikan toko online Anda dengan baik.

 

Mari kita lihat bagaimana cara memilih hosting yang terbaik untuk toko online Anda sambil kita melihat beberapa alasan mengapa hosting yang tepat sangat penting untuk keberlangsungan bisnis lewat toko online Anda.

 

1. Toko online Anda harus bisa terbuka dengan cepat

 

Agar toko online Anda dapat terbuka dengan cepat ketika orang membukanya, dibutuhkan server yang kuat. Sebuah toko online biasanya punya ukuran halaman yang besar karena ada banyak foto produk disitu.

 

Foto atau gambar, jika tidak dioptimisasi, akan berukuran besar. Biasanya foto yang tidak dioptimalkan akan berukuran mulai dari 200-300 kb per foto. 

 

Jadi kalau ada 10 saja foto produk di setiap halaman, maka ukuran halaman tersebut paling kecil adalah sekitar 2-3 MB.

 

Untuk membuat halaman dengan ukuran 2-3 MB cepat terbuka, sangat diperlukan server hosting yang kuat.

 

Ada banyak pilihan hosting, tapi Anda perlu tahu mana yang benar-benar terbaik untuk toko online Anda. Nanti kita akan bahas hal ini dibawah.


cara memilih hosting

 

2. Toko online Anda harus sanggup memproses pembayaran dengan cepat

 

Kemungkinan besar, selain cara pembayaran transfer antar bank, atau lewat metode offline lainnya, kemungkinan besar toko online Anda juga akan menerima pembayaran lewat kartu kredit.

 

Sewaktu seseorang membayar dengan kartu kredit, yang terjadi adalah toko online Anda akan berkomunikasi dengan layanan pembayaran kartu kredit yang Anda gunakan. Karena volume yang diterima oleh layanan pembayaran kartu kredit ini banyak dan harus melewati beberapa fase, maka biasanya akan makan waktu dan ini tidak bisa Anda kendalikan.

 

Yang bisa Anda kendalikan adalah proses di toko online Anda sendiri. Jika server hosting yang Anda gunakan bagus, maka proses komunikasi antara server hosting Anda dan server layanan pembayaran akan berjalan lancar dan lebih cepat.

 

Dalam hal ini, jelaslah bahwa server toko online Anda harus benar-benar kuat.

 

3. Toko online Anda berisi banyak produk

 

Jarang sekali ada toko online yang punya satu atau beberapa produk saja. Contohnya Anda jualan kue, kemungkinan besar tidak cuma satu macam kue saja.

 

Jadi pastilah akan ada banyak produk yang disimpan di toko online Anda.

 

Setiap produk punya foto atau gambar, dan biasanya lebih dari satu, seperti dibahas diatas. Tiap foto atau gambar ini akan di simpan di server hosting Anda.

 

Seraya waktu berjalan dan seraya produk Anda bertambah, tempat penyimpanan akan penuh, dan jika penuh, maka akan membuat toko Anda akan kelebihan beban.

 

Jika hal ini terjadi, maka dapat dipastikan toko online Anda tidak akan berjalan dengan baik.

 

Maka sangat penting untuk hanya menggunakan hosting yang benar-benar powerful agar berjalannya toko online Anda tidak akan ada kendala.

 

Cara Memilih Hosting Yang Terbaik Untuk Toko Online Anda


 

3 hal diatas hanya merupakan beberapa alasan yang membuat Anda harus memilih hosting yang bagus untuk toko online Anda, karena sebenarnya masih banyak problem lainnya yang berkaitan dengan toko online dan hosting.

 

Tapi pada intinya, kita bisa ambil kesimpulan bahwa hosting yang bagus adalah hosting yang bisa membantu toko online kita terbuka dengan cepat sehingga bisa beroperasi dengan baik.

 

Maka cara yang pertama adalah menentukan hosting mana yang sesuai dengan kebutuhan ini.

 

Paling tidak, ada 3 macam hosting, yaitu shared hosting, VPS hosting dan dedicated hosting.

 

Dengan paham perbedaan 3 macam hosting ini, Anda akan langsung tahu hosting mana yang paling cocok untuk sebuah toko online.

 

Shared Hosting

 

Shared hosting adalah hosting dengan spek terendah. Memang biasanya layanan hosting semacam ini menyediakan penyimpanan dan bandwith tak terbatas bagi pengguna-nya.

 

Tapi, sesuai namanya 'Shared' - yaitu 'Dibagi-bagi' - demikianlah bandwith dan penyimpanan yang tersedia juga dibagi-bagi ke semua pengguna layanan hosting tersebut. 

 

Shared hosting hosting biasanya hanya sanggup menampung 2000-3000 kunjungan per hari. Jadi kalau misalnya dalam satu shared hosting ada 100 website, maka tiap website idealnya hanya bisa menerima 20-30 visitor per hari, jika lebih, maka toko online Anda akan lambat terbukanya.

 

Kesimpulannya: Shared Hosting bukan solusi untuk toko online Anda.

 

VPS dan Dedicated Hosting

 

VPS adalah Virtual Private Server - artinya, jika Anda gunakan hosting tipe ini, maka servernya hanya privat milik Anda sendiri sehingga tempat penyimpanan dan bandwith-nya juga milik Anda sendiri. Tapi seperti namanya, 'Virtual', ini memaksudkan server yang dibuat dari Server fisik yang sungguhan. 

 

Sedangkan Dedicated Hosting adalah hosting yang menyediakan server fisik sungguhan yang hanya digunakan oleh Anda saja.

 

Karena private dan terdedikasi untuk Anda saja, maka dapat dipastikan kedua solusi hosting ini cocok untuk toko online Anda.

 

Namun demikian, untuk mengoperasikan VPS diperlukan pengetahuan pengoperasian server, dan untuk dedicated hosting, harganya sangat mahal.

 

Solusi Handal Hosting Toko Online

 

Jika Anda punya toko online di Lakuuu ID, Anda tidak perlu lagi memikirkan tentang hosting dan pengoperasiannya. Layanan hosting sudah termasuk dalam setiap produk toko online Lakuuu ID.

 

Setiap toko online yang dibuat dalam ekosistem Lakuuu ID memiliki hosting yang setara dengan VPS yang powerful sehingga Anda tidak perlu kuatir toko online Anda akan lambat dibuka tidak soal seberapa banyak produk yang ada di toko online Anda.

 

Layanan hosting dari Lakuuu ID ini beserta layanan fitur-fitur premium toko online lainnya bisa didapat dengan harga yang sangat terjangkau.

 

Silakan lihat penawaran dari Lakuuu ID atau silakan chat dengan tim digital marketing Lakuuu lewat WhatsApp untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.