Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

3 Kunci Sukses Beriklan di Instagram

by Lakuuu - 12 May 2022

3-kunci-sukses-beriklan-di-instagram
Sampai detik ini, Instagram masih menjadi primadona banyak kalangan, mulai dari content creator, influencer, hingga para pebisnis. Kini, Instagram tidak terbatas sebagai aplikasi lifestyle, tapi juga meluas sebagai media yang tepat untuk melakukan promosi dan brand awareness bisnis.
 
Dalam artikel ini, Sobat Lakuuu akan belajar bagaimana cara membuat iklan Instagram yang tidak hanya efektif, tapi juga menjual dan mendatangkan penjualan. Simak informasinya berikut ini.
 

Kenapa Harus Beriklan di Instagram?

Instagram memiliki jumlah aktif pengguna bulanan sebanyak 1 triliun pengguna dari seluruh dunia. Banyaknya jumlah pengguna aktif yang dimiliki oleh Instagram membuat aplikasi yang dipimpin oleh Adam Mosseri itu harus mengadakan pembaharuan dan menyesuaikan diri dengan arus tren.
 
Sebagai hasilnya, Instagram telah bertambah fungsi menjadi media yang ramah untuk para pebisnis yang ingin mengembangkan bisnisnya, mulai dari membuat iklan, kemudahan konfigurasi akun Facebook dan Instagram, business dashboard, hingga laporan perkembangan akun setiap minggunya.
 
Selain fitur-fitur di atas, Instagram juga membuktikan keseriusannya untuk menjadikan aplikasi besutan Kevin Systrom itu sebagai social commerce—pemanfaatan media sosial untuk media promosi, penjualan produk/jasa, hingga melakukan pembelian langsung melalui aplikasi.
 
Inilah yang menjadi alasan kenapa beriklan di Instagram memiliki sejumlah keuntungan jika dibandingkan dengan platform media sosial lainnya.

Apa yang Harus Diperhatikan Sebelum beriklan di Instagram

Saat berbicara tentang iklan Instagram, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar iklan berhasil menjangkau banyak audiens sesuai dengan niche dari brand itu sendiri. Apa saja hal-hal penting itu?

1. Menentukan tujuan iklan
Tujuan beriklan haruslah jelas. Apakah iklan tersebut bertujuan hanya untuk product awareness, brand awareness, atau sekedar mengumpulkan informasi audiens. Saat tujuan iklan sudah ditetapkan, barulah materi iklan dapat dibuat dengan baik. 

2. Buat materi iklan yang interaktif
Materi iklan disini menyangkut banyak hal, seperti elemen-elemen iklan, copy, warna, gambar, desain, CTA dan penawaran yang diberikan (jika iklan bertujuan untuk product awareness).

Hal yang perlu diingat adalah ada banyak brand yang memiliki materi iklan menarik. Maka dari itu, Sobat Lakuuu harus bisa membuat materi iklan yang jauh lebih baik, sehingga tujuan iklan sukses tercapai.

3. Memilih Placement yang Tepat
Instagram memiliki sejumlah ads placement yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Sobat Lakuuu bisa menampilkan iklan di Instagram Story, Feed, bahkan di Reels dengan mudah.

Setiap placement memiliki keunggulannya masing-masing. Maka dari itu, untuk menguju efektivitas iklan, tidak ada salahnya untuk menggunakan metode Testing A/B untuk mengetahui iklan mana saja yang menarik banyak minat audiens. 

Jangan Beriklan Langsung Di Instagram, Gunakan Facebook Ads Manager!

Instagram menolong para pebisnis untuk membuat iklan langsung di dalam aplikasi Instagram. Hal Ini tentu saja akan menghemat banyak waktu dan meningkatkan efisiens digital marketer.
 
Instagram menghadirkan fitur “Boost Post”. Fitur Boost Post adalah fitur yang dibuat oleh Instagram khusus bagi para akun Instagram bisnis ingin membuat iklan dengan cepat.
 
Cara kerja fitur Boost Post ini sangat sederhana. Sobat Lakuuu cukup memilih postingan mana yang ingin diiklankan. Lalu, masukkan budget serta periode waktu iklan yang diinginkan, dan iklan berhasil dibuat. Bagaimana mudah kan?
 
Namun sayangnya, ada satu hal yang perlu Sobat Lakuuu pikirkan kembali jika ingin membuat iklan langsung melalui aplikasi Instagram, yaitu kurang lengkapnya fitur sortir audiens tertarget.
 
Tanpa adanya fitur audiens tertarget, Sobat Lakuuu tidak bisa menargetkan audiens dengan spesifik, seperti memilih audiens berdasarkan demografi, bahasa, minat pengguna, hingga lokasi audiens.
 
Maka dari itu, banyak digital marketer profesional yang menyarankan untuk membuat iklan melalui Facebook Ads Manager yang menyediakan beragam fitur marketing menarik, termasuk fitur laporan hasil performa iklan secara lengkap.

Lakuuu Indonesia juga menyediakan jasa Digital Marketing untuk memenuhi kebutuhan Sobat Lakuuu semua. Sobat Lakuuu dapat memilih berbagai paket jasa pada halaman Kreafinity.
 

3 Tips Cerdas Sukses Beriklan di Instagram

Berikut 3 tips sukses membuat iklan yang menjual di Instagram.
 
1. Tampilan Visual yang Menarik dan Interaktif
Hal yang perlu Sobat Lakuuu ingat kembali adalah Instagram merupakan media sosial berbasis visual. Maka dari itu, sangat penting untuk membuat visual iklan yang menarik, mulai dari font, warna, desain, copywriting, dan gambar pendukung.

2. Iklan Harus Singkat, Padat, dan Jelas
Iklan yang ideal adalah iklan yang sekali lihat, audiens paham apa yang brand coba sampaikan, dan apa yang harus audiens lakukan setelah melihat iklan tersebut. Masukkan hanya hal-hal penting ke dalam iklan. Jaga supaya kalimat mudah dipahami.

3. CTA yang Jelas
Banyak digital marketer yang meletakkan lebih dari satu CTA ke dalam iklan. Adanya banyak CTA dalam satu copy akan membuat para audiens kebingungan untuk melakukan suatu tindakan.

Maka dari itu, masukkan satu CTA dalam satu copy, sehingga CTA lebih terarah dan audiens paham harus berbuat apa.
Bagikan artikel

Artikel Terkait

tren-bisnis-online-2021
Insight
Tren Bisnis Online di Tahun 2021
Dalam dunia bisnis, terdapat tren yang tak dapat dipungkiri membawa...
model-bisnis-online-terbaik
Insight
Menentukan Model Bisnis Online Terbaik di antara Social Commerce, Marketplace, dan Website Commerce
Berkembangnya kecanggihan teknologi di era yang semakin maju, aktivitas jual-beli di pasar tradisional sedikit ditinggalkan...
persiapan-memulai-usaha
Insight
Persiapan Memulai Usaha Apapun dengan Meminimalisir Risiko
Persiapan memulai usaha sangat penting untuk dilakukan, lho. Baik itu usaha kuliner, wisata, jasa, atau jual beli barang apapun. Peluang dalam sebuah usaha sangat luas...
memilih-nama-dan-logo-brand-bisnis
Tips & Trik
Tips Memilih Nama dan Logo Brand Bisnis Kamu
Ketika kita hendak membangun suatu bisnis, salah satu langkah awal yang harus dilakukan adalah menentukan nama dan logo dari bisnis...