Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

5 Cara Mudah Membangun Brand Identity Hanya Dengan Bermodalkan Canva

by Lakuuu Team - 20 July 2021

membangun-brand-identity-dengan-canva
Sobat Lakuuu pastinya sudah tidak asing lagi dengan Canva ya kan? Platform desain gratis yang dirancang khusus untuk mempermudah semua orang dalam mendesain ini, telah banyak membantu pelaku bisnis dalam memangkas budget desain yang umumnya terbilang mahal.
 
Platform yang juga bisa di download melalui smartphone ini, memiliki ratusan template gratis untuk meningkatkan brand identity bisnis Sobat Lakuuu, mulai dari pembuatan logo, postingan media sosial, hingga bahan iklan yang siap pakai.
 
Bagi Sobat Lakuuu yang penasaran bagaimana cara membangun identitas brand hanya dengan bermodalkan Canva, berikut rangkumannya khusus untuk Sobat Lakuuu. 

#1 Membuat Logo 

Logo merupakan salah satu elemen terpenting untuk membangun identitas brand bisnis Sobat Lakuuu. Menciptakan logo yang unik, menarik, dan sejalan dengan visi misi bisnis mampu memberikan efek yang cukup kuat, sehingga dapat menarik perhatian publik. 
 
 
Sobat Lakuuu bisa dengan mudah menggunakan Canva untuk membuat logo yang unik dan menarik loh! Tenang saja! Terdapat lebih dari ratusan template logo yang bisa di customize secara gratis!
 
Tidak hanya itu, Sobat Lakuuu juga bisa memilih dan mengganti jenis dan ukuran font, warna, hingga menambah background untuk mempermanis tampilan logo. Mudah kan?

#2 Yuk kita buat social media post!

 
Postingan media sosial yang menarik akan meningkatkan engagement akun bisnis, sehingga semakin banyak pengguna yang akan mengetahui keberadaan bisnis Sobat Lakuuu.
 
Di Canva, Sobat Lakuuu akan menemukan berbagai macam contoh postingan sosial media, mulai dari Instagram post, Facebook post, Insta story, bahkan Facebook cover juga tersedia lengkap dan siap untuk digunakan. 
 
 
Di samping itu, Canva telah menyesuaikan ukuran postingan media sosial sehingga Sobat Lakuuu tidak perlu ambil pusing lagi dalam menentukan ukuran yang sesuai. 
 
Namun, Sobat Lakuuu dapat dengan mudah membuat dan menentukan ukuran desain sendiri dengan cara klik create a design lalu klik custom size. Kemudian masukkan ukuran desain yang diinginkan dan Canva akan membuatkan halaman baru sesuai dengan ukuran yang telah dimasukkan.

#3 Tidak ketinggalan untuk bahan iklan!

 
Iklan digital marketing adalah elemen terpenting dalam membangun awareness serta identitas brand bisnis. 
 
Dengan demikian, membuat iklan yang menarik dan atraktif merupakan kunci untuk menarik perhatian target pasar. 
 
Sobat Lakuuu tidak perlu khawatir, pasalnya seluruh template dan contoh iklan sosial media telah disediakan oleh Canva secara gratis, mulai dari iklan Facebook, Instastory, Instagram, Youtube dan iklan lainnya dalam bentuk gambar dan animasi.
 
Di samping itu, Canva juga telah menyediakan video berkualitas HD yang bisa Sobat Lakuuu edit, sehingga menghasilkan konten bisnis yang berkualitas.

#4 Di canva juga bisa membuat brand kit loh!

 
Brand kit adalah tempat dimana Sobat Lakuuu dapat menyimpan jenis dan ukuran fonts, warna, hingga logo perusahaan dalam satu tempat.
 
Selain sebagai tempat penyimpanan, brand kit juga berfungsi untuk tetap menjaga konsistensi brand, baik elemen warna, hingga jenis dan ukuran font yang telah ditetapkan, sehingga menciptakan keharmonisan dan hasil yang tertata rapi. 
 
Sayangnya, untuk menikmati fitur yang menarik ini, Sobat Lakuuu harus menjadi bagian dari member Canva premium terlebih dahulu. 
 

#5 Jangan lupa masukan tim kamu ya!
image.png 84.64 KB


Di Canva, Sobat Lakuuu bisa memasukkan seluruh tim yang berada di balik layar untuk turut bersama menciptakan desain yang atraktif dengan berpedoman pada brand kit yang telah dibuat. 
 
Seluruh tim dapat melakukan editing dan bahkan mengomentari setiap desain secara real-time, sehingga membuat pekerjaan lebih efisien dan efektif. 
 
Sama halnya dengan brand kit, fitur create team ini hanya bisa diakses apabila Sobat Lakuuu telah berlangganan Canva premium ya. 
Bagikan artikel

Artikel Terkait

tren-bisnis-online-2021
Insight
Tren Bisnis Online di Tahun 2021
Dalam dunia bisnis, terdapat tren yang tak dapat dipungkiri membawa...
model-bisnis-online-terbaik
Insight
Menentukan Model Bisnis Online Terbaik di antara Social Commerce, Marketplace, dan Website Commerce
Berkembangnya kecanggihan teknologi di era yang semakin maju, aktivitas jual-beli di pasar tradisional sedikit ditinggalkan...
persiapan-memulai-usaha
Insight
Persiapan Memulai Usaha Apapun dengan Meminimalisir Risiko
Persiapan memulai usaha sangat penting untuk dilakukan, lho. Baik itu usaha kuliner, wisata, jasa, atau jual beli barang apapun. Peluang dalam sebuah usaha sangat luas...
memilih-nama-dan-logo-brand-bisnis
Tips & Trik
Tips Memilih Nama dan Logo Brand Bisnis Kamu
Ketika kita hendak membangun suatu bisnis, salah satu langkah awal yang harus dilakukan adalah menentukan nama dan logo dari bisnis...