Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Apa Itu Strategi Hit and Run, dan Apa Kelebihannya?

by Lakuuu 7 November 2021

strategi-hit-and-run
Mungkin, salah satu strategi dalam dunia bisnis ini kurang dipahami oleh sebagian besar Sobat Lakuuu. Jika Sobat Lakuuu juga mencari definisi strategi marketing ini, maka akan sangat sedikit sumber yang menjelaskannya.

Daripada dibuat penasaran, yuk simak definisi dari strategi hit and run berikut dan apa keuntungan menerapkan metode ini.

Apa itu hit and run strategy?

Strategi hit and run adalah strategi yang digunakan oleh perusahaan untuk memasuki pasar tertentu, demi mendapatkan profitabilitas yang tinggi di suatu waktu, dan meninggalkan pasar tersebut saat profitabilitas menunjukkan penurunan.

Strategi marketing ini sangat umum digunakan, mengingat perusahaan dapat dengan mudah menawarkan atau menjual sesuatu yang sedang sangat diminati oleh suatu market, dan kemudian dapat dengan mudah meninggalkan market tersebut, ketika keadaan market tidak sepanas sebelumnya.

Inti dari strategi ini adalah menjalankan suatu bisnis tertentu saat sedang booming, dan keluar dari segmen pasar saat market sudah menunjukkan kehilangan ketertarikannya.

 Contoh Hit and Run Marketing Strategy

Mari kita lihat contoh berikut,

Ada perusahaan fashion A yang setelah menganalisis pasar, produk sweatshirt sedang viral karena digunakan oleh idol ternama. Akhirnya perusahaan fashion A membuat produk sweatshirt dalam jumlah yang cukup masif, dan memasang harga yang cukup tinggi.

Tentu saja, karena produk ini masih hangat diperbincangkan, harga bukanlah masalah. Banyak pembeli yang melakukan transaksi dan membeli produk sweatshirt tersebut. Perusahaan fashion A untung besar.

Namun, seiring berjalannya waktu, profit yang tinggi tersebut perlahan menunjukkan penurunan. Sehingga, perusahaan fashion A akhirnya memutuskan untuk meninggalkan segmen pasar.

Contoh di atas merupakan contoh dari hit and run strategy.

Tapi, perlu diingat, strategi ini juga mampu menjatuhkan kompetitor. Bagaimana caranya? Mari kita ambil contoh perusahaan fashion A di atas.

Ternyata, setelah perusahaan fashion A merilis produk sweatshirt yang sedang viral dengan harga selangit, ada perusahaan fashion B yang juga memasuki segmen pasar ini, dengan memberikan harga yang jauh lebih murah daripada perusahaan fashion A, namun tetap profitable.

Atas hal di atas, banyak market yang akhirnya lebih memilih membeli produk sweatshirt dari perusahaan fashion B. Membuat perusahaan fashion A mengalami kerugian.

Keuntungan strategi hit and run

Hit and run berfokus pada memanfaatkan segmen pasar tertentu, dan "menyerang" mereka saat ada kesempatan.

Tentu saja, profit yang didapat dari strategi hit and run ini sungguh luar biasa. Memanfaatkan momentum adalah kunci dari penerapan hit and run strategy.

Di samping itu, hit and run strategy juga dapat memperluas target market, yang berpotensi untuk mendatangkan leads dan menciptakan transaksi.