Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

5 Alasan Orang Lebih Suka Berbelanja di Website

by Lakuuu - 13 May 2022

5-alasan-orang-lebih-suka-berbelanja-di-website
Media sosial seperti Instagram sudah menambah fungsi mereka sebagai social commerce atau media sosial yang dimanfaatkan sebagai tempat untuk melakukan transaksi jual beli barang layaknya e-commerce konvensional.

Walau tidak menutup kemungkinan akan terjadinya transaksi di dalam media sosial, tapi sebagian besar pengguna internet lebih merasa aman dan nyaman berbelanja melalui official website.

Apa alasan mereka lebih suka belanja melalui website? Dan, apa pentingnya website bagi para pebisnis? Simak informasinya berikut ini.

Pentingnya website bagi kelangsungan bisnis era digital


Website merupakan situs halaman yang dapat diakses oleh banyak pengguna internet. Tujuan website disesuaikan dengan tujuan dari brand atau suatu perusahaan. Contohnya, website yang bertujuan untuk mencari keuntungan (komersil) atau website yang menyediakan beragam informasi.

Fakta menunjukkan, bahwa 62% pengguna internet (Sumber: Global Web Index) mengunjungi suatu website demi mendapatkan informasi tentang merek tertentu, dan bahkan ada juga yang melakukan transaksi. Hal ini menunjukkan, pentingnya memiliki website di era digital seperti sekarang ini.

Lebih lanjut, memiliki website dan strategi kehadiran secara online memungkinkan perusahaan atau brand untuk memasarkan bisnisnya lebih luas lagi dan menjangkau lebih banyak potential audience.

Tidak hanya itu, memiliki website bisnis juga akan sangat membantu untuk membangun kredibilitas sebagai bisnis di antara para audiens. Website umumnya menyediakan map atau penunjuk arah yang membantu konsumen untuk menemukan lokasi toko dengan mudah.

Hal penting lainnya kenapa memiliki website bisnis sangatlah penting adalah website merupakan representasi perusahaan. Mewakili perusahaan untuk menemukan calon konsumen yang berpotensi di dunia digital.

Dengan demikian, desain website yang menarik, tersedianya social-proof berupa testimoni pelanggan, hingga kemudahan aksesibilitas website dapat membantu brand untuk tumbuh dan berkembang jauh lebih cepat dan menghemat biaya serta waktu.

5 Alasan Kenapa Orang Suka Belanja Melalui Website


Ada beberapa alasan mengapa orang-orang lebih suka untuk berbelanja melalui website, di antaranya yaitu:

  1. Barang yang dijual lebih beragam
Website adalah mall digital. Hampir semua barang bisa ditemukan dengan mudah di dalam website, seperti pakaian, aksesoris, alat-alat kecantikan dan makeup, produk kecantikan, elektronik, dan lain sebagainya.

Jikapun produk yang Sobat Lakuuu inginkan habis, maka Sobat Lakuuu dapat dengan mudah mencari produk sejenis di website lainnya. Beberapa website juga menyediakan fitur “Let Me Know” yang bertujuan untuk menginformasikan ke calon pembeli, jika produk yang diinginkannya sudah restock.

2. Menghemat waktu
Informasi yang ada di dalam website sudah sangat jelas dan terperinci dengan baik. Hal Ini tentu saja berbeda dengan toko offline, dimana Sobat Lakuuu harus bertanya kepada pegawai yang ada di sana mengenai bahan produk, dan pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Setiap website yang menjual berbagai macam produk juga sudah menyortir produk ke dalam beberapa kategori, sehingga akan memudahkan Sobat Lakuuu untuk menemukan produk yang diinginkan.

3. Pengalaman belanja yang lebih mudah
Bayangkan, jika Sobat Lakuuu memerlukan produk yang harus digunakan sesegera mungkin, tapi karena adanya peraturan PPKM, maka pusat perbelanjaan tutup lebih awal.

Inilah yang menjadi pertimbangan kenapa orang lebih suka belanja melalui website, daripada langsung datang ke toko. Para konsumen bisa mengakses “mall digital” selama 24 jam penuh selama terhubung dengan jaringan internet. Pembeli cukup klik klik, dan produk langsung sampai di depan pintu rumah.

4. Memudahkan orang untuk membandingkan harga
Sebagai konsumen, tentu kita ingin mencari harga yang paling murah, namun dengan kualitas yang baik.

Jika di pusat perbelanjaan Sobat Lakuuu harus membandingkan kualitas bahan dan harga antar produk secara manual, maka website membantu Sobat Lakuuu untuk membandingkan harga dengan cara yang lebih efisien.

Sobat Lakuuu cukup membuka beberapa website yang menjual produk serupa, lalu Sobat Lakuuu langsung bisa membandingkan harga masing-masing produk antar website.

Selain dapat membantu dalam membandingkan harga, Sobat Lakuuu juga bisa mengetahui penilaian kualitas produk dari para pembeli yang sudah menggunakan produk tersebut (review).

5. Lebih banyak promo-promo menarik
Hal utama kenapa banyak orang yang lebih memilih belanja melalui website adalah lebih banyaknya promo-promo menarik, seperti harga spesial, potongan harga, penawaran menarik, atau bahkan bebas ongkos kirim.

Belum lagi jika ada event-event khusus seperti 11.11, 12.12, atau HARBOLNAS dengan potongan harganya yang bikin siapapun langsung ingin check-out barang. Tentu saja, acara-acara seperti ini akan jarang ditemukan di toko offline.

Bagi Sobat Lakuuu yang memiliki toko offline, bukan berarti Sobat Lakuuu harus meninggalkan toko offline tersebut. Ada baiknya Sobat Lakuuu menjalankan keduanya secara seimbang. Menjalankan bisnis secara online pastinya akan memberikan keuntungan yang belum didapatkan secara offline, begitupun sebaliknya. 

Kalau Sobat Lakuuu ingin membuka toko online, Sobat Lakuuu bisa membuat website toko online secara gratis selama satu bulan di Lakuuu loh! Klik disini untuk mendaftar. Selamat mencoba!
Bagikan artikel

Artikel Terkait

keuntungan-memiliki-website
Insight
Alasan dan Keuntungan Memiliki Website untuk Bisnis Anda
Bagi pemain baru dalam dunia bisnis, dapat memiliki website merupakan salah satu bentuk kesiapan dalam berkompetisi dengan kompetitor lainnya di dunia online. Konsumen pun dapat melihatnya sebagai bentuk kemapanan bisnis kamu
tren-bisnis-online-2021
Insight
Tren Bisnis Online di Tahun 2021
Dalam dunia bisnis, terdapat tren yang tak dapat dipungkiri membawa...
model-bisnis-online-terbaik
Insight
Menentukan Model Bisnis Online Terbaik di antara Social Commerce, Marketplace, dan Website Commerce
Berkembangnya kecanggihan teknologi di era yang semakin maju, aktivitas jual-beli di pasar tradisional sedikit ditinggalkan...
persiapan-memulai-usaha
Insight
Persiapan Memulai Usaha Apapun dengan Meminimalisir Risiko
Persiapan memulai usaha sangat penting untuk dilakukan, lho. Baik itu usaha kuliner, wisata, jasa, atau jual beli barang apapun. Peluang dalam sebuah usaha sangat luas...