Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Memaksimalkan Advertising lewat IG TV

by Lakuuu Team 14 September 2021

advertising-ig-tv
Ada banyak metode untuk memaksimalkan perikalan di Instagram. Salah satu cara iklan di Instagram yang efektif adalah menggunakan IG TV sebagai media untuk melakukan advertising. Akan tetapi, masih belum banyak yang mengetahui tentang bagaimana cara memaksimalkannya. 

Padahal, untuk memaksimalkan IG TV sebagai advertising itu ada banyak caranya. Saat ini, penggunaannya juga sudah banyak dilakukan oleh brand-brand dan merk ternama dari perusahaan besar. Dan menurut beberapa referensi, penggunaannya memang sangat efektif untuk mendongkrak tingkat penjualan. 

Mungkin memang, untuk metode pengoptimalan IG TV tidak bisa semaksimal ketika Sobat Lakuuu menggunakan Instagram ads. Akan tetapi, biaya yang dikeluarkan bisa jauh lebih murah dibandingkan dengan penggunaan fitur iklan yang ada di Instagram. 

Instagram ads akan memberikan penggunanya impresi yang sangat besar terhadap produk yang diiklankan. Ketika impresi yang dimiliki besar, maka convert rate-nya juga ikut besar, maka dari itu tak heran jika cara ini merupakan cara yang sangat efektif untuk meningkatkan penjualan. 

Cara kerja dari advertising melalui IG TV juga sama dengan penggunaan iklan atau ads Instagram. Persamaannya terletak pada jangkauan impresi yang lebih luas untuk mendapatkan convert rate yang lebih tinggi. Maka dari itu, ada cara yang harus dilakukan untuk memaksimalkannya. 

Bagi Sobat Lakuuu yang sudah penasaran tentang bagaimana caranya, berikut ini penjelasan lengkap mengenainya. 

Cara Memaksimalkan Advertising melalui IG TV

Ada beberapa metode yang bisa Sobat Lakuuu terapkan untuk mengoptimalkan advertising melalui IG TV, berikut ini ulasannya. 

1. Memilih Audio dan Subtitle

Di sini, pemilihan audio dengan kualitas yang baik harus dilakukan. Untuk video dengan audio yang kualitasnya buruk, tentu akan mempengaruhi impresi pertama dari audiens yang mendengarkannya. Jika tak ingin hal itu terjadi, silakan untuk melakukan mix audio dengan baik. 

Hal ini harus Sobat Lakuuu lakukan agar masyarakat yang menjadi pelanggan potensial bisa menyimak video yang telah Sobat Lakuuu unggah melalui IG TV. Selain itu, audio yang baik juga akan membuat konsumen betah untuk mendengarkannya. Maka dari itu, engagement yang Sobat Lakuuu miliki juga akan sangat tinggi. 

Itu untuk audio. Untuk subtitle, Sobat Lakuuu perlu menyertakannya agar seluruh segmen masyarakat mengerti tentang apa yang disampaikan. Terkadang, masyarakat kesusahan jika harus mengartikan bahasa asing, bahasa slang, dan bahasa lain yang mungkin tidak dimengerti. 

Selain itu, subtitle juga berguna bagi masyarakat yang punya keterbatasan dalam hal pendengaran. Jadi, sertakan subtitle juga di dalam advertising yang Sobat Lakuuu lakukan. 

2. Sertakan link dan hashtag

Yang jangan sampai Sobat Lakuuu lupakan sebagai cara iklan di Instagram melalui IG TV adalah menyertakan link dan juga hashtag. Link di sini, merupakan link yang akan mengarahkan para pelanggan jika tertarik dan berminat untuk membeli atau menggunakan jasamu. 

Biasanya, link tersebut akan mengarahkan pada contact person yang memang telah disediakan. Gunanya tentu untuk menggaet mereka yang memang sangat berpotensi menjadi konsumen dari produk dan juga layanan yang ditawarkan. 

Jangan lupa juga menyertakan hashtag. Gunanya adalah untuk meningkatkan reach dari video yang Sobat Lakuuu bagikan. Tapi ingat, jangan terlalu banyak menyertakan hashtag karena algoritma Instagram akan mendeteksinya sebagai spam. Gunakan sewajarnya saja. 

3. Sering evaluasi

Tahap yang tentu jangan sampai dilewatkan adalah evaluasi untuk konten yang dibagikan. Untuk mendapatkan bahan evaluasi, Sobat Lakuuu bisa melihatnya dari fitur Insight yang sudah disediakan oleh Instagram. 

Di sana terdapat berbagai macam informasi termasuk siapa saja yang menonton, usia, lokasi atau domisili, dan berapa banyak impresi yang didapatkan. Setelah mendapatkannya dan Sobat Lakuuu mengetahui ada hal-hal yang harus diperbaiki, maka segeralah lakukan evaluasi dan dapatkan metode baru dalam membuat advertising. 

Dengan menggunakan cara iklan di Instagram lewat IG TV tersebut Sobat Lakuuu berkesempatan untuk mendapatkan pelanggan yang lebih banyak lagi. 

Selain itu, dengan Sobat Lakuuu menggunakan IG TV, Sobat Lakuuu bisa menghemat pengeluaran karena biayanya tidak akan sebesar ketika Sobat Lakuuu menggunakan Instagram ads.