Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Apa Affiliate Marketing? Berikut Simak Penjelasannya

by Lakuuu Team 30 July 2021

affiliate-marketing
Apa Affiliate Marketing? Mungkin kata-kata tersebut sering membuat Sobat Lakuuu bertanya-tanya. Apalagi di era bisnis saat ini yang berbasis digital. Tentunya sudah banyak pengguna dari salah satu jenis marketing atau pemasaran ini.

Bahkan melalui jenis marketing yang satu ini bisa mendapatkan pundi uang kapanpun dan dimanapun. Selain itu jenis marketing ini juga sangat mudah digunakan.

Untuk mengetahui Afiliasi ini secara menyeluruh. Simak ulasan berikut ini.

Apa Affiliate Marketing? Simak Definisinya Sebagai Berikut!

Bisnis kekinian yang satu ini bisa dilakukan oleh siapapun. Apakah Sobat Lakuuu tertarik? 

Definisi

Affiliate Marketing atau Afiliasi merupakan sebuah jenis pemasaran dengan menggunakan orang lain untuk memasarkan produk yang dimiliki. Sebagai contohnya sebuah perusahaan kosmetik pasti membutuhkan jasa ini untuk menawarkan produk mereka.

Agar orang lain semakin tertarik untuk membeli produk tersebut. Ada beberapa pihak yang berkaitan dengan jasa yang satu ini. Untuk yang pertama yaitu brand perusahaan atau pemilik produk yang ingin ditawarkan. Selain itu ada juga Affiliate yaitu orang yang menawarkan produk tersebut kepada orang lain.

Serta yang terakhir yaitu pelanggan atau konsumen. Konsumen yaitu orang yang membeli produk yang ditawarkan oleh Affiliate.

Cara Bergabung Dengan Affiliate Marketing

Setelah mengetahui mengenai apa affiliate marketing. Berikut alasan Affiliasi banyak digemari dan cara untuk bergabung menjadi seorang Affiliate.

Tentu saja pekerjaan ini sangat mudah dan banyak digemari oleh anak muda saat ini. Pasalnya komisi atau hasil keuntungan yang diperoleh dari menawarkan produk tersebut juga relatif tinggi.

Selain itu seorang Affiliate ini juga akan mendapatkan produk tersebut secara gratis. Apalagi dengan kemudahan teknologi informasi seperti saat ini.

Untuk bergabung menjadi seorang Affiliate bisa mencari management atau brand perusahaan. Biasanya untuk melakukan Affiliate ini ada perusahaan yang mengharuskan memiliki jumlah followers Instagram minimal 2000.

Namun ada juga perusahaan yang membutuhkan jasa marketing ini tanpa syarat. Oleh sebab itu pekerjaan yang satu ini sangat cocok digunakan di masa pandemi saat ini.

Sobat Lakuuu hanya membutuhkan keberanian untuk berbicara di depan kamera. Selain itu, menyediakan kuota internet untuk menawarkan produk tersebut.

Setelah mengetahui apa Affiliate Marketing, Sobat Lakuuu tertarik untuk mencobanya?

Mengapa Affiliate Marketing Itu Penting dalam Sebuah Usaha Bisnis?

Beberapa alasan berikut ini sangat linear dengan kondisi yang terjadi pada zaman ini.

Memiliki Resiko yang Rendah

Bagi pelaku bisnis yang baru saja terjun dalam dunia bisnis, bisa menggunakan jenis marketing yang satu ini. Pasalnya resiko kerugian yang akan dialami juga relatif rendah.

Biasanya melalui konten yang dikemas secara menarik serta menggunakan jasa Affiliate yang sesuai. Maka akan menambah daya tarik konsumen untuk membelinya.

Apalagi untuk melakukan penawaran ini hanya melalui sosial media. Seperti Instagram, website, dan lain-lain.

Menghemat Biaya Pemasaran

Tentu saja dalam menjalankan usaha bisnis sudah banyak modal yang dikeluarkan. Untuk meminimalkan modal seefektif mungkin bisa menggunakan jasa marketing ini.

Pasalnya Sobat Lakuuu hanya menyisihkan komisi dan produk untuk dipasarkan. Besaran komisi ini juga tergantung kepada orang yang ingin dihubungi.

Apabila menggunakan Affiliasi dengan talent yang sudah terkenal seperti selebgram. Tentunya akan membutuhkan biaya yang tinggi.

Namun jika hanya menggunakan Affiliate biasa namun tetap dengan jumlah followers yang banyak, Sobat Lakuuu akan hanya mengeluarkan biaya yang relatif sedikit.

Mulai dari apa Affiliate Marketing hingga alasan dan cara untuk bergabungnya sangat menarik bukan?