Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Apa Itu Analisis SWOT? dan Bagaimana Penerapannya?

by Lakuuu 26 October 2021

analisis-swot
Bagi Sobat Lakuuu yang menjalankan bisnis, maka wajib memahami mengenai analisis SWOT. Sebab analisis ini akan sangat membantu Sobat Lakuuu dalam menentukan strategi bisnis ke depan.

Sobat Lakuuu pasti memahami bahwa untuk menjalankan bisnis tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, diperlukan perencanaan dan strategi yang matang untuk mengambil setiap langkah.

Apalagi saat ini persaingan di dunia bisnis sudah sangat ketat. Tanpa adanya strategi yang matang, bisnis milik Sobat Lakuuu akan sangat sulit untuk bisa memenangkan persaingan.

Dengan menggunakan metode SWOT, Sobat Lakuuu akan mampu merumuskan strategi yang tepat sesuai kondisi bisnis. Sehingga strategi tersebut benar-benar bisa diterapkan dan membawa keuntungan bagi bisnis Sobat Lakuuu.

Memahami Analisis SWOT Secara Rinci

Sebenarnya SWOT adalah sebuah singkatan dari strengths, weakness, opportunities dan juga threats. Sehingga memahami analisis tentang SWOT berarti memahami cara menggunakan keempat variabel tersebut yaitu seperti berikut.

1.  Strengths (Kekuatan)

Strengths atau kekuatan adalah hal positif yang dimiliki secara internal dari diri atau bisnis Sobat Lakuuu. Ada banyak aspek yang dapat dikategorikan ke dalam kekuatan Sobat Lakuuu.

Beberapa aspek tersebut seperti keunggulan kompetitif produk, nilai produk, kualitas produk, kinerja karyawan dan berbagai aspek lainnya. Untuk memahami strengths, Sobat Lakuuu bisa melihat keunggulan bisnis yang dimiliki.

2.  Weakness (Kelemahan)

Kebalikan dari strengths, weakness atau kelemahan adalah hal positif yang dimiliki secara internal di dalam diri atau bisnis Sobat Lakuuu. Untuk menemukan kelemahan memang diperlukan penilaian yang mendalam.

Contoh-contoh kelemahan dalam analisis SWOT meliputi kekurangan produk, kinerja karyawan yang tidak produktif, biaya modal mahal dan sebagainya. Kelemahan ini akan membuat nilai bisnis Sobat Lakuuu berkurang di mata pelanggan.

3.  Opportunities (Peluang)

Opportunities atau peluang adalah aspek positif yang berasal dari eksternal diri atau bisnis Sobat Lakuuu. Aspek tersebut jika dimanfaatkan dengan baik akan mampu membawa Sobat Lakuuu pada kesuksesan.

Contoh peluang seperti tren industri yang mendukung produk Sobat Lakuuu, penerimaan masyarakat terhadap nilai bisnis Sobat Lakuuu dan sebagainya. Peluang-peluang tersebut harus mampu Sobat Lakuuu manfaatkan dengan baik.

4.  Threats (Ancaman)

Threats atau ancaman merupakan aspek eksternal yang bisa memberi dampak negatif terhadap bisnis Sobat Lakuuu. Sobat Lakuuu perlu memikirkan strategi guna menghadapi berbagai ancaman ini.

Keuntungan Menggunakan Analisis SWOT dalam Bisnis

Sobat Lakuuu telah memahami apa sih sebenarnya SWOT itu. Namun mungkin masih ada pertanyaan di dalam diri Sobat Lakuuu apakah analisis ini memang harus dilakukan.

Pada bagian awal kami telah menjelaskan bahwa analisis ini dapat membantu Sobat Lakuuu dalam membuat strategi. Namun untuk memberikan penjelasan lebih rinci, berikut adalah keuntungan menggunakan analisis ini dalam bisnis.

1.  Mudah Digunakan

Memang benar bahwa untuk membuat strategi bisnis bisa dilakukan dengan banyak cara. Namun analisis menggunakan SWOT adalah salah satu cara yang paling mudah. Tidak perlu khawatir jika Sobat Lakuuu pemula.

Sehingga bagi Sobat Lakuuu yang baru terjun ke dunia bisnis pasti juga bisa menggunakan analisis SWOT. Dengan begitu peluang bisnis Sobat Lakuuu yang baru dibangun mencapai keberhasilan akan semakin besar.

2.  Perhitungan Yang Jelas

Seperti kami sebutkan sebelumnya dalam analisis ini Sobat Lakuuu akan mempertimbangkan 4 aspek. Sehingga perhitungan yang perlu dilakukan oleh Sobat Lakuuu sangat jelas dan tidak membingungkan.

Sobat Lakuuu hanya perlu memahami kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman untuk membuat strategi bisnis. Dengan perhitungan ini, strategi bisnis juga bisa dibuat dengan lebih cepat.

Penerapan Analisis SWOT Dalam Bisnis

Untuk membantu Sobat Lakuuu dalam menerapkan analisis ini, berikut kami sudah menyiapkan contohnya. Silahkan pahami contoh ini dengan baik agar Sobat Lakuuu bisa menerapkannya dengan tepat.

1.  Sobat Lakuuu bisa memulai proses analisis ini dari memahami kekuatan yang dimiliki perusahaan
2.  Buatlah list mengenai poin-poin kelebihan yang dimiliki perusahaan
3.  Contohnya adalah kualitas produk terbaik karena dibuat dari bahan segar dan menyehatkan
4.  Setelah itu Sobat Lakuuu bisa menganalisis kelemahan yang dimiliki
5.  Contoh kelemahan yang dimiliki adalah harga modal tinggi
6.  Setelah menemukan kekuatan dan kelemahan, Sobat Lakuuu bisa beralih ke peluang dan ancaman
7.  Lihatlah pada sekitar untuk menemukan peluang dan ancaman tersebut
8.  Contoh peluang dalam kasus ini adalah tingginya kesadaran masyarakat terhadap produk berkualitas dan menyehatkan
9.  Sementara contoh ancaman adalah hadirnya kompetitor yang memiliki produk dengan harga murah
10.  Setelah mengetahui keempat hal tersebut, maka Sobat Lakuuu bisa mulai merumuskan strategi
11.  Sobat Lakuuu harus membuat strategi yang menonjolkan kekuatan dan menghilangkan kelemahan dengan memanfaatkan peluang dan ancaman
12.  Dalam contoh ini, maka Sobat Lakuuu bisa membuat strategi untuk menonjolkan manfaat produk pada kesehatan ketika melakukan pemasaran
13.  Selain itu Sobat Lakuuu juga harus menghindari perasingan harga karena adanya kompetitor sebagai ancaman
14.  Sehingga sekarang Sobat Lakuuu sudah mengetahui strategi yang harus diterapkan

Contoh di atas hanya menghitung satu aspek pada tiap-tiap variabel. Tentunya dalam penerapannya Sobat Lakuuu akan menemukan banyak aspek ketika melakukan analisis SWOT untuk membuat strategi bisnis.