Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Apa itu Instagram Reels dan Kegunaannya untuk Bisnis Kamu?

by Lakuuu Team 28 September 2021

apa-itu-instagram-reels
Beberapa waktu yang lalu, jagat dunia maya dihebohkan dengan munculnya fitur terbaru Instagram yaitu Reels. Fitur yang satu ini juga sangat digemari oleh masyarakat. Namun, ternyata Instagram reels itu tak hanya sekadar jadi hiburan melainkan bisa jadi media iklan yang baik. Bahkan kini banyak tips Instagram reels yang bisa Sobat Lakuuu pelajari.

Apa itu Instagram Reels dan Kegunaannya untuk Bisnis Sobat Lakuuu?

Karena fitur ini adalah fitur yang baru maka ada baiknya jika Sobat Lakuuu mempelajarinya lebih lanjut. Inilah penjelasan tentang Instagram reels untuk bisnis:

Mengenal Tentang Instagram Reels
Seperti yang telah kita bahas sedikit di bagian atas bahwa Instagram reels merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh Instagram. Tampilannya mirip dengan fitur yang ada di TikTok sehingga banyak orang mengatakan ini adalah plagiat dari TikTok.

Namun, jika ditelaah lebih dalam lagi, keduanya tetap memiliki perbedaan. Walaupun memang sekilas memang sangat mirip. Instagram reels disambut dengan baik oleh masyarakat dunia karena kini dalam satu aplikasi sudah lengkap.

Kegunaan untuk Menjalankan Bisnis
Instagram reels ini juga disambut dengan baik oleh para pebisnis Indonesia maupun luar negeri karena sangat cocok untuk iklan. Inilah dia beberapa kegunaannya untuk bisnis Sobat Lakuuu:

1. Bisa Berkesempatan Masuk ke Explore

Dengan memanfaatkan fitur Instagram Reels ini, Sobat Lakuuu berkesempatan membuat konten yang dibuat itu masuk ke Explore. Fakta menunjukkan bahwa Instagram reels ini akan lebih dikuatkan untuk masuk ke tab explore agar makin menjangkau pengguna Instagram.

Dengan masuk ke explore maka Sobat Lakuuu bisa mendapatkan interaksi yang lebih baik. Tips Instagram reels untuk bisnis ini, jangan menggunakan watermarkagar lebih mudah masuk ke explore.

2. Meningkatkan Engagement

Jika sudah sering muncul di Instagram Reels maka otomatis akan meningkatkan engagement atau kunjungan di profil Sobat Lakuuu. Jika mereka tertarik dengan produk atau jasa yang Sobat Lakuuu tawarkan maka pengikut pun akan semakin bertambah. Banyaknya jumlah pengikut akan meningkatkan kepercayaan masyarakat.

3. Meningkatkan Brand Awareness

Selanjutnya, Instagram Reels ini bisa meningkatkan brand awareness. Artinya, bisnis Sobat Lakuuu akan lebih mudah dikenal oleh masyarakat yang menggunakan Instagram. Dengan seringnya muncul di explore membuat orang makin penasaran dengan produk yang Sobat Lakuuu jual.

Akhirnya mereka menjadi ingin membeli karena brand Sobat Lakuuu telah terngiang-ngiang di kepala bahkan di bayangan mereka.

4. Iklan Lebih Bertarget

Ternyata, Instagram tak hanya membuat reels untuk hiburan melainkan dimasukkan juga untuk pemasaran. Jadi, jika sebelumnya Sobat Lakuuu hanya bisa memasarkan produk lewat post atau story maka kini Sobat Lakuuu bisa menggunakan reels

Dengan antusiasme pengguna Instagram yang sangat tinggi akan membuat iklan Sobat Lakuuu juga semakin bertarget. Sebab, Instagram Ads bekerja menampilkan iklan sesuai dengan pencarian pengguna.

5. Kesempatan untuk Menampilkan Personal Brand Sobat Lakuuu

Dengan fitur yang banyak dan menarik, Sobat Lakuuu bisa menggunakan reels untuk menampilkan personal brand. Artinya, Sobat Lakuuu bisa membuat brand Sobat Lakuuu itu dikenal bahkan hingga ke dasarnya. Pengguna Instagram akan mengenal lebih jauh tentang perusahaan dan juga kelebihan produk serta jasa yang Sobat Lakuuu tawarkan.

Itu dia penjelasan mengenai Instagram Reels sekaligus kegunaannya. Pada penjelasan di atas juga telah sedikit diselipkan tips Instagram reels untuk bisnis agar makin menarik. Semoga, Instagram reels bisa menjadi solusi lain dari para pebisnis di Indonesia sehingga perekonomian semakin meningkat.