Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Apa Itu Merger Pada Perusahaan?

by Lakuuu Team 1 August 2021

apa-itu-merger
Memang tidaklah mudah menyatukan dua perusahaan yang berbeda menjadi satu kesatuan. Namun untuk berbagai alasan tertentu, merger adalah hal yang harus dilakukan. Tentunya alasan tersebut berkaitan dengan kebaikan antara kedua belah pihak. Dengan melakukan merger, suatu perusahaan dapat menyelesaikan perusahaan lain yang sedang bermasalah.

Merger adalah suatu proses penyatuan atau kesepakatan antara dua atau lebih perusahaan untuk menjadi sebuah kerjasama yang baru. Sesuai dengan maknanya tersebut, salah satu perusahaan akan tetap berdiri sesuai dengan nama  yang dimiliki dan satunya lagi akan kehilangan nama beserta kekayaannya.

Biasanya cara penyatuan dua perusahaan tersebut dilakukan dengan transfer kepemilikan, yakni bertukar saham ataupun dengan menggunakan pembayaran tunai. Setelah merelakan saham tersebut, kemudian akan diterbitkan saham terbaru sebagai saham dari perusahaan baru yang terbentuk setelah terjadinya merger.

Alasan perusahaan melakukan merger

Merger bukanlah suatu hal yang bisa dilakukan tanpa adanya suatu problem atau kendala. Namun, mesti tidak mudah justru merger adalah hal yang mampu membawa profit dengan jumlah yang banyak. Berikut ini sebab-sebab perusahaan melakukan merger:

  • Perusahaan bisa tumbuh dengan cepat

Jika Sobat Lakuuu yang menginginkan perusahaannya tumbuh dengan cepat, maka merger merupakan salah satu cara yang dilakukan. Apalagi jika kedua perusahaan tersebut juga memiliki produk serta komitmen tinggi untuk maju bersama.

Semakin cepat pertumbuhan perusahaan yang di merger, maka semakin tinggi pula dampak positif yang diberikan. Sobat Lakuuu akan terhindar dari macam-macam pengadaan produk, serta bisa melangkah maju bersama dengan perusahaan pesaing.

  • Pajak

Pajak merupakan retribusi yang wajib dibayarkan oleh setiap orang maupun badan usaha, baik itu masyarakat sipil maupun bukan. Namun jumlah nominal yang harus ditanggung dan  dibayarkan oleh perusahaan tidaklah sedikit per tahunnya.

Nah pengeluaran inilah yang kemudian membuat keuangan perusahaan semakin melemah dan menyebabkan kerugian. Oleh karena itu demi menghindari hal tersebut serta agar perusahaan tidak gulung tikar. 

Sobat Lakuuu bisa mengajukan untuk merger dengan perusahaan lain yang bersedia. Dengan merger tersebut akan dihasilkan laba yang cukup untuk menutup kerugian pajak yang telah ditanggung.

  • Meningkatkan keuangan perusahaan

Ada kalanya sebuah perusahaan ingin melakukan ekspansi internal, dan hal tersebut membutuhkan dana yang tidak sedikit. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan biaya itu adalah dengan bergabung bersama perusahaan yang memiliki likuiditas lebih tinggi.

Semakin tinggi tingkat likuiditas dari perusahaan yang akan di merger, maka semakin tinggi pula tingkat daya pinjam dan kewajiban perusahaan justru menjadi turun.

  • Bersinergi

Melalui merger, perusahaan akan membawa keuntungan yang semakin banyak lagi terutama pada stakeholder-stakeholder di bawahnya. Sebab setelah penggabungan dilakukan nilai-nilai bisnis atau sinergi yang baru dibentuk akan meningkat.

Sinergi sendiri merupakan hal penting yang dihasilkan oleh kedua perusahaan yang melakukan merger dan bekerja dengan kompak. Terdapat dua macam sinergi yakni sinergi yang dihasilkan yakni sinergi biaya dan sinergi pendapatan

Merger adalah salah satu peluang yang bisa Sobat Lakuuu pilih untuk memperluas pasar bisnis. Merger juga lebih mudah dan terjangkau dibandingkan jika suatu perusahaan mengambil alih perusahaan yang lain.

Sobat Lakuuu juga tidak perlu belajar dari nol lagi, karena langsung bisa melanjutkan bisnis berbekal dari pengalaman yang sudah diperoleh sebelumnya. Selain berpotensi memberi keuntungan yang lebih besar, peluang-peluang bisnis yang lain akan mudah tercipta dengan adanya merger.