Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Apa itu Selebgram dan Kontribusinya untuk Bisnismu?

by Lakuuu Team 24 August 2021

apa-itu-selebgram
Sobat Lakuuu, tahukah apa itu selebgram? Selebgram merupakan kepanjangan dari selebriti Instagram. Mereka adalah orang-orang atau public figure yang terkenal melalui media sosial. Sudah menjadi sebuah fakta bahwa untuk menjadi terkenal di era sekarang ini sudah tidak perlu repot mengikuti casting sana-sini. Perkembangan media sosial yang begitu kaya akan fitur memungkinkan kemudahan seseorang untuk menjadi public figure seperti selebgram.

Selebgram adalah seseorang yang terkadang biasa saja atau mungkin bisa menjadi seseorang yang terkenal di Instagram dengan ribuan sampai jutaan pengikut. Tidak kalah dengan artis layar kaca. Memang banyak sekali media sosial seperti Facebook, Twitter, dan sejenisnya. 

Namun, Instagram mempunyai ciri khas sendiri. Media sosial ini lebih fokus ke visual dalam aktivitas post and share di dunia maya. Berbagai fiturnya pun beragam dan inovatif. Sehingga tak ayal jika banyak kawula muda yang menggandrungi Instagram. Bahkan tidak hanya anak muda, dewasa ini kalangan orang tua juga bisa dibilang tidak mau ketinggalan perkembangan jejaring sosial yang satu ini.  

Apa itu Selebgram Serta Peranannya dalam Dunia Bisnis
 

Kini selebgram telah menjadi strategi yang ampuh untuk membangun sebuah minat dan trend di masyarakat. Pemakaian selebgram sebagai media pengiklan sebuah produk dipercaya dapat meningkatkan perhatian pengguna media sosial saat barang tersebut mereka perkenalkan ke sosial media. Peran selebriti Instagram dalam dunia bisnis ini menjadikan sebuah produk ataupun jasa akan mudah dikenal dan diketahui masyarakat. Hal ini karena dipengaruhi oleh pamor seorang selebgram.

Dengan pamor Instagram yang begitu disambut baik oleh banyak pengguna media sosial di seluruh dunia inilah yang menjadi salah satu faktor munculnya selebgram. Lantas, apa itu selebgram? Sebutan selebgram ini biasanya diberikan kepada seseorang yang mempunyai banyak followers di Instagram. Followers yang banyak tersebut bisa didasari oleh unggahan foto atau video yang menarik dan banyak disukai oleh pengguna instagram yang lain. Konten unik yang diposting selebgram tersebut bisa menjadi bahan perbincangan pengguna media sosial dan menjadikannya viral dalam sekejap. 

Dengan impact yang sedemikian besar dan berpengaruh ke masyarakat luas, maka tidak sedikit selebgram yang di endorse oleh brand-brand sebuah produk, dengan harapan ribuan followers dan pengguna Instagram yang lain berminat untuk menggunakan produk dari brand tersebut. 

Berbagai metode seperti testimoni, cara penggunaan produk, dan karakteristik produk yang dipakai oleh selebgram tersebut akan menarik followers untuk membeli produk yang ditawarkan. Berikut beberapa kontribusi selebgram dalam dunia bisnis saat ini : 

Membantu Mengenalkan Produk dan Jasa dari Sebuah Brand

Dengan adanya selebgram, segala macam produk baik dari brand baru atau yang sudah terkenal akan mudah dikenali oleh masyarakat luas. Intensitas postingan seorang selebgram yang banyak di timeline serta konten-konten yang disajikan beragam, akan menjadikan sebuah produk cepat dikenali oleh banyak pengguna sosial media.

Menarik Minat Beli Masyarakat
 

Setelah Sobat Lakuuu tahu apa itu selebgram, selanjutnya perhatikan apakah selebgram dapat menarik minat masyarakat membeli suatu produk? Setelah sebuah produk mendapat perhatian dan dikenali oleh konsumen, maka yang menjadi tujuan selanjutnya adalah tentang menarik minat beli dari calon konsumen tersebut. Sebuah produk memiliki kelebihan masing-masing yang perlu ditonjolkan saat diiklankan. 

Oleh karena itu, selebgram perlu memahami karakteristik dan keunggulan produk yang hendak ditawarkan dengan betul. Sehingga calon pembeli yang baru mengetahui produk tersebut akan mudah tertarik untuk membeli dan menggunakannya. 

Dari sudut pandang brand juga harus teliti sebelum menggaet seorang selebgram untuk endorse. Perlu diperhatikan bagaimana rekam jejaknya di dunia maya, pengalaman, dan pamor di mata masyarakat, tidak cukup hanya melihat seberapa banyak jumlah followers

Karena jumlah followers yang banyak tidak jaminan berpengaruh besar terhadap laris atau tidaknya sebuah produk yang ditawarkan. Maka dari itu sudah seharusnya sebuah brand memilih seorang public figure dengan reputasi yang baik. Public figure yang baik akan memiliki personal branding yang bagus. Hal tersebut akan membantu branding yang bagus pula pada produk yang Sobat Lakuuu tawarkan.

Mendongkrak Angka Penjualan dari Sebuah Produk
 

Semakin banyaknya masyarakat dan pengguna Instagram yang tahu produk Sobat Lakuuu, maka semakin besar pula kemungkinan penjualan yang dihasilkan.

Sebagai contoh saat Meghan Markle mengenakan gaun brokat emas sewaktu menghadiri sebuah acara di Buckingham Palace beberapa tahun silam. Pengaruhnya, hanya dalam waktu beberapa jam saja terjadi lonjakan permintaan gaun brokat hingga mencapai 500%.

Menjangkau Banyak Konsumen
 

Tidak sedikit pebisnis yang masih cenderung mempromosikan sebuah produk melalui iklan, baik cetak maupun elektronik. Namun, sekarang banyak masyarakat yang memiliki melewatkan iklan sebuah produk. Di sinilah peran selebgram untuk mengisi kekosongan tersebut. 

Saat ini jumlah pengguna sosial media yang aktif di Indonesia saja bisa mencapai 150 an juta jiwa lebih, dengan rata-rata waktu online hampir 2 jam setiap hari, bahkan bisa lebih. 

Maka, dengan menunjuk penjelasan mengenai apa itu selebgram, merupakan tokoh yang mampu mengemas produk ke dalam konten yang menarik. Bahkan, tidak melewatkan informasi tentang produk yang ditawarkan, maka tentu promosi produk Sobat Lakuuu tidak akan dilewatkan begitu saja oleh para pengguna sosial media khususnya Instagram. Artinya adalah peluang untuk menjangkau banyak konsumen akan tercapai dengan mudah.