Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Sebenarnya Apa Sih Perusahaan Startup?

by Lakuuu Team 1 September 2021

apa-itu-startup
Mungkin diantara Sobat Lakuuu pasti ada yang belum mengenal istilah startup. startup sendiri merupakan sebuah kata serapan lewat Bahasa Inggris yang mempunyai arti tindakan atau proses untuk memulai suatu usaha bisnis maupun organisasi baru. Bingung dengan istilah ini? Berikut kita bahas apa itu perusahaan startup.

Sebenarnya, startup merujuk kepada salah satu perusahaan bisania yang baru didirikan serta masih dalam tahap pengembangan. Nah, pengembangan ini dilakukan supaya mendapatkan target pasar yang cocok dengan keinginan. Untuk Sobat Lakuuu yang lebih dulu mendalami dunia startup, tentunya sudah tak asing lagi mendengar istilah tersebut.

Di Indonesia, ada cukup banyak pengusahawan muda yang mulai mencoba peruntungan melalui membangun serta mengembangkan bisnis startup. Namun, tidak semuanya mampu sukses dalam waktu yang bersamaan.

Tentu saja hal ini karena terdapat sejumlah faktor yang kemungkinan tidak mendukung. Hanya perlu ada tekad kuat, inovasi tanpa batas, dan kreativitas untuk mewujudkan suatu perusahaan startup yang cukup besar sampai bisa memiliki gelar unicorn.

Pertumbuhan Perusahaan startup di Indonesia

Dengan banyak pemakai internet, hal ini cukup menjadikan potensi untuk pendiri startup untuk mengembangkan bisnisnya. Dengan demikian, mereka dapat memperoleh keuntungan lumayan besar. Pendiri startup sendiri tentu akan berupaya memberi kemudahan layanan bagi tiap pengguna internet. Itu termasuk pelayanan jasa ataupun menjual sebuah produk.

Apalagi dengan smartphone berbasis Android dapat membuat orang lebih suka menggunakan internet. Dengan demikian, startup mana yang tak tergiur dengan munculnya peluang bisnis ini. Sehingga Sobat Lakuuu jangan heran kalau terdapat perusahaan yang semakin berlomba-lomba membuat startup dengan pelayanan terbaik.

Berikut adalah beberapa startup yang berkembang di tanah air. Perkembangan ini tidak lain dikarenakan kesempatan pasar masih cukup besar. Sementara, beberapa macam startup yang berkembang pesat adalah:

  • Startup Edukasi

Pendidikan atau edukasi merupakan kebutuhan yang tak dapat digantikan. startup ini terbilang salah satu macam startup yang mempunyai perkembangan cukup besar. Sementara peminatnya sendiri berasal dari banyak kalangan.

Dengan demikian, tidak heran kalau pasarnya sangat besar. Contohnya, sebuah startup yang memberikan berbagai jenis informasi, mulai kisah motivasi, inspiratif, dan lainnya. Tentu saja edukasi ini begitu bernilai informatif bagi setiap konsumen.

  • Startup Game

Menjadi salah satu macam startup yang mempunyai perkembangan begitu pesat. Hal ini tidak lain disebabkan peluang pasar serta peminat game tergolong besar. Terlebih lagi peminat game ini tak mengenal adanya kesulitan ekonomi. Dengan demikian, hal ini membuat peminat game selalu muncul.

  • Startup E-Commerce atau Perdagangan

Jika dulu orang-orang harus repot keluar rumah selama berjam-berjam agar bisa membeli barang yang dibutuhkan, maka seiring dengan perkembangan zaman hal ini langsung terbantahkan.

Karena, jenis startup e-commerce atau perdagangan ini memungkinkan para pengguna internet tak repot lagi harus keluar rumah kalau ingin membeli sesuatu yang dibutuhkan. Dengan munculnya startup ini, maka tiap orang dapat berbelanja online tanpa harus bersusah payah datang ke pusat perbelanjaan.

Ketiga macam startup di ata tentu saja memiliki peluang cukup besar serta potensial di Indonesia sendiri. Perkembangan ketiga macam startup itu juga sebetulnya tak lepas dari sejumlah faktor yang mempengaruhinya. Diantaranya seperti jumlah penduduk semakin banyak, masyarakat yang terbuka dengan perkembangan teknologi, atau pemerintah untuk memberi modal usaha. 

Memang, mendirikan startup membutuhkan modal yang cukup banyak dan sebagiannya harus didukung dengan hak cipta dan merek sebagai penghargaan atau inovasi yang dibuat. Hal ini juga untuk menjaga merk startup supaya tak mudah dijiplak orang lain. Tentunya Sobat Lakuuu sebagai pendiri startup tak ingin hasil karyamu sendiri ditiru oleh orang yang tak bertanggung jawab, bukan?

Itu saja info tentang definisi startup dan juga bagaimana perusahaan startup berkembang di Indonesia. Bagaimana? Apakah Sobat Lakuuu sudah mulai berminat untuk bergabung ke perusahaan berbasis startup lokal? Atau Sobat Lakuuu sudah mempunyai rencana untuk segera mengembangkan bisnis tersebut? Semoga artikel ini membantu bisnis start Sobat Lakuuu. Terima kasih.