Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Tingkatkan Produktivitas dengan 5 Aplikasi Tablet Berikut

by Lakuuu Team 17 October 2021

aplikasi-tablet-tingkatkan-produktivitas
Menurunnya produktivitas kerja bisa menyebabkan gagal fokus saat bekerja. Tak hanya itu, kerap kali pekerjaan juga tidak terorganisir dengan baik, sehingga ada beberapa tugas penting yang terlewatkan.

Berbagai cara bisa Sobat Lakuuu coba untuk meningkatkan produktivitas. Selain bekerja di lingkungan yang kondusif, menggunakan bantuan aplikasi atau perangkat lunak sangat bisa untuk dicoba.

Apa saja 5 rekomendasi aplikasi gratis tablet yang bisa meningkatkan produktivitas harian Sobat Lakuuu? Baca dan simpan informasinya berikut ini.

5 Aplikasi Gratis Tablet untuk Meningkatkan Produktivitas


Perlu Sobat Lakuuu ketahui, produktif dan sibuk adalah dua hal yang berbeda. Sibuk adalah kondisi di mana Sobat Lakuuu menumpuk pekerjaan, serta tidak memprioritaskan mana-mana saja yang harus dikerjakan utama terlebih dahulu.

Kondisi sibuk menyebabkan banyak efek yang buruk bagi kesehatan. Seperti stress, nyeri perut, gangguan pencernaan, sakit kepala, dan lainnya.

Sedangkan, menjadi produktif adalah kondisi di mana pekerjaan telah diprioritaskan dengan baik, berikut dengan durasi pengerjaannya, serta yang terpenting adalah waktu istirahat.

Agar bisa produktif, berikut 5 aplikasi yang akan membantu Sobat Lakuuu untuk mempermudah dan men-tracking pekerjaan dengan mudah.

1. Notion

Notion merupakan salah satu aplikasi yang akan sangat membantu Sobat Lakuuu untuk tidak hanya meningkatkan produktivitas, tetapi juga untuk mengorganisir semua pekerjaan dalam satu tempat.

Hal yang menarik dari Notion adalah Sobat Lakuuu bisa membuat template sendiri yang disesuaikan dengan keinginan serta kebutuhan.

Berbagai file bisa Sobat Lakuuu simpan layaknya di dalam folder komputer, seperti audio, gambar, dan video.

Notion akan sangat cocok digunakan bagi Sobat Lakuuu yang seorang mahasiswa untuk mempermudah pencatatan mata kuliah, atau sekedar brainstorming untuk mendapatkan ide yang menarik.

Notion juga memiliki fitur sharing member, di mana fitur ini akan sangat membantu Sobat Lakuuu yang bekerja di dalam tim. Semua tim nantinya akan mendapatkan akses untuk bisa melihat dan mengedit file di dalam Notion.

2. Flipd

Sobat Lakuuu apa sering mengalami kehilangan fokus karena distraksi media sosial? Jika iya, Flipd adalah sobat setia yang perlu diunduh dan digunakan!

Flipd adalah timers tertarget yang dapat membantu Sobat Lakuuu untuk menyelesaikan task atau tugas tertentu dengan tepat waktu.

Tidak hanya dapat membantu Sobat Lakuuu menyelesaikan tugas tepat waktu, Flipd juga mampu melatih dan membentuk pola kebiasaan baik melalui fitur-fitur yang ada.

Kehadiran fitur background music yang bervariasi, live study rooms, dan tracking insight akan membantu Sobat Lakuuu agar lebih fokus dan produktif tentunya.

3. Trello

Trello merupakan aplikasi produktivitas berbentuk papan atau board yang akan memudahkan Sobat Lakuuu bersama tim untuk mengorganisir setiap dokumen atau file yang ada.

Di dalam Trello sendiri nantinya akan ada banyak fitur-fitur penunjang produktivitas lainnya yang bisa Sobat Lakuuu coba, seperti task assignments, timelines, productivity metrics, calendars, dan masih banyak lagi lainnya.

Perangkat lunak ini juga sudah terintegrasi dengan platform lainnya, seperti Dropbox, Slack, Google Drive, hingga Microsoft team.

Tampilannya yang simple dan minimalis, membuat pekerjaan dapat berjalan dengan lancar karena penggunaannya yang mudah.

4. Google Calendar

Pastinya Sobat Lakuuu sudah kenal dengan aplikasi sejuta umat yang satu ini, bukan? Google Calendar menjadi salah satu aplikasi wajib yang harus dimasukkan ke dalam daftar, jika berbicara tentang produktivitas.

Bagaimana tidak? Aplikasi yang bersahabat dengan sistem Android dan iOS ini membantu Sobat Lakuuu dalam menyusun jadwal harian, reminder, acara rutin, hingga to-do-lists.

Sobat Lakuuu juga bisa mengundang teman untuk berbagi jadwal bersama.

Karena Google Calendar sudah terintegrasi dengan software Google lainnya, maka Sobat Lakuuu bisa dengan mudah mengirimkan invitation di tanggal tertentu kepada teman atau rekan yang secara otomatis akan terkirim melalui Gmail mereka.

Dengan Google Calendar, Sobat Lakuuu tidak lagi melewatkan acara-acara penting, dan menjadi produktif di waktu yang bersamaan.

5. Grammarly

Sobat Lakuuu sering menulis tesis atau artikel berbahasa inggris? Jika iya, pasti Sobat Lakuuu sudah tidak asing lagi dengan Grammarly, bukan?

Tidak hanya membantu Sobat Lakuuu daalam memperbaiki kosa kata yang kurang tepat, tapi juga memberikan saran penulisan yang benar dan efektif, menyusun ulang grammar yang salah, hingga mendeteksi adanya plagiat.

Selain fitur-fitur andalan di atas, Grammarly juga memiliki fitur menarik lainnya. Salah satunya adalah tone words, di mana Grammarly secara otomatis akan memberitahukan bagaimana “suara” kalimat saat nantinya dibaca oleh pembaca.