Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Ini Alasan Kenapa Kamu Perlu Audio Branding untuk Marketing

by Lakuuu Team 18 August 2021

audio-branding-untuk-marketing
Pentingnya audio branding adalah untuk mempresentasikan identitas secara jelas dengan membangun menggunakan suara brand. Selain itu, nilai sebuah brand juga akan meningkat. Selanjutnya, branding akan menimbulkan brand awareness. 

Untuk saat ini, branding tidak cukup apabila hanya menggunakan visual saja. Branding menggunakan suara dapat dilakukan siapa saja. Mulai dari seseorang yang menggeluti bisnis kecil, menengah, hingga besar. 

Pentingnya Menggunakan Audio Branding untuk Marketing 

Branding suara mempunyai audio logo yang merupakan elemen utamanya. Agar mendapatkan perhatian dari para audiens, Sobat Lakuuu membutuhkan waktu beberapa detik. Akan tetapi, audio logo mampu melakukan lebih cepat upaya branding ini. 

Melalui audio, maka pelanggan akan mempunyai hubungan yang lebih erat. Dengan demikian tidak boleh menganggap remeh adanya audio branding.

Audio ini akan memberikan kenangan yang spesifik dan membangun sebuah citra di hati dan benak para konsumen. Lebih hebatnya lagi, suara mempunyai kemampuan menciptakan emosi. 

Selain itu, audio mampu menimbulkan ketertarikan emosional yang lebih baik apabila membandingkannya dengan gambar. Dengan begitu akan menciptakan jumlah pembeli yang potensial. Karena terdapat rasa ketertarikan emosional antara produk dengan calon konsumen. 

Audio branding akan menarik rasa ingin tahu calon pembeli terhadap suatu produk. Di samping itu, dapat memberikan gambaran dan petunjuk tentang produk Sobat Lakuuu. 

Membuat Identitas Brand  Lebih Menonjol

Tidak hanya visual saja, untuk memudahkan para audiens memahami pesan dari brand, maka kualitas audio perlu mendapat perhatian. Branding merupakan cara efektif untuk memasarkan berbagai produk dan jasa. 

Meskipun hanya disampaikan dalam beberapa detik saja, namun dengan menggunakan audio sebagai media akan lebih sampai kepada calon pembeli. Para audiens akan lebih memperhatikan brand Sobat Lakuuu bisa diperdengarkan bersama iklan. Selain itu, tanpa disadari brand akan mudah diingat. 

Warna logo atau konten pada beberapa media sosial kemungkinan bisa sama dengan brand lainnya. Namun, menggunakan audio branding sangat kecil kemungkinannya dapat sama dengan brand lain. Suara mampu menciptakan karakter yang kuat terhadap brand Sobat Lakuuu.

Memperkuat Citra Band Lebih Baik

Nilai dan kepribadian dari sebuah brand dapat tercipta dengan adanya branding suara. Untuk itu, dapat memperdengarkan brand melalui video Youtube, Website, dan yang lainnya. 

Supaya audio branding dapat diterima oleh para audiens, maka Sobat Lakuuu wajib mengetahui perilakunya. Untuk para audiens di Indonesia mempunyai kecenderungan menyaksikan video sambil menjalankan aktivitas lain. Perilaku menonjol tersebut harus diperhatikan. 

Dengan demikian, audio menjadi salah satu hal penting bagi sebuah brand. Ciptakan audio yang berkualitas supaya mendapat perhatian lebih. Selain itu, agar lebih mudah diingat. 

Audiens Setia

Telah terbukti apabila suara lebih efektif untuk mempengaruhi seseorang. Kemudian musik juga mampu meningkatkan penjualan. Audio disertai visual yang menarik akan memudahkan pemasaran produk dan jasa. 

Apalagi jika audio mempunyai kualitas terbaik. Para calon pelanggan akan menangkap pesan dari audio branding tersebut. Sehingga kemungkinan akan membangkitkan sisi  emosionalnya. 

Apabila sudah mendapatkan emosi dari para audiens, maka langkah selanjutnya adalah Call To Action. Sound branding bisa Sobat Lakuuu andalkan untuk mendorong konsumen supaya membeli produk. Untuk mengingat sesuatu, konsumen membutuhkan rangsangan indera sehingga masuk dalam ingatan dan pesan akan tersampaikan. 

Kemudian audio yang terdapat dalam video bermanfaat sebagai pelengkap gambar semata. Namun, audio mempunyai peran yang sangat penting, yakni untuk memperjelas info dari konten supaya dapat diterima dengan baik. 

Meningkatkan Kepercayaan

Kepercayaan dari pelanggan merupakan kunci sukses sebuah brand. Dalam aspek ini, sound branding bisa menjadi salah satu alternatif. 

Pembuatan logo suara akan membangun kepercayaan dari para pelanggan. Sehingga membutuhkan nada yang khas untuk memberikan dampak di benak seseorang. 

Sound branding sangat penting, sehingga Sobat Lakuuu perlu mendesain logo brand semenarik mungkin. Audio akan membuat sebuah konten lebih mudah mengingatnya. 

Para audiens akan lebih mengingat dan penasaran akan produk atau jasa dari audio branding yang diciptakan. 

Pada akhirnya suara dapat meningkatkan penjualan karena banyak yang tertarik.

Selain itu, sudah banyak kita jumpai sebuah brand mempunyai jingle iklan yang mudah untuk diingat. Hal tersebut memberikan keuntungan untuk brand. Karena dalam pikiran audiens akan lebih memilih suatu produk. 

Jingle atau lagu pendek mempunyai kelebihan untuk menonjolkan produk. Pada umumnya terdapat pada media iklan berupa motto atau slogan dari brand. Hal tersebut mempu menjadi pemicu ketertarikan konsumen untuk suatu produk. 

Audio berupa jingle dengan durasi pendek akan menyampaikan pesan singkat. Apalagi bila menambahnya dengan komposisi musik dan lirik. 

Audio akan lebih efektif dalam menyampaikan pesan akan suatu produk. Adanya sound branding mampu membantu para audiens mengingat hal-hal tersebut bahkan untuk waktu yang lama. Sobat Lakuuu dapat lebih memahami  jika menggunakan strategi audio branding lebih cocok untuk marketing dan bisnis.