Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Apa Itu Bahasa Pemrograman SQL yang Penting untuk Database?

by Lakuuu 29 December 2021

bahasa-pemrograman-sql
Bahasa pemrograman SQL hadir untuk mempermudah pengembangan atau pengelolaan aplikasi. Baik untuk tablet, mobile, pc dan sebagainya. Terlebih, era teknologi ini hampir sepenuhnya menggunakan perangkat lunak.

Penggunaan aplikasi sangat membantu kehidupan sehari-hari membuat para developer gencar memburu para Sobat Lakuuu yang memiliki keterampilan ini. Karena banyak orang menguasai bidang IT, namun tidak dengan bahasa kueri.

Seperti halnya memerintahkan atau mengatur data di dalam database menggunakan bahasa kueri akan jauh lebih mudah. Mengingat teknologi yang semakin canggih tidak akan mempersulit manusia.

Dan jangan khawatir, gaji para programmer dengan bidang ini terbilang sangat tinggi. Jadi, sudah tertarik untuk mempelajari lebih lanjut seputar ‘bahasa pemersatu data’ ini?

Apa sih Bahasa Pemrograman SQL yang Penting untuk Database Ini?

Bahasa pemrograman SQL adalah salah satu sistem yang membantu para pekerja IT untuk bisa memahami seluk beluk database. Kepanjangan SQL yaitu, Structured Query Language.

Namun, bila diperkenalkan secara mendetail, SQL merupakan manajemen sistem dari Microsoft dengan kinerja melingkupi segala transaksi data klien server. Perangkat ini sangat ramah digunakan untuk Windows.

Dengan sistem ini seseorang sudah dapat menyelesaikan beberapa persoalan seputar perangkat lunak. Seperti dasar umumnya yaitu menghapus, mengelola, mengembangkan, memperbarui dan menyisipkan data.

SQL juga bisa memberikan hak istimewa pada pengguna seputar akses tabel, prosedur, dan hal penting lainnya. Berbagai perintah pada sistem dapat langsung dikerjakan.

Pada era teknologi ini banyak perusahaan yang menciptakan web atau aplikasi tertentu sebagai pendukung jalannya bisnis. Semua tidak terlepas dari segala informasi dan pemasaran produk yang tersimpan pada database.

Seperti halnya dengan seorang Data Analyst, yang membutuhkan sistem ini untuk menemukan analisa kesenjangan data demi melancarkan proses, menciptakan produk, layanan dan software dalam jenjang bisnis.

Lingkup tugasnya erat dengan pengolahan data, yang nantinya akan digunakan sebagai dasar keputusan sebuah perusahaan. Dengan menggunakan bahasa pemrograman SQL pengguna dapat dengan mudah dan praktis mengemas, mengakses, memindai data dalam basis relasional.

Adanya masalah pada data dapat dimanipulasi atau diperbaiki oleh sistem ini. Memungkinkan pengguna untuk membuat drop database dan tabel, juga tampilannya.

Kenapa harus menggunakan sistem ini untuk database? Seorang pemula akan merasa lebih mudah mengoperasikannya karena dibalut dengan bahasa inggris sederhana, deklaratif. Tidak menerapkan string angka yang terkesan rumit.

Keunggulan SQL yang Perlu Sobat Lakuuu Tahu!

Setelah berkenalan, sudah saatnya Sobat Lakuuu mengetahui apa saja keunggulannya dalam ilmu teknologi. Berikut Kami rincikan beberapa :

1.  Mempermudah Penggelolaan Database

Bahasa pemrograman SQL sangat berguna untuk mengelola data karena menerapkan sistem yang terpusat. Sehingga meminimalkan terjadinya eror. Hal ini juga membuat programmer lebih cepat mengetahui ada tidaknya suatu masalah.

Selain itu, demi menyederhanakan pekerjaan seorang programmer, SQL dapat digunakan untuk mengelompokan informasi lebih rinci di dalam database. Pentingnya menjaga data agar tidak saling tumpang tindih, atau penggandaan data.

SQL juga dapat mengelola suatu data dengan volume besar. Selain itu, terintegrasi dengan Bahasa Scripting sehingga dapat mengelola penyimpanan paket kode secara baik, seperti R dan Python.

Kemudian sistemnya memiliki fitur indexing dan column store dapat meringankan beban memori. Sebuah kecanggihan teknologi yang benar-benar mengikuti masa. Dan keunggulan cukup sederhana tetapi sangat berguna, yaitu terdapat fitur yang bisa menyimpan data secara otomatis dan mengoptimalkannya.

2.  Keamanan pada Sistemnya Lebih Tinggi

Demi keamanan informasi pada database, perangkat ini memiliki Data Control Language (DCL), bertugas untuk memerintahkan sistem SQL sesuai kehendak pengguna.

Seperti Grant, yaitu hak akses ke user lain. Dan Revoke, untuk mencabut hak akses user lain. Sehingga Sobat Lakuuu bisa dengan mudah mengawasi para pengguna lain dibawah komando sistem.

3.  Fitur Pengembalian Data

Seperti yang sudah Sobat Lakuuu tahu, teknologi di zaman ini semakin canggih. Sehingga banyak perusahaan yang menggunakan komputasi untuk menyimpan data. Berbeda dengan berkas asli, pengguna tidak bisa melihat aslinya.

Kemudian, bagaimana jika data itu tidak sengaja hilang? Maka bisnis bisa saja menghadapi masalah besar. Karena itu, Bahasa pemrograman SQL memiliki Recovery dan Restore Data.

4.  Kemampuan Database Mirroring

Database mirroring ada di dalam salah satu bahasa pemrograman SQL. Fungsinya adalah menduplikasi database ke server lain untuk mengantisipasi adanya crash, data tiba-tiba tidak dapat di akses, atau corrupt.

5.  Mudah Berbaur dengan Perangkat Aplikasi

Dapat mengoperasikan SQL membuat segala aktivitas pembangunan mengenai sebuah aplikasi lebih terasa mudah dan praktis. Terlebih menghubungkan koneksi dengan komputer klien juga cepat.

Bagi Sobat Lakuuu yang menggemari IT sejak dini, tidak ada salahnya untuk menekuni ini. Bidangnya cukup banyak dicari oleh perusahaan besar dengan berbagai spesialisnya.

Terlebih, meningkatnya berbagai permintaan analisis suatu perusahaan membuat pengajuan untuk penggunaan SQL ikut naik. Sehingga menumbuhkan minat masyarakat mempelajari SQL.

Memang tidak semua perusahaan mengharuskan calon pekerja mahir satu elemen ini. Namun bahasa pemrograman SQL merupakan nilai tambah untuk dapat meningkatkan kualitas seseorang dan perusahaan.