Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Bikin Olshop dari Nol Khusus Pemula Dengan 7 Langkah Mudah Berikut

by Lakuuu Team 10 September 2021

bikin-olshop-dari-nol
Hingga saat ini, pandemi di Indonesia belum menemukan titik terangnya. Masih banyak pegawai yang dirumahkan, atau yang lebih buruk lagi, tidak dipanggil untuk kembali bekerja.

Atas dasar di atas, banyak orang yang kini mulai belajar cara bisnis online dengan membuka online shop, baik di marketplace ataupun di media sosial.

Bisnis modern yang bisa dikerjakan di mana saja dan kapan saja ini, apabila ditekuni dengan baik, akan memberikan cuan setiap bulan bahkan setiap harinya. Sebelum membuka bisnis online shop, Sobat Lakuuu perlu mengetahui paduan ini untuk mempersiapkan dan membangun online shop dari nol.

#1 Buat Rencana yang Matang

https://unsplash.com/@kellysikkema
Sama seperti bisnis pada umumnya, bisnis online haruslah memiliki persiapan yang matang. Salah satu caranya adalah dengan membuat rencana jangka pendek dan jangka panjang.

Rencana bisnis online dapat Sobat Lakuuu buat dalam bentuk list, agar memudahkan Sobat Lakuuu dalam menentukan pencapaian-pencapaian apa saja yang diinginkan.

Di samping itu, tuliskan juga apa-apa saja yang dibutuhkan untuk membangun online shop, seperti berapa jumlah modal yang dibutuhkan, produk apa yang ingin dijual, media apa yang akan digunakan, strategi promosi, dan hal teknis lainnya.

#2 Menentukan produk

https://unsplash.com/@gabriellefaithhenderson
Setelah membuat rencana, Sobat Lakuuu perlu menyiapkan produk yang akan dijual. Produk tidak harus dalam bentuk fisik yang dapat disentuh atau diraba. Buku digital, pulsa dan token listrik juga termasuk ke dalam kategori produk.

Sebaiknya, pilihlah produk berjenis evergreen atau produk yang bisa digunakan setiap saat dan tidak tergantung pada tren yang gampang redup. Lalu, bagaimana cara menentukan produk yang tepat?

Cobalah pahami dengan melihat pergerakan serta kebutuhan para konsumen yang sudah ditargetkan. Apa yang menjadi kendala mereka dan apa yang bisa Sobat Lakuuu berikan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

#3 Fokus pada bisnis online

https://unsplash.com/@christinhumephoto
Menjadi owner bisnis online atau online shop, berarti harus memahami bagaimana manajemen waktu bekerja dan hanya berfokus pada pemasukan, serta menjalankan rencana.

Cobalah untuk fokus dengan baik bisnis online yang sedang dipersiapkan ini dan jangan bercabang dengan bisnis lainnya. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan sumber daya yang ada, sehingga online shop Sobat Lakuuu berkembang dengan cepat dan pesat.

#4 Susun Anggaran

https://unsplash.com/@charlesdeluvio
Menyusun anggaran adalah salah satu “masalah” yang harus dihadapi oleh semua pebisnis online, termasuk online shop. Bagaimana Sobat Lakuuu bisa mengontrol keuangan, termasuk mengeluarkan sedikit mungkin.

Banyak manfaat yang bisa Sobat Lakuuu peroleh dengan menyusun anggaran. Seperti, mengetahui rata-rata nominal modal yang perlu dipersiapkan, acuan dalam perhitungan ke depan, mengetahui berapa besar pengeluaran selanjutnya, hingga keuntungan yang akan diperoleh.

Anggaran ini juga termasuk dengan biaya promosi di media sosial, membayar karyawan, keadaan yang tidak terduga, atau bahkan membuat website.

#5 Siapkan konten

https://unsplash.com/@cassdays
“Content is the new currency.” Hal ini karena konten adalah gerbang utama untuk menarik minat audiens, dengan harapan untuk melakukan suatu tindakan tertentu, seperti bertransaksi.

Karena konten adalah mata uang yang baru, maka perhatikan konten yang akan disuguhkan kepada calon pembeli.

Foto produk yang cukup jelas dari berbagai sudut, artikel yang menarik dan menjual, video yang membangkitkan sisi emosional, hingga iklan yang kreatif adalah beberapa contoh konten yang bisa Sobat Lakuuu terapkan.

#6 Miliki Identitas Toko

https://unsplash.com/@craftedbygc
Kenapa banyak di antara owner online shop yang gagal dalam bisnis online? Jawabannya cukup mudah. Mereka tidak memiliki identitas sehingga tidak menonjol.

Identitas toko tidak terbatas hanya dengan visi misi, nama toko, dan layanan yang prima saja, tetapi juga brand, slogan yang catchy, serta menjual produk berkualitas tinggi.

Fungsi lain dari identitas toko adalah untuk mempermudah calon pelanggan untuk melakukan tracking dan berpotensi menjadi pelanggan tetap.

#7 Bikin Website

https://unsplash.com/@le_buzz
Membuat website adalah salah satu hal yang perlu dilakukan, apabila Sobat Lakuuu bertekad untuk membangun dan mengembangkan bisnis online.

Dengan memiliki website, peluang bisnis online Sobat Lakuuu untuk dilihat lebih banyak audiens akan jauh lebih besar.

Website mampu memberikan pengalaman berbelanja kepada calon pelanggan, sehingga Sobat Lakuuu bisa mendapatkan kepercayaan dari mereka. Di samping itu, dengan memiliki website, Sobat Lakuuu akan terlihat jauh lebih profesional daripada pebisnis online lainnya.

Cobalah untuk memanfaatkan website builder yang akan membantu Sobat Lakuuu dalam membangun website secara profesional, yang meliputi proses pembayaran, pengiriman, promosi, email marketing, dan kebutuhan esensial lainnya.