Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Bisnis Sistem Pre Order dan Cara Mendapatkan Keuntungannya

by Lakuuu 3 October 2021

bisnis-sistem-pre-order
Memulai bisnis dapat dilakukan jika ada kemauan, bahkan tanpa modal sedikitpun Sobat Lakuuu sudah bisa meraup keuntungan dari sistem Pre Order. Bisnis Pre Order ini merupakan salah satu sistem pembelian dalam dunia bisnis.

Pembeli akan mengirimkan sejumlah uang terlebih dahulu untuk membeli sebuah produk yang dijual. Setelah melakukan pembayaran, penjual baru akan menyiapkan stok barang dipesan.

Bisnis ini dapat dilakukan bahkan tanpa modal tergantung dengan sistem pembelian yang disepakati sejak awal. Aturan pembelian ini bisa diterapkan adalah pembeli membayarkan secara penuh di awal, atau bisa juga membayar sebagian dimuka lalu sisa pembayaran akan dilakukan saat barang sudah diterima.

Pengertian Sistem Pre Order dan Keuntungannya

Sistem PO adalah aturan penjualan produk memiliki estimasi waktu atau jarak waktu antara pemesanan dan pemberian barang pada konsumen. Estimasi tersebut akan berbeda-beda tergantung dengan jenis barang dipesan.

Sistem PO (Pre Order) ini memiliki manfaat yang besar dan memberikan keuntungan bagi penjual. Karena Penjual hanya akan menyiapkan stok barang sesuai dengan jumlah pesanan dari konsumen.

Membuat tidak ada lagi stok produk tidak laku terjual karena jumlah stok yang disiapkan sesuai dengan pesanan. Keuntungan juga akan didapati oleh para pembeli karena dapat memesan produk sesuai dengan keinginan. Inilah keuntungan wajib diketahui oleh Sobat Lakuuu dari PO.

1. Jualan Laku 100%

Produk dijual 100% laku karena hanya disediakan sesuai dengan jumlah pelanggan sudah pasti akan membeli barang yang telah dipesan. Membuat jualan 100% laku adalah salah satu keuntungan dari sistem pre order akan didapatkan untuk Sobat Lakuuu.

2. Tidak ada Penumpukan Stok

Tidak akan ada penumpukan stok karena penyediaan stok hanya dilakukan sesuai dengan jumlah pesanan. Membuat penjual tidak perlu menyediakan stok banyak bahkan sampai menumpuk karena tidak terjual dengan baik.

3. Modal yang Dikeluarkan Kecil

Tidak memerlukan modal besar bahkan bisa dilakukan tanpa modal sekalipun. Hal ini memungkinkan jika Sobat Lakuuu menerapkan aturan pembayaran dimuka atau pembayaran penuh di awal sebelum barang diterima oleh pembeli. Yang hanya diperlukan untuk menjalankan usaha dengan aturan ini adalah keinginan kuat dan mau membangun bisnis step by step.

4. Hampir Tidak Ada Risiko Kerugian

Karena hanya menyediakan stok sesuai dengan pesanan memberikan keuntungan dari sistem Pre Order adalah hampir tidak ada risiko kerugian akan dialami. Oleh karena itu, bisnis dengan cara ini dapat dilakukan oleh pemula karena tidak perlu modal besar dan minim risiko kerugian.

5. Konsumen Boleh Memesan Produk Sesuai Keinginan

Berbeda dengan cara jualan dengan memiliki stok, dengan sistem PO konsumen diperbolehkan untuk meminta custom produk ditawarkan sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya.

Tips Membangun Bisnis Mudah Menggunakan Sistem Pre Order

Walaupun banyak sekali keuntungan dari sistem PO yang akan Sobat Lakuuu dapatkan jika menerapkan cara ini pada bisnisnya. Inilah beberapa tips dapat dilakukan dalam membangun bisnis tersebut agar mendapatkan keuntungan dari sistem PO.

1. Menjual Produk dengan Produk Berkualitas

Untuk PO seperti ini membuat konsumen harus menunggu dalam jangka waktu tidak sebentar. Sehingga pastikan produk tersebut memiliki kualitas yang baik agar konsumen tidak merasa kecewa ketika barang ditunggu-tunggunya datang.

2. Menentukan Target Penjualan

Membuat target akan menjadikan toko Sobat Lakuuu memiliki tujuan dan tidak berjalan ditempat saja. Buatlah target-target kecil untuk mencapai target besar guna membuat toko semakin bertumbuh.

3. Menentukan Jadwal PO secara Teratur

Membuat jadwal PO secara teratur adalah salah satu cara paling efektif. Pilihlah waktu seperti akhir bulan, karena biasanya kebanyakan orang telah menerima gajinya pada waktu itu. Manfaatkan momen-momen ini sebaik mungkin untuk mendapatkan keuntungan.

4. Selalu Mencatat Pesanan

Pesanan harus dicatat untuk membuat proses bisnis menjadi sistematis, teratur dan terjadwal. Pencatatan pesanan juga dapat mencegah penjual melakukan kesalahan dalam menyiapkan pesanan. Hal-hal harus ditulis secara detail adalah nama lengkap, alamat, nomor telepon dan sebagainya.

5. Buat Alur Pemesanan yang Jelas

Membuat alur pemesanan jelas dapat memudahkan konsumen ketika akan memesan secara PO. Alur ini juga agar membuat konsumen mengerti mengapa pemesanannya membutuhkan waktu yang lama.

Cara Memulai Bisnis Mudah Menghasilkan Keuntungan dari Sistem Pre Order

Bisnis ini semakin banyak peminatnya, tetapi jika tidak dengan pemahaman yang baik mengenai sistem PO. Sehingga pelaku usaha sering mendapatkan komplain dari pembelinya. Simaklah baik-baik cara memulai bisnis dengan cara PO ini.

1. Tentukan sejak awal bagaimana sistem pembayarannya

Menentukan sejak awal bagaimana cara pembayaran akan ditetapkan. Akan lebih aman jika pembeli membayar terlebih dahulu baik sepenuhnya atau sebagian untuk memastikan pembeli tersebut benar-benar membeli.

2. Catat Urutan Pembelian Orderan

Selalu mencatat pesanan adalah hal penting untuk mengetahui catatan urutan pembelian. Agar pengiriman dan penyiapan produk lebih teratur, sehingga nantinya tidak ada pembeli yang terlewat urutannya.

3. Tetap Berhubungan Baik dengan Pembeli

Tetap berhubungan baik dengan pembeli memberikan manfaat baik untuk bisnis Sobat Lakuuu. Menjaga kedekatan ini, akan membuat jarak antara penjual dan pembeli lebih dekat sehingga ketika pembeli akan mengorder lagi akan langsung menghubungi penjual.

Membangun bisnis baru dapat dilakukan dengan berbagai cara, untuk memulainya Sobat Lakuuu tidak selalu harus memiliki modal besar. Tanpa modal juga sebuah bisnis bisa berjalan, contohnya jika menerapkan sistem PO. Menggunakan cara ini akan mendatangkan banyak keuntungan dari sistem pre order ini.