Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Apa Itu Brand Recognition dan Manfaatnya

by Lakuuu Team 26 July 2021

brand-recognition
Brand recognition dan manfaatnya akan sangat terasa pada proses pemasaran sebuah produk. Hal ini memang perlu agar produk bisa terkenal dengan baik dan luas. Dalam sebuah pemasaran produk tentu Sobat Lakuuu perlu melakukan pengenalan dan beragam tahapan agar bisa berjalan dengan baik.

Setiap usaha tentu memiliki produk agar bisa terkenal oleh publik secara cepat. Hal ini juga berlaku pada sebuah perusahaan yang memiliki produk hingga jasa. Proses pengenalan produk memang penting bagi sebuah perusahaan atau startup.

Bahkan berlaku dalam bidang dan bentuk apapun. Lantas apa saja yang perlu persiapan untuk memajukan bisnis dan mengenalkan produk? Bahkan Sobat Lakuuu juga perlu tahu apa sebenarnya brand recognition dan manfaatnya untuk sebuah bisnis.

Dengan tahu prosesnya, tentu bisnis yang akan Sobat Lakuuu jalankan lebih maju dan berkembang. Bahkan tidak perlu takut melakukan pemasaran hingga pengenalan produk pada publik secara luas.

Pengertian Brand Recognition dan Manfaatnya

Brand atau produk dalam perusahaan tentu mampu berjalan dengan baik jika terkenal secara luas. Untuk bisa melakukan hal tersebut, sebuah perusahaan juga perlu melakukan banyak hal termasuk promosi produk.

Sehingga masyarakat secara luas akan tahu produk Sobat Lakuuu. Kini dunia teknologi semakin maju dan berkembang. Hal ini membuat Sobat Lakuuu akan lebih mudah melakukan promosi produk. Salah satu prosesnya yaitu brand recognition.

Bagi Sobat Lakuuu yang ingin memulai usaha, sebaiknya tahu apa sebenarnya brand recognition. Brand recognition yang satu ini adalah satu kesatuan dari brand yang lainnya. Brand recall, brand recognition, dan brand awareness.

Ketiga hal ini menjadi makanan sehari-hari untuk bidang marketing. Namun, untuk ketiganya memiliki arti yang berbeda. Hanya saja, sama-sama penting untuk kelangsungan sebuah brand.

Istilah brand recognition itu sendiri mengacu pada kemampuan untuk mengidentifikasi merek lain. Sedangkan untuk istilah jelasnya merupakan konsep yang berfungsi untuk periklanan dan pemasaran.

Jika publik mampu mengenali produk melalui isyarat visual atau pendengaran, maka dianggap berhasil. Misalnya tahu akan slogan, logo, warna, kemasan, atau jingle. Dengan melalui riset pasar, Sobat Lakuuu akan tahu strategi pasar brand recognition tersebut.

Manfaat Brand Recognition untuk Bisnis

Brand recognition dan manfaatnya akan tampak jika sudah pada pemasaran. Ketika masyarakat tahu apa saja yang sebenarnya perusahaan tawarkan, maka proses ini berhasil.

Perusahaan mampu menarik konsumen pasar dan banyak orang akan mengenalinya. Manfaat yang bisa diperoleh dari brand recognition adalah mampu mengenali sebuah produk atau tidak.

Misalnya bisa terlihat dari logo atau sejenisnya. Meski tidak sengaja menggunakan produk tersebut, namun audiens akan tahu. Misalnya ketika ada seseorang yang membeli produk dengan menyebut nama produk.

Hal inilah yang mampu membuktikan jika brand recognition telah berhasil. Dengan adanya proses pemasaran produk ini, konsumen secara otomatis lebih mudah diketahui dari sebelumnya.

Sehingga brand harus benar-benar menonjol untuk bisa mendapatkan kepercayaan audiens. Di sinilah brand recognition terasa manfaatnya. Misalnya lagi jika dua produk ditawarkan melalui brand berbeda, maka konsumen akan memilih produk brand yang terkenal.

Sehingga kecenderungan konsumen memilih produk terkenal membuat usaha pemasaran produk sebuah perusahaan akan berhasil. Hal ini penting untuk mendapat perhatian lebih.

Sebuah perusahaan perlu mengetahui apa sebenarnya brand recognition dan manfaatnya. Sehingga mampu memperkenalkan produk ke audience dengan cepat. Hal ini mampu membuktikan keberhasilan sebuah perusahaan.