Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Rekomendasi 5 Buku Kiat Sukses Marketing untuk Sobat Lakuuu

by Lakuuu 30 December 2021

buku-kiat-sukses-marketing
Bagi Sobat Lakuuu yang memiliki usaha, pastinya ingin tahu kiat sukses marketing untuk bisa melejitkan lagi omsetnya. Seperti sebuah strategi jitu, untuk melawan kompetitor lain yang gencar menarik pelanggan.

Terlebih, kondisi usaha bisa saja berubah tiap waktunya. Terkadang naik dan turun. Namun, sebagai seorang pebisnis tentu saja menginginkan konsistensi grafik keuntungan tetap meningkat.

Demi mengembalikan modal pengeluaran, atau membayar karyawan dan operasional lain di luar pemasukan produk. Marketing sendiri bukanlah sebuah persoalan sulit, tetapi tidak juga mudah.

Tepatnya adalah dapat menentukan langkah selanjutnya dengan analisa sebelum memutuskan pilihan masa depan dari perusahaan. Karena itu, penting bagi Sobat Lakuuu mengerti segala seluk beluk ilmu marketing.

Apa Itu Marketing dan Seberapa Penting bagi Bisnis?

Sukses dalam menjalankan produk hingga dapat menarik minat konsumen adalah tujuan awal sebuah perusahaan. Namun, dalam setiap prosesnya Sobat Lakuuu harus bisa melakukan pendekatan dengan masyarakat.

Mengerti dan memahami keunikan produk masing-masing dapat dijadikan daya tarik tersendiri. Terlebih, jika misinya berupa target dengan keuntungan besar. Akan ada lebih banyak ‘tugas’ lagi yang harus dituntaskan.

Sebelum mengetahui kiat sukses marketing, ada baiknya berkenalan dulu dengan salah satu sistem perdagangan ini. Umumnya adalah, sebuah cara untuk menarik konsumen mau membeli produk Sobat Lakuuu.

Di dalamnya terdapat berbagai strategi untuk memikat masyarakat. Sebuah pencapaian awal baik bila bisa membuat penasaran publik dengan produk yang ditawarkan.

Aktivitas pemasaran dilakukan guna menyebarluaskan informasi mengenai produk ke publik berupa iklan, event tertentu, bahkan adanya kerja sama dengan perusahaan lain merupakan sedikit contohnya dari sistem ini.

Hal yang membuat tugas dari seorang tim marketing perusahaan cukup banyak. Mereka harus terus update tentang kisaran harga dipasaran, guna membandingkan dan mempertimbangkan keunggulan produk sendiri.

Apakah dapat bersaing atau perlu melakukan riset lebih agar bisa memiliki kelebihan lebih. Kemudian, ini juga dapat dimasukan sebagai kiat sukses marketing, yaitu tim mampu melihat kebutuhan konsumen saat ini.

Setelah itu juga akan mengusulkan cara dan saran agar tim perancang produk dapat menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen sehingga memiliki peluang lebih tinggi dipasaran. Terakhir adalah merancang strategi pemasaran, mencakup kejelasan produk, harga, keunggulan, dan dapat tidaknya memenuhi kebutuhan masyarakat.

Salah satu hal penting lainnya, yaitu selalu memberikan pelayanan terbaik. Karena konsumen merupakan penyumbang terbesar kesuksesan Sobat Lakuuu, dari kepuasannya atau produk yang dibeli.

5 Buku Kiat Sukses Marketing untuk Sobat Lakuuu!

Banyaknya peminat untuk bisa mendalami sistem ini membuat buku berisi kiat suksesnya laku dipasaran. Tentunya dengan kelebihan yang berbeda-beda.

Para ahli juga influencer bersukarela menuliskan berbagai triknya untuk dapat membantu masyarakat mengembangkan usaha masing-masing. Berikut 5 diantaranya :

1.  This Is Marketing by Seth Godin.

Buku yang menduduki rekomendasi pertama dalam kiat sukses marketing adalah This Is Marketing oleh Seth Godin. Ia menjelaskan pendekatan antara penjual dan pembeli tidak harus menggunakan cara terkesan memaksa.

Seperti spamming email bahkan menyerang dengan iklan bertubi-tubi. Semua itu hanya akan membuat calon konsumen lari karena terganggu. Namun, Seth Godin mengajarkan para pebisnis, untuk melakukan pendekatan secara emosional.

Bagi Sobat Lakuuu yang baru saja menekuni ilmu marketing, buku ini dapat dijadikan panutan. Seth Godin menguak seluk-beluk sistem pemasaran hingga dasar, dan dengan penjelasan yang sangat mudah untuk dimengerti.

2.  Blue Ocean Strategy by W. Chan Kim, Renee A. Mauborgne.

Buku Blue Ocean Srategy ini mengajarkan Sobat Lakuuu sekalian tentang kerasnya persaingan di dunia perdagangan. Dengan menemukan inovasi baru, bisa jadi justru bertemu dengan pesaing di produk yang sama.

Peniru branding, sistem marketing serupa bahkan kompetitor kuat yang sulit untuk dikalahkan strateginya. Namun, tidak perlu khawatir, kumpulan trik pada buku ini mampu mengeluarkan penjual dari perang dagang melelahkan.

3.  Crushing It by Gary Vaynerchuck.

Sebagian dari Sobat Lakuuu yang kerap menggunakan sosial media mungkin saja pernah melihat penulis buku Crushing It ini. Karena menjadi seorang entrepeneur terkenal, dan berhasil merincikan kiat sukses marketing.

Salah satu hal yang diajarkannya adalah melakukan pemasaran melalui media online, seperti Twitter, Facebook, dan instagram. Gary Vaynerchuck juga menjelaskan, bila aktif di jejaring sosial cenderung lebih mudah menyentuh pelanggan.

4.  Building a StoryBrand by Donald Miller. 

Penting bagi Sobat Lakuuu untuk bisa memilih cara menyampaikan pesan atau informasi kepada calon konsumen dengan tepat. Iklan yang ditawarkan harus bisa menembus rasa penasaran masyarakat.

Buku oleh Donald Miller ini akan mengajarkan cara cepat dan mudah, orang lain ingin membeli produk Sobat Lakuuu sekalian. Jangan sampai menghabiskan dana untuk promosi yang sia-sia.

5.  Shoe Dog : A Memoir by the Creator of Nike by Phil Knight.

Buku kiat sukses marketing selanjutnya dimiliki oleh salah satu produk paling populer sedunia, yaitu Nike. Bagi Sobat Lakuuu yang baru saja merintis karir, buku ini sebuah pedoman tepat.

Setiap tulisan menjabarkan perjalanan Phil Knight hingga nama produknya bisa sebesar sekarang. Tidak ada jalan mudah, semua ditempuh dengan kegigihan dan konsistensi tujuan pencapaian.

Dalam segala prosesnya, marketing berperan penting dalam memperkuat pondasi suatu usaha di perusahaan. Memperbarui, merubah, mengembangkan bahkan menganalisa perkembangan tren baru.

Para kompetitor yang semakin cerdas memilih strategi membuat persaingan di antara pebisnis menjadi sengit setiap saatnya. Inilah alasan mengapa, kiat sukses marketing pada beberapa buku diatas banyak diburu orang.