Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Pengertian, Asal Captcha dan Fungsinya

by Lakuuu Team 11 September 2021

captcha-dan-fungsinya
Re captcha merupakan salah satu layanan yang diberikan Google secara gratis. Dimana layanan ini memang bisa difungsikan sebagai pelindung situs website supaya terhindar dari penyalahgunaan dan spam yang biasanya menyerang sebuah web. Sedangkan captcha sendiri menjadi tolak ukur tes turing untuk memudahkan pengguna apakah robot atau manusia asli. Berikut ini penjelasan lengkap dan fungsinya.

Pengertian Captcha
Ketika Sobat Lakuuu masuk ke sebuah website, tentunya untuk melanjutkan akses ke situs tersebut aka nada kode verifikasi yang harus diisi. Hal ini digunakan untuk menganalisa apakah Sobat Lakuuu memang manusia asli atau robot yang sedang membuka web tersebut. Inilah yang biasanya disebut dengan captcha. 

Secara garis besar, captcha digunakan sebagai pengidentifikasi perangkat. Jika yang masuk mengakses manusia tentunya mudah sekali membaca dan mengisi kode yang tersedia. Namun jika bot akan kesulitan dalam menganalisa kode yang muncul dalam kotak captcha. 

Dengan menambahkannya re captcha ke website tentunya pengguna bisa memblokir otomatis perangkat lunak yang sedang mengaksesnya. Semua proses validasi yang sudah didesain memang hanya akan mudah dipecahkan manusia.  


Asal Captcha
"Completely Automated Public Turing test tell Computer and Human Apart" atau dikenal dengan Captcha muncul sejak banyaknya situs dan blog di internet. Didalam sebuah blog akan terdapat interaksi antara pengguna dan blogger. Dengan begitu kemudahan antar pengguna tersebut bisa difungsikan sebagai pengangkat atau menaikkan website untuk semakin populer dikunjungi.

Semakin banyaknya komentar yang berisikan link-link lain di kolom sebuah web memberikan dampak buruk. Apalagi spam yang mengganggu bisa saja membuat sebuah blog mati karena teridentifikasi Google menyalahi aturan pengguna. Iklan-iklan menempel pada sebuah website inilah kemudian diberikan captcha. Sehingga robot span menjadi sulit untuk menembusnya.

Karakter pada setiap captcha memang selalu berubah. Sehingga spam yang masuk ke website akan sulit mengidentifikasi kombinasi angka, huruf serta kode pixel yang muncul. Dengan adanya tes ini bisa dijadikan pembeda apalah pengakses yang masuk ke web itu manusia atau mesin spam. Pencegahan pemilik web bisa melalui pemasangan kode captcha tersebut.


Fungsi
Captcha
Dari pengertian diatas sudah bisa di simpulkan apa itu re captcha dan kegunaannya. Jika dilihat dari segi itulah, fungsi dari captcha memang begitu krusial pada sebuah situs. Apalagi bisa memaksimalkan dalam sisi validasi untuk memblokir robot untuk membobol akses web milikmu. Berikut ini beberapa fungsi lain dari captcha.

  • Mencegah Adanya Spam Bot
Selama ini bot sama sekali tidak bisa membaca captcha, sehingga ini akan memberikan keamanan dalam web Sobat Lakuuu. Dimana dalam kode yang ada memang didesain untuk menciptakan string program tetap. Sejauh ini kode captcha akan terus berubah dan sama sekali tidak akan mudah dibaca jika memang bukan dari bot engine blog mereka sendiri.

  • Mencegah Adanya Comment Spam
Secara umum setiap pemilik situs pasti juga akan ingin meninggalkan komentar di situsnya. Namun dari segi kualitas pemilik juga ingin meninggalkan komentar berkuantitas untuk menaikkan rating. Jadi dengan pemakaian captcha inilah pemilik juga ingin menghindari komentar spam yang bisa saja menurunkan webnya.

  • Mencegah Flood
Semua pemilik website tidak akan pernah ingin mendapatkan flood kecuali memang flood like dari pengunjung. Mengingat saat ini banyak kata-kata buruk yang muncul. Itulah mengapa captcha bisa digunakan dalam mencegah hal ini terjadi.

  • Melindungi Pendaftaran Email
Tidak hanya bisa digunakan untuk mengamankan situs dari spam, captcha memang sangat berguna dalam pendaftaran akun email. Sehingga dengan adanya kode ini email milik Sobat Lakuuu akan selalu aman dari serangan. Jadi email akan tetap bisa berfungsi baik dan aman meski hanya memiliki satu saja.